Pemula, Iniloh Investasi yang Paling Cocok Bagi Anak Muda

Copytrade – Masa muda merupakan masa yang menyenangkan karena dalam masa itu kita bebas melakukan segala hal tanpa terikat waktu dan aturan, bersenang-senang bareng teman, kongkow-kongkow asik di warung kopi merupakan salah satu aktivitas wajib bagi anak muda.

Pernyataan di atas merupakan gambaran dulu, dizaman sekarang banyak kok anak muda yang sudah mulai meniti karir, belajar mandiri dan mau berpikir dewasa mau meringankan beban orang tua.  

Terbukti sekarang banyak anak muda di Indonesia yang sukses di usia belia, mereka bisa menumbangkan mitos bahwa menjadi kaya harus menunggu tua, tidak bisa dipungkuri dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat peran anak muda juga semakin dominan.

Teknologi memang sangat akrab bagi anak milenial seperti sekarang, dengan mengabungkan teknologi dan ide yang brilian mereka bisa dengan mudah mendapatkan uang.

Karena dengan teknologi mereka dipermudah untuk mulai berbisnis, sebagai contoh pemilik Gojek Nadim Makarim diusianya yang masih muda dia sudah merajai bisnis tranportasi Indonesia bahkan sekarang mulai ekspan ke luar negeri.

Tanpa sadar kita pun mungkin juga pelaku usaha, kita seringkali menjual produk kita di media sosial, atau menjualnya di grup-grup whatsap dan lingkaran pertemanan yang terdekat.

Yang tak kalah mengerankan adalah anak muda sekarang sudah mulai mau berinvestasi guna kemudahan dimasa depan, dengan mau mengambil peran orang-orang dewasa yang sudah mapan didunia investasi, memang dimasa produktif tidak ada salahnya memikirkan investasi sedini mungkin tubuh dan pikiran kita masih sangat bisa diandalkan untuk bekerja lebih keras.

Oleh karena itu memikirkan investasi apa yang cocok bagi kita sebagai anak muda sudah harus mulai dipikirkan dari sekarang, namun dengan pengetahuan yang minim soal investasi tak jarang membuat anak muda menjadi ragu dalam berinvestasi

Nah buat kita yang masih kebingungan memilih jenis investasi apa yang tepat, berikut ini Copytrade.blog akan merangkum dari berbagai sumber beberapa jenis investasi yang cocok untuk anak muda yang menawarkan keuntungan yang menggiurkan.

Sebelum itu simaklah sekilas tentang Investasi berikut dikutip dari liputan6.com:

Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Seseorang yang berinvestasi disebut sebagai investor. Investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

Menurut Sunariya, penulis buku “Pengantar Pengetahuan Pasar Modal” pengertian investasi adalah penanaman modal untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki yang biasanya memiliki jangka waktu lama dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Selain dapat menambah penghasilan seseorang, investasi juga membawa risiko keuangan jika investasi tersebut gagal. Kegagalan investasi disebabkan oleh banyak hal, baik dari bencana alam, faktor manusia, atau ketertiban hukum.

Nah sekarang kita mulai masuk ke investasi yang cocok untuk anak muda/pemula:

Reksadana

Jika kita mendengar kata reksadana banyak sebagian dari kita yang masih asing mendengar kata tersebut, menurut UU Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 Pasal 1 ayat 27, Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal dan untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi atau MI.

Bagi para pemain saham reksadana kini menjadi primadona baru di dunia investasi bahkan mengalahkan investasi yang sudah mapan seperti emas karena menjanjikan lebih banyak keuntungan dan risiko yang minim.

Emas

Jika kita mempunyai banyak uang tidak ada salahnya mulai membeli emas untuk investasi, emas dipandang oleh sebagian orang merupakan investasi yang paling aman, selain itu nilai emas kian hari kian tinggi.

Nah bagi kita yang tidak punya uang untuk membeli kini dibeberapa instansi baik pemerintah maupun swasta kini mereka terdapat program tabungan emas, kamu bisa mulai menabung emas disesuaikan dengan pendapatan kita setiap bulannya.

Properti

Properti seringkali investasi bagi orang-orang tua, kini dunia properti pun membuka peluang bagi para anak muda yang mau menginvestasikan uangnya di dunia tersebut. Dalam segi pembayarannya pun dipermudah kita bisa memiliki property dengan sistim kredit berjangka.

Yang menarik dari investasi properti adalah semakin hari nilai properti kita semakin naik, artinya bila kita berinvestasi di properti kemungkinan besar kita bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat dikemudian hari dari investasi ini.  

Nah itu tadi ulasan investasi yang cocok bagi anak muda namun sebagai investasi pemula kita sebagai anak muda yang mempunyai akses teknologi yang cepat tidak adasalahnya bagi kita untu terus mengupdate pengetahuan di dunia investasi.

Kita juga perlu mentor yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi ini sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi kita bila akan terjun ke dunia investasi, karena selain berbicara keuntungan investasi juga berbicara risiko yang tidak kalah penting untuk kita pertimbangkan guna memilih investasi yang dirasa tepat bagi kita.