Pengertian Asuransi, Manfaat dan dan Jenisnya

COPYTRADE.BLOG – Mendengar kata asuransi merupakan hal yang sangat umum di telinga kita. Namun terkadang hanya sedikit orang yang antusias ketika mereka ditawari asuransi. Lalu apa pengertian asuransi baik secara fungsi maupun jenisnya.

Banyak orang yang belum faham apa itu asuransi. Sebagian hanya mengerti bahwa asuransi adalah tempat dimana kita bisa mengklaim biaya saat melakukan pengobatan.

Apakah sesempit itu, fungsi asuransi. Tentu tidak. Sebab asuransi juga memiliki beragam jenis manfaat maupun produk.

Apa Pengertian Asuransi

Asuransi merupakan bentuk perjanjian antara kedua belah pihak, yakni peserta dan perusahaan. Atau kesepakatan antara pihak tertanggung dan penanggung.

Pihak peserta atau tertanggung selanjutnya akan membayar iuran dan akan mendapatkan ganti rugi secara finansial dikemudian hari.

Artinya pihak penanggung adalah perusahaan dan tertanggung adalah peserta.

Adapun pengertian asuransi menurut UU Republik Indonesia No. 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian yakni :

“Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis. Perjanjian tersebut menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan.

Imbalan tersebut diberikan kepada peserta atau pemegang polis baik karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan yang di derita pemegang polis karena suatu peristiwa.

Imbalan tersebut juga bisa berupa pembayaran atas meninggalnya pemegang polis yang telah ditetapkan berdasarkan hasil pengelolaan dana.

Artinya dalam asuransi ada dua belah pihak. Pertama pihak peserta yang membayar iuran dan pihak kedua selaku perusahaan yang berkewajiban memberikan jaminan sesuai dengan perjanjian yang dibuat.

Pengertian Asuransi, Manfaat dan dan Jenisnya

Unsur apa saja yang ada dalam Asuransi

Dalam asuransi terdapat tiga unsur, yaitu Premi Asuransi, Polis Asuransi dan Klaim Asuransi.

Premi
Premi asuransi merupakan iuran biaya yang harus dibayarkan oleh nasabah. Pembayaran dilakukan selama jangka waktu yang sudah disepakati.
Pembayaran dapat dilakukan secara bulanan, semesteran, hingga tahunan.

Polis
Polis Asuransi yakni dokumen sah yang mengatur perjanjian asuransi.
Didalamnya tertuang tentang nilai manfaat, besaran premi, resiko yang ditanggung dan pengecualian resiko yang ditanggung.

Polis asuransi juga bersifat legal dan mengikat secara hukum. Artinya Jika ada pihak yang menyalahi aturan polis, maka pihak lainnya berhak untuk menghentikan kerja sama atau menggugat.

Klaim
Klaim asuransi merupakan proses pengajuan resmi kepada pihak perusahaan asuransi ketika nasabah mengalami risiko. Tentu pengajuan tersebut sesuai dengan yang ditanggung dalam polis asuransi.

Jika klaim asuransi yang diajukan sesuai dengan ketentuan polis, maka perusahaan akan memberikan sejumlah uang sebagai ganti rugi atas risiko yang dialami peserta atau nasabah.

Lalu Apa Fungsi Asuransi?

Seseorang yang tidak memegang atau memiliki asuransi akan mengalami kesulitan ketika ia mendapatkan berbagai resiko yang tidak terduga.

Dengan memegang asuransi maka akan membantu mengatasi munculnya resiko tak terduga tersebut. Setidaknya dapat meminimalisir kerugian finansial yang dialami akibat risiko tak terduga tersebut.

Fungsi utama dalam asuransi yakni perlindungan terhadap resiko yang tidak pasti. Artinya Asuransi bukanlah investasi yang secara jangka panjang dapat memberikan lebih banyak uang. Ingat kata kuncinya adalah perlindungan.

Artinya, asuransi bisa disebut bahwa kita menyiapkan hal yang tak terduga, atau mempersiapkan hal yang tidak bisa kita persiapkan. Misalnya kecelakaan, sakit, hingga risiko kehilangan pencari nafkah utama keluarga.

Jenis Asuransi

Terdapat beberapa jenis asuransi yang dapat dipilih. Setiap produk asuransi memiliki manfaat yang berbeda pula. Berikut adalah beberapa jenis asuransi yang paling umum diminati.

Asuransi kesehatan.
Kesehatan adalah aset utama dalam kehidupan. Sayangnya banyak yang abai dengan kesehatan. Mereka yang memiliki asuransi kesehatan cenderung lebih tennang menghadapi resiko.

Asuransi kesehatan juga menjadi asuransi yang cukup pupoler di masyarakat. Beberapa manfaat yang diperoleh diantaranya, mulai dari santunan harian, rawat jalan, hingga rawat inap.

Asuransi Pendidikan.
Pendidikan juga menjadi sektor yang sangat penting dalam kehidupan. Tanpa pendidikan kita tidak bisa membangun generasi cerdas dan profesional. Apalagi saat ini biaya pendidikan yang terus naik setiap tahunnya.
Produk asuransi pendidikan banyak diminati untuk mempersiapkan jenjang pendidikan anak hingga perguruan tinggi.

Asuransi Rumah.
Asuransi rumah biasanya dilakukan, saat orang melakukan KPR. Asuransi tersebut meliputi asuransi kebakaran dan asuransi jiwa. Artinya ketika debitur meninggal dunia, maka secara otomatis KPR dianggap lunas.
Namun hal itu tentu tidak diharapkan, tetapi menyiapkan hal terbak adalah keharusan.

Asuransi kendaraan.
Kendaraan juga menjadi hal penting yang tidak bisa disepelekan. Biasanya asuransi kendaraan lebih banyak untuk perlindungan kerusakan maupun kehilangan.

Asuransi kecelakaan.
Bagi pekerja, asuransi jenis ini sangat penting. Apalagi untuk pekerja yang penuh resiko. Dari itu banyak perusahaan diwajibkan untuk mengasuransikan setiap tenaga kerja dari resiko kecelakaan yang dapat muncul sewaktu waktu.

Selain perusahaan, secara pribadikita juga dapat mengambil asuransi jenis ini, apalagi bagi pekerja dengan resiko kecelakaan tinggi..

Asuransi perjalanan.
Asuransi ini biasanya dimanfaatkan untuk perlindungan bagi penumpang kendaraan umum. Saat membeli tiket biasanya sudah termasuk asuransi.Seperti pada penumpang kereta, kapal, maupun pesawat.

Masih ada beberapa asuransi lain, seperti penyakit kritis, maupun asurani dengan produk gabungan yakni tabungan dan investasi.

Nah kamu daapat memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan. Sebab kita tidak bisa mencegah resiko dapat muncul sewaktu waktu. Dengan asuransi tentu segala sesuatu bisa lebih dipersiapkan dan tentunya masa depan lebih aman nyaman.