Tips Yahud Agar Tidak Boros, Ini Caranya

Banyak orang yang tidak bisa memenej keuanganya dengan baik. Mungkin termasuk kita. Bahkan tak jarang belum genap sebulan kita sudah tidak ada lagi uang baik di rekening mamupun di dompet.

Keadaan itu kadangkala membuat seseorang mengalami keadaan finansial yang sulit dan memaksa mereka untung meminjam ke teman mereka terlebih dahulu. Satu dua kali mungkin tidak masalah namun ketika terlalu sering meminjam ini membuktikan manajemen keuangan kita buruk.

Tidak boros bukan berati pelit namun kita meski bisa memperhitungkan keadaan keuangan kita untuk bisa terus survive dalam keadaan apapun. Karena jika keuangan kita sehat maka kita akan jauh lebih bisa berpikir jernih.

Namun jika sebaliknya faktor tersebut dapat menjadikan orang mudah stres karena tuntutan biaya hidup yang semakin menjadi.

Nah kali ini coptrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber tips yahud agar kita tidak boros. Benarkan posisi tempat duduk Anda dan Yuk simak penjelasan berikut:  

1. Gunakan Uang Tunai

Menggunakan uang tunai merupakan salah satu tips yahud menghindari boros. Karena ketika menggunakan transaksi tunai alur pengeluaran kita akan jauh lebih mudah terkontrol.

Bandingkan ketika kita menggunakan kartu kredit, dengan fasilitas yang diberikan justru seringkali kita terbuai dengan kemudahan yang diberikannya namun pada akhirnya kita bisa terjerat tanggihan yang membengkak.  

Dan naasnya tanpa kita sadari itu, kadang dengan sendirinya kita menjadi bingung kok tagihan kartu kredit menjadi membengkak. Ini buat apa saja? Ya kita sering bertanya –tanya.

Maka jika memang mental kita belum siap alangkah baiknya hidari penggunaan kartu kredit terlebih dahulu. Lebih baik gunakan terlebih dahulu uang tunai dalam setiap transaksi yang kita lakukan.

2. Pisahkan Uang Konsumtif dengan Uang Tabungan

Tips yahud selanjutnya adalah mulai pisahkan uang konsumtif kita dengan uang tabungan. Karena bila kita mencampur dalam satu dompet misalnya bisa salah dalam penggunaanya.

Tanpa sadar uang yang seharusnya kita anggarkan untuk ditabung malah digunakan dalam kebutuhan sehari hari. Ini menjadi salah satu faktor yang sering dialami bagi sebagian orang. Sehingga menjadikannya boros.

Untuk menghindari hal itu terjadi maka segerlah mulai pisah mana uang harian dan mana uang yang dianggarkan untuk tabungan. Bila itu dilakukan maka kita sedang berusaha menjaga diri supay kita terhidar dari sifat boros.

3. Rinci Terlebih Dahulu Ketika akan Berbelanja

Bila kita tidak bisa mengkontrol diri ketika sedang berbelanja maka akan semakin banyak pengeluaran yang kita lakukan. Untuk mengakhali hal itu sebelum kita berbelanja maka sebaiknya kita merinci dulu barang barang yang akan kita beli.

Hal ini dapat menghindari diri dari perbuatan boros. Karena sudah menjadi tabiat seseorang melihat ini dan itu maka semuanya dianggap menjadi barang penting dan harus dibeli.

Hidari perbuatan tersebut. Belilah barang yang sudah kita rinci dari rumah. Jika ada barang yang tidak ada dalam rincian tersebut maka kita harus bisa memaksa diri untuk tidak membelinya.

Jangan sampai kalah dengan hawa nafsu toh demi kebaikan keadaan finansial kita. Kalau kita bisa melakukan hal tersebut maka kita akan dapat menghindari dari kesulitan finansial dikemudian hari.

4. Belanja Ketika Kenyang

Tips yahud selanjutnya agar tidak boros adalah berbelanjalah ketika kita kenyang. Maka untuk itu sebelum kita berbelanja sebaiknya kita makan terlebih dahulu. Jika tidak dalam keadaan lapar biasanya kita akan membeli makanan di tempat berbelanja yang harganya relatif lebih mahal.

Dengan perut kenyang kita juga lebih mudah mengkontrol pikiran kita untuk berbelanja berlebihan. Memang perut dan pikiran seringkali harus bisa kita singkronkan karena ketika perut kita lapar kita akan lebih gampang dalam mengeluarkan uang untuk membeli makanan.

5. Makan Alakadarnya

Banyak orang yang ketika makan memilih milih dalam menu makananya ketika itu kita lakukan ini merupakan salah satu sifat boros yang secepatnya harus kita hilangkan dalam hidup kita.

Biasakan makan alakadanya tanpa harus ada ini dan itu yang bisa menyebabkan kondisi keuangan kita menjadi tidak stabil. Apalagi ketika kita membelinya diluaran maka akan memerlukan ongkis lebih dalam sisi pengeluaran.

Salah satu cara yang bisa kita coba dalam hal ini adalah menunggu makan ketika kita benar benar merasa lapar. Logikanya jika lapar maka kita tidak akan terlalu memilah makanan.

Apa saja bisa kita makan dengan lahap dalam kondisi lapar. Cara ini terbukti ampuh bagi sebagian orang. Jika tidak percaya coba lakukanlah.

6. Bawa Makanan Sendiri

Membawa makanan sendiri akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan kita. Karena salah satu post terbesar suatu pengeluaran adalah di makanan yang merupakan kebutuhan pokok setiap orang.

Tidak perlu malu membawa makanan sendiri dari rumah. Jangan hanya menuruti gengsi saja. Hidup ini yang merasakan kita sendiri. Kalau kita tidak cermat dalam membelanjakan uang maka kita yang susah sendiri.

Dengan membawa makan sendiri selain hemat juga lebih sehat karena makanan diluaran sering kali banyak medatangkan penyakit bagi setiap orang.

Ditambah lagi bila kita tidak tahu cara memprosesnya bakalan lebih membahayakan lagi. Sudah bawa saja makanan dari rumah selain hemat kita juga bisa lebih sehat.

7. Bawa Minuman Sendiri

Selain makanan hal yang bisa menghindarkan kita dari sifat boros adalah membawa minuman sendiri dari rumah. Memang kesanya simple hanya air putih namun jika kita membeli air mineral di luar sana akan memerlukan biaya.

Tidak perlu malu toh sekarang juga banyak orang yang sudah membawa bekal minuman dari rumah dengan menggunakan botol botol yang menarik sehingga bila kita membawanya memberikan kesan yang baik.

Kita bisa membeli botol tersebut di swalayan atau banyak disediakan di toko online di Indonesia dengan harga yang bersahabat. Setelah membeli botol kita hanya cukup mengisi ulang dengar air biasa dari rumah.

Lagian air isi ulang yang kerap disediakan di kantor juga belum tentu sehat, dengan mambawa minuman sendiri maka jelas terjaga kesehatannya.

8. Hindari Jajan Berlebihan

Jajan terksesan murah, namun jika kita sadari jajan yang tidak terkontrol sama saja seperti membeli makanan dan bila itu terjadi maka akan semakin menambah pengeluaran.

Masyarakat kita memang dikenal doyan jajan segala jenis jajanan yang ada seperti somay, batagor akan sangat menggoda untuk kita konsumsi.

Untuk itu kita harus bisa mengkontrol hasrat untuk membeli jajan. Bila kita ingin menghindari sifat boros. Karena salah satu hal boros yang kita sering lakukan adalah membeli jajan berlebihan.

Bukan berati kita tidak boleh jajan loh ya? Asal tidak menggagu kondisi keuangan kita jajan ya boleh boleh saja dilakukan.

9. Catat Setiap Pengeluaran

Mencatat setiap pengeluaran bukan perkara mudah terlebih bagi kita yang  belum terbiasa melakukannya. Namun cara ini dianggap cara yang baik sehingga bisa menjadikan evaluasi bagi kita dalam membelanjakan uang dikemudian hari.

Dengan memeiliki catatan tersebut kita bisa menganalisa pengeluaran yang kita telah gelontorkan. Hal ini bisa menjadi acuan bagi kita untuk lebih baik lagi memenej uang.

Sehingga akan berdampak pada kondisi keuangan kita yang kian hari kian menjadi baik berkat budaya hidup hemat yang telah kita lakukan.

10. Hindari Gaya Hidup Berlebih

Salah satu faktor yang seringkali mengantar orang ke jurang masalah finansial adalah pola gaya hidup berlebihan. Hal ini kerap terjadi khususnya bagi kalangan muda yang masih menggebu gebu dalam mencari jatidirinya.

Maka untuk itu kita perlu menghindarinya. Memang tidak salah sebagai anak muda kita kadang perlu mengekspesikan diri kita namun kita juga harus mempertimbangkan kondisi keuangan kita tentunya.

Jangan salah kita memalukan suatu tindakan yang hanya menghambur hamburkan uang demi kesenangan semata yang imbasnya akan kita rasakan dikemudian hari tanpa kita sadari.

Terlebih gaya hidup modern menuntut seseorang untuk hidup konsumtif bagi mereka gaya hidup konsumtif dipandang menjadikan diri kita keren. Percuma terlihat keren di mata orang lain kalau kita nantinya akan mengalami masalah finansial.

Itulah beberapa tips yahud agar tidak boros. Cara cara tersebut perlu kita lakukan sebagai upaya diri untuk terbebas dari sisi finasial yang kerap kali menjadi ganjalan bagi seseorang karena budaya boros yang kita sering lakukan.

Baca juga: Mau Bebas Finansial? Tiru Kebiasaan Ini