Adakah Indonesia? Berikut Negara Ramah Investasi Diburu Oleh Investor Dunia

Copytrade.blog – Jika suatu Negara ingin maju dari sisi ekonomi maka tidak bisa dielakan lagi harus mau membuka diri dalam segi investasi. Namun sayangnya tidak setiap Negara ramah terhadap investasi, bahwa syarat syarat tertentu memang wajib dimilili itu iya. Untuk melindungi  para investor lokal. Namun kita juga meski sadar pentingnya investasi pada masa sekarang.

Dengan hadirnya pasar bebas yang semakin pesat maka suatu Negara atau instansi perusahaan mau tidak mau harus bisa menyesuaikan jika tidak mau tertinggal dari Negara lain. Salah satunya dengan melonggarkan investasi dari negara lain.

Itu tidak serta merta gampang diwujudkan, karena mengundang investor ke suatu Negara juga diperlukan perangkat yang menarik sehingga investor dunia mau menyertakan modal mereka ke suatu Negara.

Hal yang mendasar adalah regulasi. Sebagai suatu Negara yang membuka investasi asing sudah seyogyanya membuat regulasi yang tak berbelit guna kenyamanan para investor dunia dalam menanamkan modal mereka ke tanah air.

Investasi di Indonesia sendiri secara umum mengalami kenaikan yang singnifikan. Kini telah banyak investor asing yang telah menanamkan modalnya di Indonesia.

Namun ternyata bagi sebagian investor dunia menanamkan investasi di Indonesia merupakan pilihan kesekian dari Negara Negara lain yang lebih terbuka dalam investasi asing. Karena perangkat penunjang investasi di Indonesia belum sebaik Negara lain.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, laporan Bank Dunia menyoroti empat faktor sebuah negara dinyatakan layak sebagai lokasi investasi.

Pertama sumber daya manusia, yakni bagaimana pengembangan sumber daya manusia di suatu negara sejalan dengan prinsip tumbuh kembang bisnis. Ini berarti bahwa tingkat daya saing suatu masyarakat sangat menentukan perkembangan investasi di negara tersebut.

Faktor kedua adalah lingkungan, yang mencakup kondisi secara umum sebuah negara. Tidak peduli apa ideologi yang dianut, jika suatu negara berhasil menjaga stabilitas politik dan keamanannya, maka investor akan tertarik menanamkan modal. Selain itu, adanya kepastian hukum juga sangat diperhatikan investor guna memberikan rasa aman.

Ketiga adalah hubungan sebuah negara dengan wilayah sekitarnya dan juga dunia. Jika suatu negara mengalami konflik dengan bangsa lain, atau berada dalam posisi yang tidak menguntungkan bagi investor untuk masuk, maka bisa dipastikan akan mengalami kelesuan ekonomi.

Adapun faktor keempat adalah tentang kerangka kerja negara, yang mendorong baik individu maupun perusahaan untuk berinvestasi di sumber daya alam, pasar, teknologi, atau negara tertentu. Kerangka kerja negara dinilai penting karena menjadi panduan bagi investor dalam memasuki sebuah negara, dan memprediksi masa depan investasi yang akan ditanamkan.

Itulah beberapa faktor yang harus dipenuhi jika ingin mendatangkan investasi dunia kesuatu negara, meski dikatakan investasi asing di Indonesia meningkat, namun beberapa faktor tadi yang masih menjadi penghambat untuk Indonesia dalam menjaring investor dunia untuk mau menyertakan modalnya berinvestasi di Indonesia.

Indonesia masih kalah jauh dari Negara Negara lain soal mendatangkan investasi asing. Nah kali ini copytrade.blog akan merangkum beberapa Negara yang ramah terhadap investasi asing dikutip dari beberapa sumber. Berikut ulasannya;

Baca: Menguntungkan! Berikut Bisnis Peternakan Potensial yang Menjanjikan

PBB lewat organisasi perdagangan dan pembangunan (UNCTAD),  menyatakan ada beberapa Negara yang mampu menarik investasi asing dalam jumlah besar. Adakah Indonesia? Berikut ulasannya dilansir dari beberapa sumber;

1. Amerika Serikat

Siapa yang tidak mengenal salah satu Negara adidaya ini. Ya, Amerika Serikat. Amerika Serikat terkenal dengan ramahnya investasi asing untuk para investor dunia. Aliran investasi asing di Negara tersebut bekisar US$ 311 miliar.

New York Stock Exchange (NYSE), bursa saham terbesar di Amerika Serikat kini membuka lebar lebar untuk para investor dunia untuk menanamkan modalnya kebeberapa perusahaan besar yang tergabung dalam organisasi tersebut.

Namun begitu meski Amerika Serikat terkenal sebagai Negara Kapitalis. Kebanyakan penguasa saham mayoritas masih diduduki oleh orang lokal. Memang ada beberapa perusahaan yang membatasi diri kepada para investor asing.

2. China

Diperingkat kedua sebagai Negara yang ramah investasi asing diduduki oleh Negara tirai bambu yaitu China. Seperti yang kita ketahui kini China meruapakan Negara dengan ekonomi terkuat di dunia. Ini terjadi setelah Negara tersebut membuka diri kepada dunia luar. Karena dulu China merupakan Negara tertutup.  

Kini China meraup Aliran investasi asing sebesar US$ 144 miliar, dimana pasar terbesar China lahir dari sektor teknologi dan perdagangan.  

Dengan kemajuan ekonomi tersebut kini China menjelma menjadi salah satu Negara adidaya yang menyaingi Amerika serikat. Bahkan dalam beberapa faktor perdagangan kini China jauh lebih unggul.

3. Belanda

Negara salanjutnya yang terkenal ramah investasi asing adalah Belanda.  Aliran investasi asing di Belanda diprediksi sekitar US$ 68 miliar menjadikan Negara ini salah satu Negara investasi terbaik di dunia.

Belanda merupakan salah satu Negara maju di kawayan Eropa. Negara yang identik dengan kincir angin ini merupakan Negara yang juga kuat dalam sektor ekonomi.

Dengan membuka investasi asing kepada dunia luar, kini Belanda menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia yang sangat diperhitungkan.  

4. Irlandia

Irlandia terletak di Barat Eropa. Negara ini termasuk dalam Negara maju yang ramah investasi asing dilaporkan nilai investasi asing Negara tersebut mencapai US$ 66 miliar.

Negara ini merupakan salah satu Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sehingga sumber daya manusia bisa bersaing dengan Negara maju lainnya.

Faktor SDM ini juga menjadi salah satu daya tarik oleh para investor dunia guna menanamkan modalnya ke Negara tersebut.

5. Australia

Negara Australia berbatasan dengan Benua Indonesia. Negara ini sekarang menjelma menjadi Negara maju dengan perekonomian terkuat di dunia.

Sebagai Negara maju Australia juga terkenal ramah investasi kepada investor dunia nilai aliran investasi asing Negara tersebut ditaksir sebesar US$ 60 miliar.

Menjadikan Negara tersebut sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia yang disegani khusunya diwilayah Asia. Negara ini juga dikenal sebagai patner ekonomi Indonesia. Dengan berbagai kerjasama yang sudah dijalankan.

6. Brazil

Banyak orang megenal Brazil dengan bakat luar biasa dalam dunia sepak bola. Memang banyak pemain bola kelas dunia lahir dari negeri tersebut. Namun dibalik itu ternyata Brazil dikenal juga sebagai salah satu Negara dengan investasi asing paling ramah di dunia.

Aliran investasi asing di Negara tersebut diprediksi sekitar US$ 60 miliar. Kini Brazil merupakan  salah satu Negara berkembang yang diprediksi akan menjadi Negara maju dan mampu menguasi perekonomian dunia.

Investasi asing merupakan salah satu faktornya dinama Negara tersebut semakin terus berkembang dari sisi ekonominya.

7. Singapura

Singapura merupakan Negara kecil diwilayah Asia Tenggara. Meski kecil Negara ini terkenal merupakan salah satu Negara dengan investasi asing paling ramah di dunia. Aliran investasi asing di Singapura ditaksir sekitar US$ 58 miliar.

Kini Negara Singapura merupakan Negara maju di kawasan Asia bahkan dunia. Ditunjang dari etos kerja masyarakatnya yang memang luas biasa tinggi, menjadikan Negara ini menjadi salah satu magnet investor asing yang akan menanamkan modalnya di negara tersebut.

Angka penganguran di Singapura sangat kecil. Karena SDM di Singapura terkenal berkualitas, maka banyak perusahaan yang justru mau menunggu para pelajarnya untuk menyelesiakan pendidikannya guna bekerja disuatu perusahaan di Negara tersebut.

Itulah tadi beberapa Negara yang terkenal ramah terhadap investor dunia. Ada beberapa faktor penunjang yang mesti disiapkan untuk mendatangkan para investor kelas dunia. Dan mau tidak mau Negara kita harus mempersiapkan beberapa faktor tersebut, supaya Indonesia tidak semakin tertinggal dari Negara lain.

Karena investasi asing merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sisi ekonomi suatu negara dan bisa membuka lapangan pekerjaan yang besar. Sekian semoga bermanfaat.  

Baca juga: Termasuk Indonesia? Inilah 12 Negara dengan Ekonomi Terkuat di Dunia