Tabungan Emas Miliki Beberapa Keuntungan, Apa Saja?

COPYTRADE.BLOG – Saat ini, tabungan emas merupakan kegiatan investasi yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan menabung emas memberikan beberapa keuntungan bagi para investor.

Tabungan emas merupakan pilihan investasi yang mudah dilakukan dan juga lebih aman bagi mereka yang baru memulai. Salah satu lembaga yang membuka layanan tabungan emas di Indonesia ialah Pegadaian dengan program tabungan emas Pegadaian.

Melalui layanan ini, masyarakat bisa dengan mudah, murah, aman, dan kredibel dalam melakukan investasi. Dengan layanan yang mudah, tentu saja masyarakat lebih tertarik untuk membuka investasi emas.

Saat banyak orang secara berbondong-bondong melepas dolar, menjual saham, surat utang, atau reksadana, penjualan emas justru meningkat. Hal tersebut menimbulkan harga emas meningkat ke level tertinggi pada masa krisis selama pandemi.

BACA JUGA: Jaga Nilai Aset Anda dengan Menabung Emas

Keuntungan Tabungan Emas

Keuntungan Tabungan Emas

Tabungan emas tidak hanya berbentuk fisik seperti emas batangan atau perhiasan, ada pula emas online. Jenis online pada emas dimiliki oleh layanan tabungan emas Pegadaian yang sudah dibahas sebelumnya.

Apapun jenisnya, emas tentu memiliki beberapa keuntungan yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin berinvestasi. Anda yang sudah membuka emas juga bisa lebih meyakinkan diri bahwa pilihan Anda sudah tepat untuk menabung emas.

1. Nilai Tabungan Emas Cenderung Stabil

Stabilnya nilai emas menjadikan masyarakat lebih memilih emas dibandingkan dengan investasi lain. Bukan berarti nilainya tidak bisa turun, tetapi nilai emas justru lebih sering naik dari waktu ke waktu. Keuntungan yang besar mungkin bisa didapatkan investor emas di masa mendatang.

2. Mudahnya Pencairan

Emas yang Anda miliki dapat Anda jual lagi dalam keadaan mendesak membutuhkan uang tunai. Penjualan emas secara mendesak juga berlaku pada jenis apapun, entah perhiasan, batangan, atau online. Hal ini menyebabkan emas lebih digemari masyarakat.

Emas perhiasan bisa langsung dijual melalui toko emas. Sedangkan emas batangan atau logam mulia bisa digadaikan atau dijual melalui Pegadaian, Antam, atau toko emas. Bahkan, untuk emas online bisa langsung dijual melalui aplikasi tempat Anda menabung.

3. Tingginya Permintaan terhadap Emas

Penjualan yang mudah membuktikan bahwa permintaan terhadap emas memang tinggi. Bisa dijual dimanapun dan kapanpun dengan harga global yang sudah ditetapkan oleh lembaga keuangan dengan prosedur gold fixing.

4. Modal yang Relatif Kecil

Untuk memulai emas tidak harus mengeluarkan modal awal yang besar. Bahkan, emas online pegadaian menawarkan emas 0,01 gram dengan harga Rp 30.000 termasuk biaya fasilitas penitipan emas per tahunya.

BACA JUGA: Pemula Mau Berinvestasi, Pilih Emas atau Reksadana?

5. Tabungan Emas Bebas Pajak

Jika membandingkan dengan investasi lain, seperti deposito, investasi tersebut akan kena pajak 20% untuk simpanan lebih dari Rp 7,5 juta. Investasi lainnya seperti surat utang juga akan dikenakan tariff pajak 15%.

Namun, emas tidak akan dikenai pajak karena PPh justru akan dibebankan pada badan usaha yang menjual emas. Sehingga, pembeli tidak menanggung beban pajak apapun selama melakukan kegiatan investasi emas.

6. Tahan terhadap Inflasi

Dalam menghadapi inflasi atau resesi, biasanya kegiatan investasi akan menghadapi tantangan yang besar. Tetapi, emas merupakan investasi yang tetap aman pada masa inflasi atau resesi meskipun penjualannya di masa resesi atau inflasi merupakan pilihan yang kurang tepat.

7. Bebas Bunga

Keuntungan jual beli emas diperoleh dari harga yang meningkat mengikuti prinsip supply dan demand. Jadi, emas merupakan investasi yang tidak ada bunganya. Jika menyimpan emas 50 gram, maka akan tetap 50 gram untuk beberapa tahun berikutnya.

8. Tabungan Emas Mengamankan Nilai Kekayaan

Emas dapat menjadi alternatif untuk mengamankan kekayaan yang Anda miliki. Menyimpan uang justru akan membuatnya terancam inflasi dari waktu ke waktu, lebih baik Anda mengonversikannya pada emas agar nilai uangnya tidak berkurang dan malah bertambah.

Investasi Tabungan Emas

Itulah beragam keuntungan yang bisa didapatkan dari tabungan emas yang mungkin bisa mendorong Anda untuk berinvestasi mulai dari sekarang.

BACA JUGA: Inilah Beberapa Jenis Investasi Paling Diminati Oleh Orang Indonesia