Perhatikan Tips Investasi Saham Bagi Pemula Berikut

COPYTRADE.BLOG – Beberapa tips investasi saham bisa menjadi pedoman bagi para pemula yang ingin menabung saham. Menabung saham merupakan kegiatan dengan berbagai resiko yang harus ditanggung, sehingga perlu memperhatikan beberapa hal.

Dengan melakukan investasi saham, maka investor bisa mendapatkan pendapatan pasif. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi investor dan Anda bisa mencobanya kapan saja.

Kegiatan investasi saham sudah banyak dilakukan di Indonesia terlebih sejak pandemi. Di mana jumlah investor perorangan bertambah signifikan dan membuat pasar modal kian diminati dan menyebabkan peningkatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Tips Investasi Saham

Tips Investasi Saham untuk Pemula

Untuk melakukan investasi saham, Anda perlu membuka rekening efek pada perusahaan sekuritas. Namun, sebelum membuka rekening, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips investasi saham agar lebih berhati-hati.

BACA JUGA: Mulai Nabung Saham di Aplikasi Legal Bappebti

1. Perhatikan Legalitas dan Kualitas

Untuk memilih sekuritas, maka hal yang pertama kali harus diperhatikan ialah perihal legalitas dan kualitas. Pastikan perusahaan sekuritas yang Anda pilih merupakan perusahaan yang sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia.

Kemudian Anda juga bisa mencari informasi mengenai sepak terjang perusahaan, apakah perusahaan pernah terkena kasus besar, penipuan, atau catatan kriminal lainnya.

2. Fasilitas yang Sesuai

Fasilitas transaksi kini beragam, ada aplikasi, web, atau mobile. Semuanya memiliki kekurangan masing-masing, namun alangkah baiknya memilih fasilitas yang paling lengkap atau platform yang paling fleksibel untuk digunakan.

3. Perhatikan Biaya Transaksi

Saat ini, biaya transaksi atau fee jual beli saham adalah sekitar 0,15% hingga 0,25% atau 0,25% hingga 0,35%. Untuk yang rendah, nasabah akan dibebankan 0,15% dari harga nilai saham, kemudian dibebankan 0,25% dari nilai saham yang dijual

Perhatikan juga apakah perusahaan memiliki batas minimal fee harian dalam bertransaksi serta biaya bulanannya, karena ada beberapa perusahaan yang menetapkan minimum harian Rp 5.000 hingga Rp 25.000 jika nasabah bertransaksi di luar batas fee transaksi normal.

Jika Anda adalah investor pemula, sebaiknya Anda mencari beban biaya transaksi yang tidak terlalu mahal atau sesuai kemampuan Anda, jangan sampai kelabakan.

4. Ikuti Training dan Edukasi

Cari beragam training dan edukasi dalam melakukan transaksi saham, sehingga Anda bisa semakin andal dalam bermain saham. Biasanya sekuritas akan memberikan training gratis atau konsultasi pada nasabah dengan grup media sosial sehingga Anda bisa mengikutinya kapanpun dan dimanapun.

BACA JUGA: Menabung Emas Bisa Menjadi Pelindung untuk Hadapi Krisis

5. Setoran Awal

Setoran awal bisa beragam tergantung pada keinginan perusahaan, ada yang mensyaratkan setoran awal atau modal mencapai Rp 20 juta atau Rp 5.000, diusahakan untuk menyesuaikan dengan kemampuan Anda.

6. Kenali Tim Analis dan Rekomendasinya

Lakukan analisis terlebih dahulu sebelum Anda memilih perusahaan sekuritas, mulai dari kepala riset, analis, dan tim perusahaan. Hal tersebut berfungsi agar Anda bisa membandingkan prediksi dan rekomendasi analis yang manjur.

Itulah tips investasi saham bagi para pemula yang bisa Anda terapkan sebelum menabung saham. Semoga berhasil!

BACA JUGA: 5 Aplikasi Investasi di Bawah Pengawasan OJK, Modal Terjangkau