Sebelum Memilih Produk Asuransi, Perhatikan Hal Ini

COPYTRADE.BLOG – Asuransi menjadi sarana proteksi diri di masa depan. Mulai dari proteksi, pendidikan, kesehatan, kendaraan, rumah dari kebakaran, jiwa, kecelakaan dan sebagainya. Nah sebelum memilih produk asuransi alangkah baiknya perhatikan hal-hal berikut ini agar asuransi itu bisa menjadi sarana proteksi yang tepat.

Apa saja hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih produk asuransi. Berikut ulasan dari copytrade.blog

Komunikasikan Kebutuhan Apa yang Akan Ditanggung

Asuransi pada dasarnya menawarkan kepada masyarakat berupa manfaat guna meminimalkan risiko terhadap ketidakpastian di masa mendatang.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh masyarakat yang ikut asuransi, antara lain :

  • Manfaat berupa perlindungan pendapatan terhadap risiko yang tiba-tiba datang.
  • Manfaat untuk melindungi uang atau harta yang disimpan guna mempersiapkan rencana di masa depan.
  • Melindungi kesehatan fisik dan mental apabila terjadi kecelakaan
  • Manfaat sebagai proteksi terhadap masa depan keluarga bila terjadi kematian
  • Manfaat untuk melindungi investasi

Nah sebelum memilih dan membayar produk asuransi alangkah baiknya mengetahui jenis-jenis asuransi. Jenis-jenis asuranssi itu antara lain :

BACA JUGA : Mengenal Asuransi Mutual atau Badan Usaha Bersama Pemegang Polis Sekaligus Pemilik Saham

Asuransi jiwa

Asuransi jiwa merupakan asuransi yang memberikan proteksi bagi keluarga dalam hal ini ahli waris saat kematian datang. Proteksi itu dalam bentuk finansial.

Asuransi jiwa ada yang hanya bisa diklaim saat pemegang polis meninggal dunia dan ada pula yang memperbolehkan pemegang polis untuk mengklaim sebelum kematiannya. Pahami sistem yang ditaarkan.

Asuransi Kesehatan

Ini merupakan produk asuransi populer dan jamak diikuti oleh masyarakat. Tujuan asuransi kesehatan adalah untuk melindungi finansial, saat pemegang polis jatuh sakit dan membutuhkan biaya perawatan.

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan merupakan asuransi yang mencadangkan dana pendidikan guna mempersiapkan masa depan anak. Ada beberapa jenis yang ditawarkan pada asuransi ini.

BACA JUGA : Pengertian Asuransi, Manfaat dan dan Jenisnya

Semisal asuransi pendidikan sekaligus asuransi jiwa dan deposito. Asuransi ini akan melindungi biaya pendidikan bila ternyata orang tua meninggal dunia. Ada juga asuransi pendidikan sekaligus asuransi jiwa dan investasi. Keuntungan dari berinvestasi akan dibagikan kepada anak sesuai dengan jenjang pendidikan.

Asuransi Investasi

Ini merupakan produk asuransi jiwa sekaligus investasi. Asuransi ini memberikan proteksi terhadap nilai tunai dari dana investasi.

Asuransi Kendaraan

Asuransi yang berfingsi memproteksi kendaraan dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Seperti pencurian maupun kerusakan.

Asuransi Kecelakaan

Asuransi yang memberikan perlindungan finansial saat terjaid kecelakaan kerja.

Produk asuransi yang tepat adalah, produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan pemegang polisnya. Maka pemegang polis harus tahu produk yang ditaarkan dan manfaat dari asuransi itu.

Tinjau Ulang Produk Asuransi Secara Berkala

Jika sudah sudah memilih asuransi yang dibutuhkan maka tinjau ulang secara berkala produk tersebut.

memilih produk asuransi (2)

Langkah meninjau ulang ini untuk mengetahui apakah produk asuransi tersebut sesuai dengan kebutuhan saat sekarang, dan proteksinya terus berjalan.

Ketersediaan Layanan Tambahan Pada Asuransi Tersebut

Pastikan adakah ketersediaan layanan tambahan. Semisal layanan yang memudahkan konsumennya untuk memantau produk asuransi yang di pilih, secara online dan on time.

Pilih Perusahaan yang Memiliki Reputasi Bagus

Pilih perusahaa asuransi yang memiliki reputasi bagus. Sebab sebagai pemegang polis kita menyerahkan dana kita untuk proteksi dalam jangka panjang.

Itulah beberapa tips memilih produk asuransi.