TAUKAH KAMU APA ITU COPY TRADE? YUK BELAJAR

copy trade

Dunia trading tidak akan pernah ada habisnya jika kita membahas setiap hari. Pasti akan selalu ada inovasi dan peminat baru. Pertanyaannya, apakah kalian adalah orang baru atau pemula di dunia trading?

Sebagai pemula yang tidak mengerti apa pun pasti bingung dan ragu untuk terjun di dunia trading, apalagi jika pernah mendapatkan cerita pengalaman buruk. Mungkin kalian akan semakin ketakutan. Tapi tak perlu khawatir lagi karena kalian dapat menerapkan cara copy trading. Lalu apakah kalian tau, apa itu copy trading?

Istilah copy trade sebenarnya bukan istilah baru di dunia trading. Istilah ini muncul dan mulai dikenal di kalangan investor sekitar tahun 2000-an di beberapa pasar keuangan.

Copy trading adalah sebuah layanan yang memungkinkan investor meng-copy atau menyalin langkah-langkah yang dilakukan oleh trader profesional atau ahli untuk mendapatkan profit sebanyak-banyaknya.

Selain itu, copy trading dapat diartikan sebagai salah satu layanan untuk trader meng-copy posisi secara otomatis yang dilakukan oleh trader ahli dengan menautkan akun yang dimiliki.

Dengan melakukan copy trading kalian akan disebut sebagai copy trader. Cukup mudah bukan?

Copy trader

Mungkin pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara melakukannya? Untuk menjadi copy trader, kalian dituntut untuk mempelajari apa yang dilakukan oleh trader ahli sehingga dapat diterapkan secara efisien dan efektif. Sebelum itu, kalian wajib memilih platform mana yang akan kalian gunakan untuk melakukan copy trading, dan membuat akun di platform tersebut.

Kalian dapat menemukan seorang trader ahli dengan melihat bagaimana kesabaran dan rekam jejak trader ahli dalam melakukan trading. Selain itu, konsistensi seorang trader ahli dalam melakukan trading dapat juga terlihat grafik dan statistik performa akun trader. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan keraguan saat seorang trader ahli.

Hal ini berkaitan dengan keuntungan atau profit yang akan kalian dapatkan saat melakukan copy trading.

Secara garis besar cara kerja copy trading adalah menyalin atau meng-copy langkah yang dilakukan dan strategi seorang trader ahli serta menautkan akun yang dimilki kepada akun trader ahli.

Dan perlu diingat setiap posisi yang trader ahli ambil akan otomatis tersalin di akun yang kalian miliki. Jumlah yang diinvestasikan pun dalam copy trading tergantung dua hal.

Yang pertama adalah jumlah yang dipertaruhkan oleh copy trader. Dan kedua persentase jumlah yang diizinkan dari jumlah investasi dalam satu perdagangan yang telah ditentukan atau kebijakan dari setiap platform penyedia copy trade.

Jadi, setiap langkah yang trader ahli pilihan kalian lakukan maka akan kalian lakukan juga. Jika trader kalian memperoleh keuntungan dari strategi yang mereka gunakan maka kalian pun akan mendapatkannya. Namun, jika trader tersebut merugi besar kemungkinan kalian pasti akan menerimanya.

Nah, untuk itu jangan pernah ragu untuk memutus atau cut loss untuk menghindar dari kerugian kapan saja. Hal ini dilakukan agar kalian dapat membatasi risiko yang bertumpuk. Karena seorang trader ahli juga seorang manusia yang terkadang melakukan kesalahan.

Kemudian, beberapa hal yang perlu kalian perhatikan lebih seksama dalam melakukan copy trading. Yaitu bagaimana kalian memilih akun top trader, sesuaikan dengan apa yang kalian harapkan. Dibanding memilih top trader yang melakukan trading dengan risiko besar sedangkan kalian masih pemula mungkin akan berisiko tinggi. Pilihlah trader yang memiliki konsistensi melakukan trading dengan risiko kecil sehingga kalian akan terus mendapatkan profit yang sesuai dengan harapan.

Yuk nggak perlu khawatir lagi untuk melakukan trading, cukup pelajari dan perhatikan risikonya. Tunggu apa lagi, segera buat akun kalian