Menggiurkan! Inilah 10 Peluang Bisnis Pertanian yang Menguntungkan

Copytrade.blog – Memulai bisnis pertanian di era sekarang merupakan pilihan bisnis yang menjanjikan, karena permintaan pasar kian hari kian meningkat. Namun sayangnya justru banyak orang tidak tertarik terjun ke bisnis pertanian. Apalagi bagi kaum muda milenial bisnis pertanian merupakan bisnis yang nilainya tidak seberapa dan dipandang tidak keren.

Anak muda sekarang cenderung menginginkan menjadi pekerja kantoran ketika pun harus terjun ke dunia bisnis jarang anak muda yang memilih bisnis pertanian meskipun orang tua mereka merupakan seorang petani.

Selain dipandang tidak pretise pengetahuan tentang bisnis pertanian relatif minim sehingga banyak orang yang enggan memilih bisnis ini untuk menggenjot ekonomi mereka.

Sekilas memang bisnis pertanian adalah bisnis yang ribed untuk dijalankan apalagi pertanian erat kaitannya dengan berbagai ancama yang menghantui seperti gagal panen, hawa penyakit dan lain sebagainnya.

Padahal kalau kita mau berpikir lebih jernih segala bentuk bisnis mempunyai risiko masing-masing untuk dijalankan.

Salah satu kelebihan bila kita terjun di bisnis pertanian adalah bisnis ini tidak pernah mati justru permintaan stok pertanian semakin tinggi. Selain itu biaya modal untuk memilih bisnis pertanian relatif sedikit jika dibandingkan dengan bisnis lain.

Terlebih lagi ketika kita mempunyai lahan sendiri untuk bisnis pertanian maka akan sangat dapat menekan biaya modal dalam bisnis ini.

Selain lahan yang tak kalah penting ketika akan terjun ke bisnis pertanian adalah memikirkan saluran irigasi, karena selain pupuk justru air merupakan kebutuhan pokok dalam bisnis ini.

Pastikan bahwa lahan yang kita siapkan untuk bertani mempunyai saluran irigasi yang baik jika belum makan kita harus membuat saluran irigasi terlebih dahulu. Jika memang tidak memungkinkan maka entah dengan cara apa kesediian air untuk merawat tanaman harus selalu terjaga dengan baik.

Baca: Peluang Bisnis Kaki Lima, Modal Sedikit Untung Selangit

Nah pada kesempatan ini copytrade.blog akan mengulas bisnis pertanian yang menjanjikan dimasa sekarang dan bisa mengantarkan kita ketangga kesuksesan. Diambil dari beberapa sumber. Berikut ulasannya;

1. Bertani Rempah

Selain pangsa domestik kini justru rempah-rempah banyak dicari di Negara lain, karena memang rempah-rempah dikenal memiliki banyak kasiat untuk tubuh manusia.

Jenis tanaman rempah-rempah yang banyak dicari contohnya cengkih, jahe dan masih banyak yang lainnya. Sehingga memilih bisnis rempah-rempah merupakan bisnis yang menjanjikan dimasa sekarang.

Harga jual untuk tanaman rempah juga sangat menggiurkan dari hasi bertani rempah kita bisa mendapatkan omzet puluhan juta sekali panen. Selain itu biaya modal pun tidak terlalu besar.

2. Bertani Sayuran Organik

Banyak orang sadar akan bahayanya pupuk pabrikan bagi kesehatan khususnya bagi orang-orang modern yang tinggal diperkotaan. Memulai bisnis pertanian tanaman organik merupakan salah-satu peluang bisnis yang menjanjikan dalam sektor pertanian.

Selain lebih sehat dan aman dikonsumsi bagi manusia tanaman organik juga terlihat lebih segar, biaya modal pun relatif sedikit dari pertanian biasa dan yang menarik adalah harga jualnya yang terbilang tinggi karena banyak konsumen yang mencari jenis pertanian organik untuk dikonsumsi karena bebas pestisida.

Melihat kenyataan di atas terjun ke bisnis pertanian organik merupakan pilihan yang menarik selain pangsa yang semakin meluas keuntungan yang ditawarkan dalam bisnis ini terbilang tinggi.

3. Bertani Tanaman Obat

Meski perkembangan teknologi farmasi semakin maju namun nyatanya masih banyak orang yang lebih tertarik mengkonsumsi jenis tanaman herbal untuk kesehatan tubuhnya.

Oleh karena itu memilih bisnis pertanian tanaman obat-obatan merupakan pilihan bisnis yang pas dimasa sekarang, ditambah lagi kecenderungan orang sekarang yang banyak memilih pengobatan alternatif untuk menyebuhkan sebuah penyakit.

Tidak hanya untuk obat tanaman ini juga bisa menjaga stamina tubuh agar lebih segar dan prima untuk menjalankan aktivitas yang semakin padat.

4. Betani Buah Organik

Selain sayuran organik yang mulai diminati masyarakat tak berbeda jauh juga dengan buah-buahan organik, kini banyak masyarakat yang justru mencari buah-buahan organik untuk dikonsumsi.

Selain lebih sehat tanaman organik juga diminati masyarakar karena hasil buah dari tanaman ini lebih segar dan enak karena terhindar dari pertisida.

Pangsa yang luas dan kesadaraan masyarakat mengenai kesehatan terbilang tinggi maka tidak ada salahnya untuk memulai bisni ini. Selain manjanjikan keuntungan yang banyak kita juga tidak direpotkan dengan kesulitan menjual hasil pertanian kita, karena sekarang justru banyak penjual yang memburu para petani organik.   

5. Bertani Bibit Tanaman

Baik sayuran maupun buah kini banyak permintaan terkait bibit tanaman tersebut, menjual bibit tanaman merupakan salah-satu pilihan yang bisa kita pilih jika kita akan terjun ke dunia pertanian.

Menjual bibit tanaman risikonya pun minim dibandingkan ketika kita menjual tanaman atau buah yang siap dikonsumsi, selain itu modal untuk memulai bisni ini sedikit karena bisa menekan biaya pupuk dan perawatan.

Namun juga ada risiko yang harus siap dihadapi. Bertani bisnis bibit tanaman sangat rentan terhadap penyakit, jadi kita harus sabar, telaten dan pandai mengamati kondisi bibit tanaman jika kita mau sukses di bisnis ini.  

Baca: Anda Lulusan IT? Berikut Bisnis Menjanjikan Buat Kalian

6. Menjual Alat Pertanian

Sayuran maupun buah-buahan dan jenis tanaman yang lain tidak serta merta hadir tanpa alat pertanian yang menunjangnya. Bisnis menjual alat pertanian bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba.

Pangsanya pun besar untuk para petani, dan kebutuhan petani untuk alat pertanian pun terbilang tinggi.

Kita bisa menjual alat-alat pertanian tradisional seperti cangkul, sabit dan lain sebagainya, dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat kita juga bisa menjual alat pertanian modern yang juga sudah mulai digunakan oleh para petani di Indonesia.   

7. Membuat Pupuk Pertanian

Bisnis pertanian yang tidak kalah menjanjikan adalah membuat pupuk, ini bisa menjadi peluang bisnis bagi kita yang terkendala degan lahan, hasilnya pun selatif sama dengan menanam jenis pertanian.

Bahkan kini permintaan pupuk semakin tinggi karena bisa dipastikan para petani sangat memerlukan pupuk demi hasil yang lebih baik, dan tidak ada tanaman yang tidak memerlukan pupuk.

Membuat pupuk merupakan bisnis pertanian yang menjanjikan apalagi ketika kita bisa mengolahnya sendiri, jenis pupuk yang peminatnya tinggi di pasararan merupakan jenis pupuk organik.

8. Bisnis Tanaman Hias

Belakangan banyak orang yang tertarik membeli tanaman hias untuk memperindah lingkungan rumahnya. Melihat itu peluang bisnis tanaman hias kini terbuka lebar, selain menguntungkan bisnis tanaman hias relatif lebih mudah untuk merawatnya.

Tak hanya rumah, tanaman hias kini mulai dilirik oleh gedung perkantoran dan taman kota juga dalam sektor pariwisata, sehingga memilih bisnis ini mempunyai prospek yang baik untuk jangka panjang

Apalagi jika kita mempunyai hobi serupa maka menjalankan bisnis tanaman hias akan lebih mengasyikan karena dari hobi bisa menghasilkan pendapatan yang terbilang cukup tinggi.

9. Pengepul Padi

Jika kita tidak mau berkutat dalam lahan pertanian memilih bisnis menjadi pengepul padi dari pertani merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Kita tak perlu repot-repot menanam dan merawat tanaman namun kita bisa mendaptakan hasil yang tinggi dalam bisnis ini.

Apalagi padi merupakan jenis makanan pokok masyarakat Indonesia, beras merupakan barang konsumtif yang dibutuhkan oleh orang dalam kehidupan sehari-hari, bahkan ada anggapan yang mengatakan kalau belum makan nasi maka belum dikatakan makan.

Melihat kenyataan itu peluang bisnis ini terbilang tinggi selain pangsa yang terbuka luas bisnis ini jelas tidak ada matinya hingga kapanpun karena memang sudah menjadi kebutuhan pokok setiap manusia.  

10. Bertani Bawang

Bagi para ibu rumah tangga bila akan memasak maka akan membutuhkan bumbu untuk lebih menyedapkan rasa makanan, salah satu bumbu yang harus ada adalah bawang merah dan bawang putih.

Untuk itu tidak ada salahnya bagi kita yang akan memulai bisnis pertanian memilih bertani bawang, selain pangsa yang besar karena sebagai salah satu kebutuhan pokok. petani bawang di Indonesia juga terbilang masih sedikit.

Kebanyakan bawang yang berada dipasaraan saat ini merupakan bawang impor dari Negara lain, karena petani bawang di Indonesia belum bisa mencukupi permintaan pasar dalam negeri.

Nah itulah tadi beberapa bisnis pertanian yang bisa kita pilih, apapun jenis bisnis pertanian yang akan kita ambil, kerja keras dan ketelatenan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam suatu bisnis. Semoga bisa menginspirasi dan terimakasih.  

Baca juga: Peluang Bisnis Kaki Lima, Modal Sedikit Untung Selangit