Inilah, Peluang Ide Bisnis Kreatif yang Patut Dicoba

Copytrade.blog – Bisnis kreatif merupakan lini bisnis yang potensial dan patut dicoba. Bisnis ini merupakan gambaran bisnis mada depan yang terus berkembang di Indonesia.

Karena memang bisnis kreatif merupakan bisnis yang cocok bagi Negara berkembang seperti Indonesia. Negara kita belum siap bertarung di wilayah teknologi, Negara kita juga belum menjadi bagian Negara terkuat dalam sektor Industri.

Memilih bisnis kreatif dalam menjalankan roda ekonomi merupakan pilihan yang paling masuk akal bagi Negara ini. Saat ini bisnis kreatif telah menjadi sorotan bagi dunia ekonomi di Indonesia.

Menurut Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) setiap tahun mengalami peningkatan, kontribusi ekonomi kreatif terhadap produk domestik bruto Indonesia tahun 2017 sebesar 7,28%, menjadikanya menjadi salah satu penyumbang cukup signifikan terhadap perekonomian Indonesia.

Sebelum membahas lebih jauh mari kita mengenal dulu apa itu industri kreatif? Menurut dari beberapa sumber.

Berikut ini adalah pengertian atau definis mengenai industri kreatif:

Simatupang (2007):

Industri kreatif adalah industri yang mengandalkan keterampilan, talenta, dan unsur kreativitas yang berpontensi untuk meningkatkan kesejahteraan.

Departemen Perdagangan RI tahun 2009:

Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas, dan bakat yang dimiliki individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Industri ini akan berfokos untuk memberdayakan daya cipta dan daya kreasi suatu individu.

Itulah beberapa pengertian industry kreatif. Jadi sudah pahamkan apa itu indusrti kreatif. Nah sekarang copytrade.blog akan merangkum ide bisnis kreatif yang potensial terus tumbuh di Indonesia. Dikutip dari beberapa sumber. Berikut ulasannya.

Disadur dari lama bekraf.go.id, terdapat 16 sub-sektor industri kreatif yang terus tumbuh di Indonesia, berikut ini adalah keenam belas sub-sektor industri tersebut:

1. Aplikasi dan Pengembangan Permainan

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat makan berdampak juga dengan kemajuan aplikasi dan pengembangan permainan.

Bisnis aplikasi kini sedang tumbuh subur  Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya bentuk aplikasi yang ditawarkan kepada masyarakat.

Tidak usah jauh jauh mari kita lihat ponsel kita masing masing ada berapa bentuk aplikasi yang sudah kita manfaatkan dalam kehidupan sehari hari.

Pengembangan game di Indonesia juga terbilang mulai berkembang, sekarang banyak  game yang dikembangkan oleh anak anak bangsa.

Game juga sedang digandrungi oleh anak anak muda. Bahkan dibeberapa kesempatan kita bisa dengan mudah menemukan orang yang sedang bermain game.

Beberapa tahun ini bahkan game mengadakan banyak turnamen dan pemerintah pun ikut terlibat dalam pengembangan bisnis ini dengan cara ikut menyediakan turnamen seperti piala presiden.

Geme sekarang berfungsi juga baik untuk pengembang maupun pemainnya karena dari games kini kita bisa mendapatkan uang entah dari menjual karakter tokoh, ikut turnamen yang menarik banyak hadiah dan lain sebagainya.

2. Arsitektur

Ide bisnis kreatif selanjutnya yang sedang berkembang di Indonesia adalah arsitektur. Dan menyumbang bagi pendapatan Negara yang tidak sedikit.

Menurut TOGAF menjelaskan bahwa Arsitektur Bisnis menggambarkan strategi produk dan / atau jasa, dan organisasi, fungsional, proses, informasi, dan aspek geografis lingkungan bisnis.

TOGAF menyebutkan bahwa Arsitektur Bisnis merupakan prasyarat untuk pekerjaan arsitektur di setiap bidang (Data, Aplikasi, Teknologi).

Dalam istilah praktis, Arsitektur Bisnis juga sering diperlukan sebagai sarana menunjukkan nilai bisnis dari pekerjaan berikutnya dan merupakan kunci dari stakeholder, dan laba atas investasi untuk para stakeholder untuk mendukung dan berpartisipasi dalam kerja berikutnya.

Menurut Menurut Ralph Whittle yang ditulis dalam artikelnya yang berjudul “Defining the term “Business Architecture 18” secara garis besar business arsitektur merupakan blueprint, gambaran atau model dari perusahaan.

Model bisnis ini sangat dibutuhkan baik untuk perusahaan rintisan atau pun untuk perusahaan yang sudah mapan. Karena arsitektur bisa mempermudah jalannya roda sebuah perusahaan.

3. Desain Produk

Apapun jenis produknya hal pertama yang akan kita lihat adalah desainnya. Jadi bisnis desain produk memainkan posisi penting dalam suatu usaha. Ketika desain suatu produk baik akan membuat konsumen lebih tertarik terhadap produk tersebut.

Dalam kaitannya dengan sebuah produk, pengertian desain produk adalah proses kreasi sebuah produk yang menggabungkan unsur fungsi dan estetika sehingga bermanfaat dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat.

Desain produk merupakan salah satu kunci paling penting dalam sebuah perusahaan. Keberhasilan atau kegagagalan suatu produk akan menentukan baik dan tidaknya manajemen suatu perusahaan.  

Orang orang yang terlibat dalam bisnis ini akan mendorong sebuah perusahaan untuk memproses pembentukan dan pengembangan ide yang efisien dan efektif dalam rangka menciptakan produk baru yang tentunya siap diterima oleh pasar.  

Desain produk mencakup semua pekerjaan desain teknik dan industri yang digunakan untuk mengembangkan produk, mulai dari konsep awal hingga produksi, dan akhirnya mengubahnya menjadi penemuan nyata sebuah produk.

Jenis bisnis bisnis desainer ini berperan menggabungkan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk menciptakan produk-produk baru yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

4. Fashion

Ide bisnis selanjutnya adalah fashion. Bisnis ini juga sedang berkembang dimasyarakat dimana setiap orang dituntut untuk tampil menarik baik untuk kepentingan kerja maupun lingkungan pergaulan.

Indonesia sendiri cukup mengikuti trend fashion yang sedang digandrungi oleh dunia. Terbukti dari banyaknya pilihan fashion yang ditawarkan untuk konsumen.

Tidak hanya brand brand yang sudah mapan, bisnis jenis ini juga berkembang bagi semua lapisan masyarakat. Artinya semua orang bisa menjalankan bisnis ini dengan peran dan fungsi masing masing.

Ada yang berperan menjadi produsen, ada yang berperan sebagai agen,pedagang dan bahkan ada kini ada yang ikut berperan dalam bidang dropsip.

Semua peran yang bisa kita ambil dalam bisnis fashion ini menawarkan keuntungan yang menjanjikan bila dijalankan  pada masa sekarang. Karena fashion merupakan salah satu kebutuhan primer yang tidak akan pernah mati di pasaran.   

5. Desain Interior

Bisnis kreatif lain yang sedang merangkang maju adalah desain interior. Dengan kesadaran masyarakat dan keadaan ekonomi yang semakin baik banyak orang ingin membuat rumah atau tempat kerjanya menjadi lebih baik.

Dan salah satu yang menunjang sebuah tempat dikatakan baik adalah desain interiornya. Dengan desain interior yang baik membuat kita menjadi betah berada disuatu ruangan.

Tidak heran kini usaha desain interior pun tumbuh subur di Indonesia. Karena sangat menjanjikan unuk dijalankan dan bisa menambah sumber pemasukan.

Anda pun bisa memilih usaha desain ini dengan menjadi seorang desainer interior rumah, ruangan atau furniture profesional.

6. Desain Komunikasi Visual

Komunikasi salah satu hal yang terpenting dalam sebuah usaha. Dengan komunikasi yang baik maka usaha yang dijalankan akan berjalan sesuai apa yang diharapakan.

Kalau dulu komunikasi hanya dijalankan herbal kini telah hadir komunikasi visual yang semakin menunjang usaha untuk cepat berkembang.

Lulusan desain komunikasi visual seringkali berkarir sebagai web designer. Hal itu disebabkan ilmu yang didapatkan semasa kuliah.

Namun ada beberapa pilihan jika kita mau terjun ke bisnis desain komunikasi visual seperti Visual Desainer, Graphic Desainer, Ilustrator, Creative Director, Art Director dan masih banyak lini bisnis yang bisa kamu geluti dalam bisnis ini.

Yang pasti bisnis ini menjadi peluang yang sangat menjanjikan ditengah berkembangnya teknologi. Kita bisa menghasilkan uang puluhan hingga ratusan juta jika menggeluti bisnis ini.

Baca: Game, Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang

7. Seni Pertunjukan

Industri Kreatif kelompok seni pertunjukan meliputi kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha yang berkaitan dengan pengembangan konten, produksi pertunjukan, pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik-tradisional, musik-teater, opera, termasuk tur musik etnik, desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan tata pencahayaan.

Bisnis kreatif ini juga sedang berkembang di Indonesia. Ditambah dengan kesadaran masyarakat yang mulai bisa mengapresiasi seni.

Kini setiap daerah pada akhir biasanya akan menyuguhkan tontonan seni pertunjukan sebagai hiburan masyarakat untuk penghilang penat ditengah tuntutan pekerjaan yang semakin padat.

Dan sekarang jika ada seni pertunjukan masyarakat mulai berbondong bonding untuk melihatnya. Bahkan mereka rela untuk mengelurakan uang yang tidak sedikit demi bisa menonton seni pertunjukan yang akan ditampilkan.

8. Film, Animasi, dan Video

Era teknologi merupakan era bangkitnya industry film, animasi dan video di Indonesia. Banyak orang yang sekarang rela berdesak desakan demi bisa menonton film yang diinginkan. Perkembangan orang yang menonton film pun di Indonesia setiap tahun semakin meningkat.

Tidak hanya film produk animasi pun terus bekembang pesat di Indonesia, bahkan saat ini banyak anak bangsa yang sudah bisa membuat animasi yang bisa ditandingkan dengan Negara lain karena kualitasnya yang sudah tidak diragunkan lagi.

Bahkan ada orang Indonesia yang sudah bergabung dengan industri film dan animasi dunia seperti Disney, dan gajihnya pun tak main main bila kita bisa bergabung dalam perusahaan tersebut. Belum lagi tawaran fasilitas yang mengangumkan.

Tidak hanya film dan animasi. Kini video pun sedang berkembang pesat di Indonsesia. Apalagi dengan kehadiran platform youtube, banyak orang Indonesia yang sukses menjadi konten kreator dalam bisnis ini dan bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati khususnya bagi anak muda.

Dengan menjadi konten kreator kita bisa mendapatkan uang jutaan, ratusan bahkan milyaran rupiah. Dari hasil goggle adsene dan kerjasama tawaran produk jika channel youtube kita sudah besar.

9. Fotografi

Bagi anda yang suka berfoto foto ide bisnis kreatif ini juga bisa menghasilkan uang yang banyak. Selain dari jasa, kini telah banyak platform yang bisa diajak kerjasama untuk menjual hasil jepretan kita seperti 500px.com, Shutterstock.com dan masih banyak lagi.

Kalu dulu fotografi hanya dihasilkan lewat wedding  dan prewedding saja namun sekarang banyak cara untuk bisa menghasilan uang dari bisnis fotografi salah satu yang menjanjikan adalah menjual dibeberapa situs online yang di atas sudah disebutkan.

Menjalankan hobi yang bisa menghasilkan uang adalah sebuah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Dan dengan kemajuan teknologi kita bisa meraih itu semua.

Ketimbang hanya sekedar memotret sana-sini, kamu bisa mencoba menjadikan hobi tersebut sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan.

10. Seni Kriya

Ide bisnis kretaif selanjutnya adalah kriya. Dikutip dari laman bekraf.go.id Seni kriya merupakan salah satu sub sektor yang menjadi ciri khas Bangsa Indonesia dan sangat dekat dengan industri pariwisata.

Dilihat dari materialnya, kriya meliputi segala kerajinan yang berbahan kayu, logam, kulit, kaca, keramik, dan tekstil. Ketersediaan bahan baku material yang berlimpah dan kreativitas para pelaku industri menjadi faktor utama majunya subsektor ini.

Indonesia memiliki banyak pelaku seni kriya yang kreatif dan piawai dalam berbisnis. Bisnis kriyanya pun beragam.

Banyak dari mereka berhasil memasarkan produknya sampai ke pasar luar negeri. Produk-produk kriya Indonesia terkenal dengan buatan tangan, dan memanfaatkan hal tersebut sebagai nilai tambah sehingga bisa dipasarkan dengan harga yang lebih tinggi.

11. Kuliner

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang sedang berkembang pesat di Indonesia dan bisnis ini tidak akan pernah mati karena bisnis ini merupakan jenis bisnis yang dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari hari.

Dengan pangsa yang sudah jelas bisnis ini mudah dilakukan asal kita mau tekun dalam menjalankannya dan bisa menemukan stategi yang jitu dalam menjualnya.

Pilihan jenis makanan juga sangat menunjang keberhasilan bisnis ini. Pilih makanan yang memang sudah akrab di masyarakat kita untuk memepermudah jalannya bisnis ini.

Ditunjang dengan kemajuan teknologi seperti gofood kini bisnis kuliner semakin tumbuh subur dimasyarakat karena memudahkan kunsumen yang akan membeli suatu jenis makanan tanpa harus keluar rumah.

12. Musik

Hayo siapa yang biasa bekerja sambil mendengarkan musik? Music merupakan jenis bisnis kreatif yang sedang tumbuh di Indonesia, karena music merupakan salah satu instrument yang bisa membuat orang menjadi lebih bersemangat ketika menjalankan sesuatu.

Music juga menjadi teman yang setia bagi kita ketika kita sedang menjalankan aktivitas, dengan begitu pangsa music merupakan pangsa yang besar terlebih lagi Indonesia merupakan Negara dengan penduduk terbanyak di dunia yang suka mendengarkan music.

Namun gak bisa dimungkiri, bisnis musik memerlukan passion tersendiri. Semua orang mungkin suka mendengarkan musik, tapi gak semuanya tahu seluk-beluk musik.

Bahkan seorang penyanyi kenamaan belum tentu tahu betul bagaimana suatu lagu tercipta hingga diedarkan luas. Yang ia tahu cuma cara menyanyikan lagu itu dengan baik dan disukai publik.

13. Periklanan

Dengan semakin mararaknya penjualan suatu produk maka bisnis periklanan terkena imbasnya. Karena itu bisnis periklanan merupakan jenis bisnis kreatif yang menjanjikan dijalankan pada masa sekarang.

Terlebih lagi banyak perusahaan yang mau membiayai iklan dalam jumlah yang besar. Tentunya demi tujuan produk mereka dapat dikenal banyak orang. Dengan Ini bisnis periklanan menjadi salah satu peluang yang menarik untuk dijalankan.  

Jika dulu bisnis periklanan dijalankan secara konvensional dan membutuhkan tim yang banyak namun tidak sekarang. Kini dengan berkembangnya teknologi bisnis ini bisa dijalankan sendiri dan bahkan tidak perlu mengeluarkan modal.

Dengan hadirnya periklanan google adwords kamu bisa memulai bisnis ini. Dan yang menarik adalah google adwords merupakan salah satu bisnis periklanan terbesar di dunia yang bisa diikuti semua orang dari seluruh dunia dengan modal kecil hingga gratis.

14. Penerbitan

Diurutan ke 14 ada bisnis kreatif penerbitan. Memang majalah dan surat kabar sekarang sudah mulai ditinggalkan namun bukan berarti bisnis penerbitan juga akan ditinggalkan.

Kita tidak akan bisa melawan perkembangan teknologi yang bisa kita lakukan adalah menyesuaikan diri demi keberlangsungan usaha kita. Salah satu jenis penerbitan kreatif yang sedang berkembang adalah penerbitan indie.

Penerbitan indie menjadi lahan bisnis menjanjikan. Apalagi maraknya platform menulis daring berisi penulis-penulis pemula yang juga mencari kesempatan menerbitkan buku-buku mereka dengan harga terjangkau tanpa direpotkan proses panjang.

Yang manarik dari bisnis ini adalah kita tidak perlu mengularkan modal yang besar. Dan dari sisi pekerja juga biasanya tidak banyak, kadang hanya dua atau tiga orang saja, bahkan ada yang mengerjakan bisnis ini seorang diri.

15. Seni Rupa

Kata siapa seniman tidak bisa menghasilkan uang banyak? Sekarang bisnis seni rupa merupakan bisnis yang menjanjikan dengan tawaran keuntungan yang besar.

Mari kita buang jauh jauh anggapan negarif bahwa menjadi seniman hanya bisa menghasilkan karya tanpa bisa menghasilkan uang. Buat kalian yang suka seni tidak usah berkecil hari nyatanya sekarang banyak senimana yang bisa survive lewat karya karyanya

Beberapa jenis seni rupa yang bisa menghasilkan uang adalah Desain Grafis, Lukisan Digital, Lukisan Kanvas, Custom Airbrushing Interior dan Eksterior, Make Up Artist (MUA) ,Melukis Tato, Pameran Lukisan (Art Dealer) dan masih banyak lainnya.

Jika kita memiliki bidang seni di atas atau yang lainnya hanya diperlukan kesabaran dan ketekunan untuk menciptakan karya yang berkualitas sehingga memiliki nilai jual.

16. Televisi dan Radio

Di tengah gempuran teknologi bisnis televise dan radio dianggap sedang diujung maut. Namun nyatanya bisnis ini masih bertahan hingga sekarang.

Karena hanya diperlukan adaptasi dan inovasi ke dunia digital untuk membuat televise dan radio tidak ditinggalkan dan jelas tetap ada pangsa pangsanya tersendiri dalam industry kreatif ini.

Jika kita tadi membicarakan perusahaan besar, coba kita lirik usaha service dan radio malah sekarang dengan semakin berkembangnya teknologi pemilik jasa ini semakin mendulang banyak keuntungan.

Karena semakin banyak orang yang mereparsi alat elektroni seperti televise dan radio yang sudah menjadi kebutuhan dalam era modern seperti sekarang.

Itulah tadi beberapa bentuk industry kreatif yang ada di Indonesia, ada yang terus berkembang namun ada juga yang mendapat kerugian hasil dari perkembangan teknologi.

Apapun pilihan bisnis kreatif yang nanti kita coba. Kusuksesan datang bukan tanpa perjuangan, kita harus benar benar berusaha dengan kerja keras untuk memperolehnya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.   

Baca juga: Menggiurkan! Berikut Ide Bisnis Kecantikan yang Menjanjikan