Inilah, 7 Negara Paling Makmur di Dunia

Copytrade.blog – Setiap Negara pasti menginginkan negaranya menjadi makmur. Dengan menjadikan negaranya makmur akan lebih menjamin kehidupan warganya.

Manfaat lain ketika suatu Negara makmur adalah dapat meminimalisir kesenjangan ekonomi antar individu sehingga menyebabkan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat dan dapat menghindari kecemburuan sosial yang rentan akan perpecahan suatu Negara.

Dengan menjadi Negara makmur akses kehidupan akan lebih mudah dan bisa mengangkat sumber daya manusia suatu bangsa. Akses seperti pendidikan dan kesehatan akan dengan mudah bisa dijamin oleh Negara.

Lewat kemudahan kemudahan tersebut akan menciptakan kondisi masyarakat yang lebih berdaya guna dan tentunya hidup lebih bahagia.

Baca : Negara Islam Terkaya di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Nah kali ini copytrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber Negara paling mamur di dunia. Berikut ulasannya:  

Legatum Institute dalam survainya pada tahun 2018 merilis Negara paling makmur di dunia, penilainya berdasarkan pada beberapa hal yakni kualitas ekonomi, lingkungan bisnis, pemerintahan, kebebasan personal / individu, modal sosial, keselamatan dan keamanan, sisi edukasi, kesehatan, dan lingkungan alam.

1. Norwegia

Norwegia, adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia.

Negara ini menempati peringkat satu dunia sebagai Negara termakmur, dari hasil survai legatum institute Negara ini unggul dalam penilaian keselamatan dan keamanan, serta modal sosial.

Maka tak jarang angka kriminalitas di Norwegia sangat rendah, bahkan hebatnya penjara penjara di Negara ini banyak yang kosong tak berpenghuni karena saking jarangnya tindakan kriminalitas pada Negara tersebut.  

Negara ini juga terkenal memiliki salah satu system pendidikan terbaik di dunia. Yang diterapkan jauh jauh hari sejak taman kanak kanak. Pendidikan disebut menjadi pondasi awal negar ini menjadi makmur.

Tidak hanya mengandalkan sumber daya alam Negara ini lebih mengandalkan sumber daya manusianya untuk meningkat level ekonomi suatu Negara. Dan terbukti dengan sumber daya manusia yang berkualitas Negara ini menjadi salah satu Negara makmur di dunia.

2. Selandia Baru

Selandia Baru adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik; kira-kira 1.500 kilometer di tenggara Australia. Sama halnya dengan Norwegia yang menyebabkan Negara ini makmur karena sumber daya manusia yang berkualitas.

Negara ini dikenal memiliki system pendidikan yang berkualitas, bahkan banyak Negara Negara yang mengadopsi system pendidikan dari bekas jajahan Inggris tersebut.

Lewat sumber daya manusia yang berkualitas Selandia Baru dikenal memiliki tingkat tolerasi yang tinggi. Ada banyak agama yang  dianut oleh masyarakatnya dan mereka bisa hidup berdampingan antara yang satu dengan yang lain. Ini menyebabkan keadaan damai, aman dan tenteram.

Selain memiliki system pedidikan yang bagus Negara ini juga memiliki alam yang indah sehingga banyak turis datang ke Negara tersebut untuk menikmati keindahan alam yang eksotik di Selandia Baru. Film film terkenal Hollywood seperti the hobbit sering memanfaatkan keindahan alam di Negara tersebut untuk shooting.  

3. Finlandia

Republik Finlandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di Eropa Utara, serta anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia. Negara ini dikenal memiliki keindahan alam yang nyata dan budaya yang unik.

Selain menduduki peringkat ke-3 paling makmur di dunia, Negara ini juga menjadi Negara paling bahagia di dunia pada tahun 2019.

Selain menjadi Negara paling bahagia Negara ini juga menjadi salah satu Negara yang paling aman dan layak dihuni. Sama seperti Negara makmur lainnya di Finlandia angka kriminalitas sangat rendah.

Selain itu tingkat korupsi di Finlandia disebut sangat rendah. Bahkan, kepolisian di Finlandia disebut sebagai polisi paling dapat dipercaya di dunia. Dari hasil survei, hampir tak ada tindakan korupsi dan kebrutalan yang dilakukan lembaga kepolisian Finlandia.

4. Swiss

Swiss adalah sebuah negara federal di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman di utara, Prancis di barat, Italia di selatan, Liechtenstein dan Austria di timur

Swis yang kita kenal adalah Negara penghasil coklat yang berkualitas selain itu juga dikenal sebagai tempat brand brand jam tangan yang mewah. Satu hal lagi industri perbankan di Negara ini dikenal menjadi salah satu yang terbaik di dunia.  

Negara ini menempati posisi ke-4 sebagai Negara paling makmur di dunia. Karena beberapa faktor salah satunya ekonomi, tapi tidak hanya itu Swiss juga dikenal sebagai Negara makmur karena Negara ini merupakan Negara yang aman.

Swiss menjadi negara yang memiliki masyarakat terkaya di dunia, bahakan kekayaan orang orang swiss hingga beberapa turunan tidak akan habis.

Swiss juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Bahkan beberapa bangunan hasil sejarah masih terawat dengan baik hingga sekarang. Swiss kaya dengan sejarah sebagai sebuah negara yang netral yang tak pernah ikut dalam konflik peperangan.

5. Denmark

Denmark adalah negara Nordik paling kecil di Eropa Utara. Meskipun begitu, masyarakatnya memiliki pondasi yang menjadikan Denmark sebagai negara paling Makmur.

Negara ini terkenal dengan masyarakatnya yang jujur dan beintergritas. Ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan Negara ini menjadi makmur.

Angka kejahatan di Denmark juga minim, lewat kejujuran warganya Negara ini juga terhindar dari masalah korupsi yang menjadi momok yang menakutkan bagi banyak Negara.

Denmark juga dikenal memiliki system pendidikan yang maju maka tak jarang sumber daya manusia Denmark mampu bersaing dengan Negara Negara maju yang lain.

Meski Negara ini tidak mempunyai sumber daya alam nyatanya melalui sumber daya manusia yang belulitas menjadikan Negara ini menjadi salah satu Negara makmur di dunia. Dan Negara ini merupakan Negara dengan tingkat kemiskinan terendah di dunia.

6. Swedia

Swedia, adalah sebuah negara Nordik di Skandinavia, Eropa Utara. Negara ini terkenal dengan kemajuan teknologinya yang memudahkan kehidupan masyarakatnya. Brand teknologi otomotif yang sering dijumpai di Indonesia seperti Volvo dan Scania.

Selain teknologi otomotif Negara ini juga dikenal memiliki teknologi canggih dalam urusan mendaur ulang sampah. Seperti yang sudah kita ketahui sampah merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada sebuah Negara.

Hingg pada akhirnya sampah di Swedia tidak ada lagi yang tersisa. Dan justru Negara ini bahkan memilih mengimpor sampah dari Negara tetangganya untuk di daru ulang. Ketika Negara yang lain kebingungan mengatasi sampah tapi tidak bagi Swedia. Keren banget kan!

Sama halnya dari Negara makmur lainya Swedia juga mempunyai sistem pendidikan yang sangat baik. Bahkan para pelajarnya diberikan tunjangan setiap bulan dan yang lebih mencengangkan adalah justru mahasiswa asing yang melanjutkan studi di Swedia tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis dan diberikan fasilitas dari pemerintah.

7. Inggris

Siapa yang tidak mengenal Inggris, dari dulu Negara ini merupakan Negara yang dominan dalam segala hal. Negara ini dikenal sebagai Negara yang doyan berekspasi maka tak jarang kita sekarang kerap mengenal istilah Negara persemakmuran Inggris.

Inggris menempati posisi ke-7 sebagai Negara paling makmur di dunia. Memang tidak mengherankan Inggris memang teknal menjadi Negara unggul. Salah satunya dalam bidang pendidikan.

Kita kenal Inggris memang memiliki beberapa universitas terkenal dengan kualitas terbaik dunia. Sebut saja Oxford University, Cambridge University, Sheffield University, masih banyak yang lainnya.

Lewat pendidikan ini yang menyebabkan masyarakat Inggris memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Yang menyebabkan Negara ini menjadi Negara maju dan makmur. Tikat pengangguran di Inggis sudah sangat minim yang menjadikanya sebagai salah satu Negara dengan tingkat pengganguran terendah di dunia.

Dan sekarang kita mengenal Inggris dengan Industri Sepak Bolanya yang sangat maju dan terkenal. Klub klub sepak bola seperti Liverpool, Manchester United, Arsenal merupakan klub sepak bola dari negeri Ratu Elizabeth tersebut.  

Itulah beberapa Negara paling makmur di dunia, dan ternyata sumber daya manusia merupakan salah satu kunci untuk menciptakan suatu Negara yang makmur. Jadi tidak hanya mengandalkan sumber daya alam saja untuk menjadi makmur. Suatu Negara juga harus menunjangnya dengan sumber daya manusia yang baik.

Melalui sistem pedidikan yang baik akan bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia suatu Negara. Dampaknya adalah suatu Negara akan mampu bersaing dengan Negara lain dan tidak justru semakin tertinggal.

Baca juga: Inilah, Peluang Ide Bisnis Kreatif yang Patut Dicoba