Tutorial Lengkap Beli Saham dan Produk ETF Lewat eToro

Kendati saat ini perekonomian global tengah muram, investasi tetap jadi pilihan terbaik untuk mewujudkan kesejahteraan finansial. Dan jika bicara mengenai investasi, tentu saham akan ada di posisi terdepan dalam memberikan keuntungan. Tak heran kalau banyak orang yang mengalokasikan seluruh dana mereka ke dalam instrumen saham supaya cuan makin besar.

Langkah tersebut memang tidak salah, tapi kurang tepat. Dalam dunia investasi ada sebuah pepatah yang rasa-rasanya wajib dipahami semua investor yakni jangan menempatkan telur dalam satu keranjang. Maksud dari pepatah itu adalah Anda sangat tidak dianjurkan menyalurkan seluruh dana ke dalam satu jenis investasi, terutama saham. Supaya masa depan lebih terjamin, coba lakukan diversifikasi investasi.

Secara mudahnya, diversifikasi investasi adalah strategi penempatan dana investasi ke instrumen investasi yang berbeda-beda dengan pertimbangan potensi return, risiko serta likuiditas. Nah, kalau memang Anda memilih saham, maka pasangan yang paling cocok ialah ETF (Exchange Traded Funds). ETF sendiri merupakan reksa dana terbuka yang berbentuk kontrak investasi kolektif, di mana unit penyertaannya dipedagangan di bursa seperti saham.

Bagi investor, ETF memang lebih mudah dan fleksibel. Dengan portfolio yang bisa diakses secara bebas sekalipun dikelola oleh MI (Manajer Investasi) profesional, ETF memiliki likuiditas tinggi sehingga bisa dicairkan kapanpun menjadi dana tunai. Berangkat dari fakta itulah, eToro sebagai perusahaan finansial sekaligus pialang (broker) terpercaya dengan jutaan pengguna di dunia, turut menawarkan pembelian instrumen saham dan ETF bagi para investor.

Keuntungan dan Pertimbangan Trading di eToro

eToro

Jika sebelumnya Anda sudah memahami cara melakukan pendaftaran di Etoro, maka hal berikut yang akan dibahas mengenai pembelian sekaligus pengalaman trading saham dan ETF di eToro, seperti dilansir Mr.Market. Tidak hanya itu saja, akan ada sedikit sharing pengalaman operasional sehingga trader-trader pemula bisa belajar dengan maksimal.

Namun sebelum melangkah ke cara membeli saham dan ETF di eToro, berikut ini akan kami bahas terlebih dulu keuntungan trading dengan eToro:

1. Desain Antarmuka Simple

Sebetulnya bukan tanpa alasan kenapa dalam 13 tahun perjalanannya, eToro tetap menjadi broker pilihan. Salah satu keunggulannya adalah karena memiliki desain operasi antarmuka yang sangat sederhana dan mudah dipahami. Sehingga rasa-rasanya, tutorial tidak perlu dijelaskan karena Anda bisa belajar menggunakannya sendiri, sekalipun baru pertama kali bergelut di bidang trading.

2. Proses Deposit Mudah

Kalau di broker-broker lainnya, deposit bisa jadi proses yang merepotkan. Kenapa begitu? Beberapa broker mengharuskan trader melakukan deposit minimal dalam jumlah besar dalam satu waktu dan tidak memberikan opsi deposit kecil, sekalipun dilakukan secara teratur.

Lewat eToro, transaksi uang bisa dilakukan lebih mudah. Selain transfer konvensional, klien juga bisa menggunakan kartu kredit atau uang deposit yang sudah disetorkan lebih dulu sehingga jauh lebih nyaman dan tidak merepotkan.

3. Mudah Beli Unit Saham dalam CFD Trading

Sekadar informasi, saham-saham di pasar Amerika Serikat memang dibeli per unit. Sehingga biasanya Anda harus melakukan perhitungan seperti contohnya, dana $5.000 untuk membeli beberapa saham. Namun bagi para pengguna eToro, Anda bisa membeli unit saham secara langsung sesuai keinginan, berdasarkan jumlah uang lewat CFD trading.

Hal ini jelas menguntungkan bagi investor karena dalam perdagangan CFD, Anda tidak benar-benar memegang instrumen aset, sekalipun nominal harga dan dividen yang diperoleh sama dengan unit saham sebenarnya. Karena itulah ketika investor membeli instrumen CFD, artinya memang benar-benar membeli saham dalam batas tertentu.

Namun meskipun keuntungannya cukup menyenangkan, tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan eToro, terutama jika dikaitkan dalam perdagangan ETF. Apa saja? Berikut ulasan singkatnya!

  1. Untuk saat ini eToro hanya menyediakan saham-saham sekaligus produk ETF dari perusahaan-perusahaan besar dan terkenal. Sehingga Anda tidak bisa menemukan saham-saham dari perusahan kelas menengah dan kecil
  2. Wajib diketahui juga bahwa akan ada sedikit tambahan leverage dalam trading. Sekadar informasi, leverage adalah rasio antara dana trader dengan dana pinjaman yang diperoleh trader dari broker. Beberapa investor biasanya memilih untuk mengelola perdagangan saham dan ETF tanpa leverage apapun

Cara Melakukan Trading dengan eToro

Dalam semua trading yang dilakukan di eToro, hanya ada dua proses yang harus dilakukan. Proses yang sederhana inilah menjadi alasan utama kenapa eToro menjadi pialang yang direkomendasikan banyak investor.

Hal pertama yang harus dipastikan adalah Anda sudah melakukan pendaftaran dan memiliki akun eToro serta menyetorkan sejumlah uang. Jika masih bingung, Anda bisa membuat akun demo terlebih dulu dan nantinya akan ada dana virtual yang bisa dijadikan uji coba untuk trading.

Langkah 1: Pilih produk finansial yang diinginkan

Masukkan kode dalam kolom pencarian website atau aplikasi eToro untuk menemukan produk finansial yang dimau. Anda juga bisa mengatur sendiri daftar yang dikehendaki.

tampilan porfolio klien eToro
tampilan porfolio klien eToro

Langkah 2: Mengatur jumlah, leverage dan proses pembelian

Sekadar informasi, ada batas minimal uang yang harus diinvestasikan seperti contohnya sebesar $200 untuk CopyTrader. Wajib diingat bahwa jumlah minimal ini tentunya berbeda pada tiap-tiap produk finansial.

Tetapi untuk jumlah unit, tidak perlu berupa bilangan bulat karena akan dihitung berdasarkan jumlah uang Anda. Tentu saja Anda bisa mengubah ke perhitungan unit, tapi perhitungan komisi jauh lebih simple dan mudah dipahami.

Ingat untuk menyesuaikan ‘leverage x1’ setelah memasukkan jumlah uang

Jika Anda menetapkan ‘x2’ atau ‘x5’, Anda akan membiayai sebuah pembelian sehingga bakal dikenai biaya pinjaman satu hari. Meskipun tingkat bunga cukup rendah, ada baiknya kalau Anda melakukan penyimpanan terutama dalam investasi jangka panjang. Leverage x1 tidak akan membebankan bunga, sehingga membuatnya sama dengan saat memegang saham-saham pokok.

Stop Loss dan Take Profit

Saat Anda menggunakan leverage, eToro akan langsung melakukan penyesuaian otomatis untuk menghentikan kerugian dan mengambil keuntungan untuk Anda. Ingin mengubahnya? Tinggal klik sekali dan semua proses bakal berbeda.

trading ETF
tampilan trading ETF

Selesai: Lakukan perdagangan

Klik pada tombol di bawah ini untuk memulai trading. Sangat mudah? Yap, memang seperti itulah eToro! Anda pun kemudian bisa melihat seperti apa posisi sekaligus keuntungan dan kerugian pada halaman Portfolio.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Berapa tingkat suku bunga produk ETF dan saham?
Akan dikreditkan langsung ke dalam akun klien sesuai dengan dividen saham normal setelah dikurangi pajak.

2. Bagaimana dana trading ditransfer ke eToro?
Gunakan kartu kredit atau transfer konvensional. Tidak ada biaya tambahan untuk deposit dengan kartu kredit, sementara untuk transfer bank konvensional akan ada biaya tertentu sesuai dengan kebijakan bank

3. Bagaimana cara pencairan dana?
Pilih Withdrawal alias Penarikan pada layar. Akan ada biaya penanganan yang dibebankan ke konsumen sebesar $25

4. Berapa nominal biaya transaksi untuk eToro?
Biaya transaksi dihitung menggunakan Spread alias selisih antara harga jual (bid) dan nilai beli (ask) atau quotes sell dan quotes buy. Untuk saham dan produk ETF, perhitungan Spread yang merupakan penghasilan pialang ini ditetapkan sepihak sebesar 0.09%.

Di mana dalam satu pembelian dan penjualan akan dikenai tambahan 0.18%. Jika Anda tidak menggunakan leverage, tidak akan ada biaya tambahan lain. Sekadar informasi, besaran Spread untuk indeks dan komoditas berbeda sehingga ada baiknya Anda memperoleh informasi tambahan di situs resmi eToro.

Jika Anda mengalami masalah, bagaimana cara mencari Customer Service:

Selama Anda cukup memahami operasional jasa layanan online, sebetulnya mencari Customer Service (CS) bukanlah hal sulit. Namun kalau memang tampak kesulitan dan bingung, berikut langkah-langkah yang bisa Anda coba terapkan. Sekadar informasi, tampilan gambar dari ulasan berikut berdasarkan pengguna eToro di China:

1. Klik tombol Help di bagian kiri ? Help > Online Customer Service

menu Help di CS
menu Help di CS

2. Masuk dan mulai lakukan pembicaraan online dengan CS

mulai chat dengan CS eToro
mulai chat dengan CS eToro

3. Masukkan tipe pertanyaan yang mewakili masalah Anda, lalu proses chatting dengan CS bisa dimulai

memasukkan pertanyaan ke CS eToro
memasukkan pertanyaan ke CS eToro

Bagaimana? Sangat mudah dan lengkap sekali bukan melakukan trading bersama eToro? Dengan keragaman produk finansial yang ditawarkan sekaligus kemudahan dalam keluhan pelanggan, eToro juga diperkuat dengan desain UI ter-simple dan paling nyaman. Hal inilah yang akhirnya membuat eToro sangat cocok bagi investor pemula yang benar-benar tak pernah melakukan trading di pasar keuangan sebelumnya.