Negara Islam Terkaya di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Copytrade.blog – Negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia adalah Indonesia di wilayah Asia Tenggara, yang memiliki host sendiri 13% dari jumlah Muslim dunia

Meski memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia tidak menjamin Negara tersebut menjadi Negara kaya raya.

Pertanyannya masukah Indonesia menjadi salah satu Negara Islam terkaya di dunia? Untuk menjawab itu simak penjelasan berikut;

Negara Islam kerap dipandang sebelah mata oleh Negara Negara di kawasan Eropa dan Amerika. Dulu Negara yang masyoritas beragama Islam di cap oleh barat merupakan negara miskin dan tertinggal.

Namun setelah ditemukan sumber daya alam yang melimpah khususnya dikawasan Timur Tengah Negara Negara Islam mulai bergeliat menjadi Negara maju dan menentang dominsi barat dalam sektor pendapatan kapital ekonomi.

Baca: Peluang Ide Bisnis Properti, Mau Coba?

Dengan melimpahnya sumber daya alam seperti gas bumi dan minyak membuat Negara Negara dikawasan Timur Tengah seketikan menjadi Negara kaya raya di dunia. Memang gas alam dan minyak bumi banyak dibutuhkan oleh suatu Negara.   

Negara-negara ini dikategorikan terkaya karena angka Gross Domestic Product atau GDP per kapitanya yang besar.

Nah kali ini copytrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber Negara Islam terkaya di dunia. Adakah IndonesiaBerikut ulasannya:

1. Qatar

Qatar adalah sebuah negara emirat di Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab di Asia Barat.

Sumber kekayaan Negara ini  adalah pertambangan minyak dan gas alamnya yang melimpah hingga di ekspor ke Negara Negara eropa dengan harga yang menguntungkan.

Tidak hanya Eropa, minyak Qatar juga di ekspor kewilayah Amerika. Bahkan Amerika termasuk pengekspor terbanyak minyak dari Qatar.  

Menurut data Bank Dunia, Qatar menghasilkan pendapatan perkapita USD93.965 dan PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar USD210.002 miliar

Menjadikanya Negara Islam terkaya di dunia, hingga saat ini. Bahkan sekarang Qatar sudah mengembangkan industri lain dan tidak hanya sekedar mengandalkan sumber daya alam saja. Seperti pariwisata dan investasi. Qatar juga terkenal dangan indusri penerbangannya yang baik.

2. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab adalah sebuah negara federasi dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Tujuh emirat ini adalah: Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain.

Uni Emirat Arab menjadi Negara Islam terkaya di dunia setelah Qatar. Sama halnya seperti Negara Timur Tengah lainnya UEA juga memperoleh sumber kekayaan terbanyak dari hasil bumi.

Negara gurun dan gersang ini dulunya miskin namun setelah ditemukan minyak dan gas bumi kehidupan di Uni Emirat Arab berubah drastis. Negara ini bisa menghasilkan pendapatan perkapita USD44.770 dengan PDB USD440.181 miliar .

Sebagai Negara kaya UEA juga ternyata ramah bagi investasi dunia. Negara ini kini mulai mengembangkan investasi dan perbankan sebagai pemasukan yang tak kalah besar bagi Negara.

3. Kuwait

Negara Islam terkaya di dunia selanjutnya adalah Kuwait. Negara ini terletak di Timur Tengah dengan pemerintahan monarki. Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi dan Irak.

Kuwait bahkan memiliki cadangan minyak mentah tertinggi di dunia mecapai 104 juta barel. 10% cadangan minyak mentah dunia ada di negara ini.

Dengan sumber daya alam dan gas bumi yang melimpah Kuwait memiliki pendapatan perkapita sebesar USD43.103 dan PDB USD172.350 miliar dolar.

Sama halnya dengan Negara di kawayan Timur Tengah yang lain Negara ini mulai membuka diri bagi dunia investasi selain minyak. Kuwait juga merupakan Negara perdagangan yang besar di kawayan Timur Tengah.

4. Brunei Darussalam

Negara Islam terkaya selanjutnya adalah Brunai Darusasalam, berbeda dari dominasi Negara Islam yang lain Negara ini terletak di Asia Tenggara.  

Namun untuk soal pendapatan sama penyumbang pendapatan terbesar bagi Negara berasal dari minyak bumi dan gas alam yang merupakan setengah dari pendapatan yang diterima Negara.

Negara ini bisa menghasilkan pendapatan perkapita sebesar USD36.607 dan PDB sebesar USD15.102 miliar. Menjadikannya sebagai salah satu Negara Islam terkaya di dunia.

Negara kecil di wilayah Asia tenggara ini hanya memiliki luas wilayahnya 5.765 kilometer persegi. Meski kecil Negara ini dominan dalam hal pertumbuhan ekonomi.

5. Bahrain

Bahrain adalah sebuah negara pulau yang berada dekat pesisir barat Teluk Persia di Timur Tengah. Negara ini merupakan Negara kecil namun memiliki kekayaan alam yang melimpah.

Secara demografi hampir sama dengan Negara yang berasal dari Timur Tengah kondisi alam didominasi oleh gurun yang tandus.

Bahrain sebelum ditemukan gas alam dan minyak bumi juga merupakan Negara miskin dan tertinggal. Kondisi tersebut seketika berubah setelah sumber daya alam di Negara tersebut ditemukan.  

Bahrain memperoleh kekayaannya dari pengolahan minyak dan gas bumi. Bahrain memiliki pendapatan perkapita sebesar USD28.272 dan PDB USD33.862 miliar.

Yang menempatkannnya menjadi salah satu Negara Islam terkaya di dunia. Selain sumber daya alam kini Bahrain juga mengembagkan indusrti dan investasi yang menjadikan Negara tersebut semakin kaya.

Itulah beberapa Negara Islam terkaya di dunia. Beberapa Negara termasuk Qatar merupakan Negara terkaya di dunia.

Tidak hanya kaya raya Negara Negara tersebut kini juga menjadi Negara maju dengan ekonomi terkuat di dunia.

Kebanyakan memang hasil pendapatan Negara terbesar diperoleh dari sumber daya alam namun beberapa tahun belakangan Negara Negara tersebut juga membuka investasi dan beberapa industri yang lain yang merupakan sumber pendapatan yang lain tak kalah besar dari gas alam dan minyak bumi.

Indonesia yang merupakan Negara dengan populasi Islam di dunia belum masuk dalam jajaran Negara terkaya di dunia. Meski Indonesia juga mempunyai sumber daya alam yang melimpah namun sayangnya belum juga bisa menandingi Negara Negara tersebut.  

Baca juga: Patut Dicoba! Berikut Ide Bisnis Teknologi yang Menguntungkan