Termasuk Indonesia? Inilah 12 Negara dengan Ekonomi Terkuat di Dunia

Copytrade.blog- Kesejahteraan suatu Negara salah satunya dipengaruhi oleh faktor ekonomi. Bila ekonomi Negara kuat maka bisa berdikari dalam segala hal dan tidak bergantung pada Negara lain.  

Kuat dibidang ekonomi merupakan impian setiap Negara di dunia, karena jika suatu Negara mempunyai ekonomi yang kuat maka akan lebih mudah mengatur kebijakan yang lebih berpihak kepada rakyat.

Dengan ekonomi yang kuat pula maka akan tercipta kestabilan Negara, kesediaan pangan tercukupi, kebutuhan masyarakat juga bisa dijangkau oleh setiap lapisan. Dengan itu maka akan menciptakan kehidupan yang aman, tentram dan damai.  

Meski dengan ekonomi yang baik tidak juga bisa mejamin seratus persen masyarakatnya sejahtera tapi paling tidak faktor ekonomi yang kuat akan sangat membantu untuk mencapai keadilan sosial suatu bangsa.

Bila suatu Negara mempunyai ekonomi yang kuat juga akan memangkas kesenjangan sosil antar yang kaya dan yang miskin. Karena setiap orang mempunyai akses yang sama dalam segala bidang.

Selain itu Negara dengan ekonomi kuat juga bermanfaat bagi warganya, karena di Negara tersebut akses pendidikan, kesehatan bahkan hingga tunjangan hari tua bisa ditanggung oleh Negara.

Negara dikatakan mempunyai ekonomi kuat bisa dilihat dari perhitungan pendapatan perkapita suatu Negara yang dihitung dalam kurung waktu setahun. Secara sederhana cara menghitungnya adalah pendapatan yang dihasilkan semua penduduk dibagi dengan jumlah penduduk.  

Baca: Jaga Nilai Aset Anda dengan Menabung Emas

Nah kali ini copytrade.blog akan merangkum beberapa Negara dengan ekonomi paling kuat di dunia. Dikutip dari beberapa sumber. Berikut ulasannya;

1. Luksemburg

Dikutip dari laman id.wikipedia.org ekonomi Luksemburg bergantung pada sektor perbankan, baja, dan industri. Luksemburg adalah salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia. Luksemburg memiliki industri yang terdiversifikasi, berbeda dengan Qatar yang bergantung pada minyak bumi.

Pada tahun 2005, 46% produk domestik bruto Luksemburg berasal dari sektor keuangan. Pada tahun 2013, produk domestik bruto Luksemburg tercatat sebesar $60,54 miliar, dengan 86% di antaranya merupakan sektor jasa (termasuk sektor keuangan). Sektor keuangan meliputi 36% PDB, industri 13,3%, dan agrikultur hanya 0,3%.

Negara kecil ini hingga kini merupakan Negara dengan ekonomi terkuat di dunia dan belum ada Negara lain yang mampu mengalahkan torehan prestasi tersebut hingga sekarang.  

Kegiatan perekonomian yang menghasilakan nilai fantastis adalah investasi, perbankan, teknologi, industri baja dan industri kimia. Melalui kegiatan tersebutlah Luksemburg bisa mencapai pendapatan perkapita sebanyak 110 ribu USD atau sekitar 1,4 miyar rupiah per tahun.

2.Norwegia                                                                                             

Dikutip dari sumber yang sama Norwegia adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia.

Norwegia merupakan negara dengan kepadatan penduduk terendah kedua di Eropa. Ibu kotanaya adalah Oslo. Norwegia memiliki cadangan minyak bumi, gas alam, mineral, makanan laut, air segar yang luas. Norwegia juga penghasil minyak dan gas alam per kapita terbesar di luar Timur Tengah.

Gas alam dan mineral ini yang menyebabkan Negara Norwegia mempunyai ekonomi kuat di dunia. Tidak mengherankan karena dari sumber daya alam memang membentuk suatu Negara makmur seperti Negara-negara di Timur Tengah.

Selain dari sumber daya alam sumber pendapatan Norwegia juga berasal dari investasi dan bisnis  finansial, masyarakat Norwegia sadar benar dengan pentingnya investasi dengan menginvestasikan uangnya untuk berbagai aset.  

3. Qatar

Seperti kebanyakan Negara yang berasal dari Timur Tengah Qatar merupakan Negara dengan penghasilan melimpah hasil dari sumber daya alam, Negara ini menduduki peringkat Negara dengan ekonomi terkuat di dunia setelah Luksemburg dan Norwegia.

Bagaimana tidak, dengan kegiatan ekspor minyak dan gas tersebut, Qatar bisa meraup pendapatan perkapitanya sebesar 93 ribu USD atau sekitar 1,2 milyar rupiah per tahunnya.

Selain dari sumber daya alam yang melimpah ruah sumber pendapatan Qatar juga berasal dari sektor investasi dan pariwisata, kini pemerintah Qatar sedang gila gilaan untuk membangun infrastruktur guna semakin memperkuat ekonomi mereka.

Negara yang terkenal tandus dan panas tersebut kini memiliki ratusan gedung gedung tinggi pencakar langit dan beberapa tempat wisata buatan yang mengagumkan mata, sehingga memancing para wisatawan untuk datang ke Negara tersebut.   

4. China

Seperti halnya Amerika kini China merupakan salah satu Negara adidaya yang mampu mempengaruhi perekonomian Dunia. Pendapatan perkapita China terbilang tinggi yaitu 91 ribu USD atau sekitar 1,1 milyar rupiah per tahun, sehingga menempatkan China sebagai ekonomi terbesar ke dunai menurut GDP.

China mengusai pangsa pasar hampir di setiap Negara di dunia, kini produk dari China mudah kita jumpai dimanapun kita berada Karena memang produk dari China terkenal dengan harga yang terjangkau.

Negara tersebut juga merupakan Negara dengan pertumbuhan ekonomi paling cepat di dunia, dengan pertumbuhan peringkat rata-rata 10% selama 30 tahun terakhir.  Sektor terbesar pendaptan Negara tersebut berasal dari sektor investasi, infrastruktur teknologi, Internet of Things dan perangkat lunak.

Tidak hanya itu menurut J.P. Morgan Chase mengatakan pertumbuhan China akan berkembang dalam sektor lainnya, khususnya real estat, industri dan perawatan kesehatan.

5. Swiss

Swiss terkenal dengan produsen alat alat kesehatan dan kemajuan farmasi yang mengagumkan. Selain itu negeri ini juga terkenal dengan coklat dan brand brand jam tangan mewah di dunia.  

Dari prodesen tersebut Swiss dapat menghasilkan pendapatan perkapita sebesar 84 ribu USD atau sekitar 1,1 milyar rupiah per tahun. Tak mengherankan selain bagus juga memiliki kualitas tinggi yang banyak diminati oleh negara negara di belahan dunia.

Selain produsen brand brand kenamaan di dunia Swiss juga memperoleh pendapatan tinggi melalui sektor perbankkan. Sisitem perbankkan di swiss terkenal aman dan menitik beratkan pada kenyamanan nasabnya.

Dengan sistem perbankan yang baik mendorong orang dari Negara lain berbondong bondong menginvestasikan uangnya di bank bank yang tersedia di Swiss.  

6. Australia

Australia memiliki pendapatan perkapita yang tinggi yaitu 67 ribu USD atau sekitar 877 juta rupiah per tahun. Pendapatan paling besar di dapat dalam sektor industri yang menjadi kegiatan ekonomi paling besar di Australia.

Benua yang bertetangga dengan Indonesia ini merupakan salah satu Negara dengan ekonomi terkuat di dunia, menurut survai yang dilakukan oleh organisasi kerja sama ekonomi dan pembangunan (OECD), menggambarkan bahwa kinerja makro ekonomi Australia sangat luar biasa, dengan pertumbuhan GDP 2000 rata rata di atas 3 persen per tahun.

Selain sektor industri pendapatan tak kalah besar lahir dari bisnis perdagangan. Dikutip dari indonesia.embassy.gov.au  Nilai perdagangan barang dan jasa dua-arah Australia adalah $443,6 milyar pada 2006–2007, atau sekitar 1 persen total perdagangan dunia.

Selain itu kini Australia juga mulai merambah sektor bisnis yang lain seperti ekspor jasa dan manufaktur, lewat lini bisnis ini Australia juga mendapatkan pemasukan yang besar sehingga mampu bersaing ditengah pasar global seperti sekarang.

Baca: Mau Berinvestasi? Berikut Jenis Investasi yang Terus Tumbuh di Indonesia

7. Swedia

Negara yang terletak di kawasan Eropa bagian utara ini memiliki 60 ribu USD atau sekitar 784 juta rupiah untuk pendapatan perkapita nya. Sebelum menjadi salah satu ekonomi paling kuat di dunia Swedia pernah mengalami keterpurukan ekonomi yang parah akibat masyarakat Swedia gemar meminum alkohol yang berlebih.

Setelah mampu melewati masa masa kelam tersebut kini. Swedia menjadi Negara maju dan diperhitungkan dunia. Seperti Negara tetangganya, Finlandia,  Swedia juga terkenal dengan sistem pendidikannya yang baik yang menyebabkan SDM pada Negara tersebut mampu bersaing dengan Negara lain.   

Pendapatan terbesar Negara tersebut didapat melalui sektor sumber daya alam seperti kayu, biji besi dan aneka hasil tambang lainnya. Di Negara tersebut juga terdapat banyak perusahaan perusahaan multi internasional seperti Ikea, Scania dan Volvo.

Tidak hanya ramah investasi, Swedia juga memperhatikan lingkungan yang menjadikan Negara ini menjadi salah satu Negara terbesih di dunia, ini sekaligus menjadi magnet tersendiri bagi para investor untuk berinvestasi di Negara di semenanjung Skandinavia tersebut.

8. Denmark

Dalam survai yang baru baru ini dirilis Denmark merupakan Negara paling menyenangkan untuk dihuni, penilaian ini didasarkan atas kesehatan, kesejahteraan dan pendidikan.

Budaya kerja masyarakat Denmark menempati urutan tertinggi di Eropa yaitu sebesar 75 %. Maka dari itu tak mengherankan bila kini Denmark bisa menghasilkan pendapatan perkapita yaitu 59 ribu USD atau sekitar 777 juta rupiah per tahun ditunjang dari etos kerja yang baik.

Dengan semakin memanaskan pasar global pemerintah Denmark tak tinggal diam demi bisa bersaing dengan negara lain kini pemerintah sedag menggenjot sektor ritel, dengan melakukan langkah reformasi melalui penerapan Planning Act dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan dan memberikan kesempatan lebih luas bagi para pegusaha ritel.

Dengan mempermudah regulasi mengenai ukuran dan lokasi toko dan pemerintah kota (Kommune) diberikan fleksibilitas lebih untuk mempertimbangkan situasi dan kondisi setempat dalam proses perencanaan sektor ritel, dan mendorong peningkatan e-commerce.

9. Singapura

Singapura merupakan Negara kecil diwilayah Asia Tenggara, meski kecil negari ini merupakan salah satu Negara tekuat dalam sektor ekonomi di dunia. Masyarakat Singapura terkenal juga sangat tinggi produktifitas selain itu sumber daya manusianya sangat berkualitas.

Hal ini sebagai penunjang bagi kemajuan Negara tersebut,  selain itu, tingkat kedisiplinan orang Singapura sangat ketat sekali. Dengan kedisiplinan dan produktifitas yang tinggi itulah Singapura sekarang bisa memperoleh pendapatan perkapita sebesar 55 ribu USD atau sekitar 717 juta rupiah per tahun.

Dikutip dari laman Wikipedia, Singapura memiliki sistem ekonomi pasar berorientasi perdangangan yang maju. Ekonomi Singapura merupakan salah satu yang paling terbuka di dunia, korupsi terendah ke-7, paling pro-bisnis, dengan pajak rendah serta memiliki PDB per kapita tertinggi ketiga dunia.

Selain regulasi yang nyaman bagi para investor Negara ini juga tekenal dengan sistem pendidikan dan kesehatan yang maju, tak jarang kini banyak orang ingin mensekolahkan anaknya di Negara tersebut.

10. Amerika Serikat

Siapa yang tak kenal dengan Negara adikuasa yang satu ini, Amerika Serikat merupakan Negara besar dan merupakan salah satu ekonomi terkuat di dunia. selain itu Amerika merupakan Negara dengan importir terbesar kedua di dunia.

Amerika Serikat juga memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti minyak dan gas yang sering juga diekspor ke luar negeri. Pendapatan perkapita Amerika Serikat adalah 53 ribu USD atau sekitar 689 juta rupiah per tahun.

Selain sumber daya alam dan industri Amerika serikat juga terkenal dengan kemajuan teknologinya, baik teknologi keras maupun lunak seperti Microsoft dan Apple.

Selain itu Amerika juga maju dalam sektor persenjataan militer seperti pesawat tempur, bom dan masih banyak yang lain. Dari sektor tersebut juga menyumbang pendapatan yang besar bagi ekonomi Negara.     

11. Kuwait

Sama seperti Negara Negara asal Timur Tengah yang lain. Kuwait memperoleh pendapatan besar dalam sektor sumber daya alam. Gas alam di Kuwait biasanya diproduksi sekitar 56 triliun kaki persegi. Pendapatan perkapita Kuwait adalah 52 ribu USD atau sekitar 678 juta rupiah per tahun.

Sementara World Bank mencatat bahwa GDP (PPP) per Kapita Kuwait tahun 2018 adalah USD 34,244, atau naik sekitar 8.9% dari nilai tahun 2017 sebesar USD 31,430. Kuwait juga berhasil memperbaiki pertumbuhan ekonomi (GDP) di tahun 2018 menjadi 1.2% dari tahun sebelumnya -3.5%.

Didukung dengan demografi yang strategis selain mengandalkan sumber daya alam Kuwait juga merajai pada sektor perdagangan di Timur Tengah karena Kuwait merupakan salah satu Negara sebagai titik transit arus perdagangan. Bisnis perdagangan makanan atau buah buahan juga menjadi salah satu penunjang kebangkita ekonomi Kuwait.

Tidak hanya itu kini Kuwait juga menggarap serius bisnis investasi dan perbangkan dengan menerapkan kebijakan yang mudah diakses oleh para investor untuk menanamkan modalnya di Negara tersebut.

12. Kanada

Negara selanjutnya yang mempunyai ekonomi terkuat di dunia adalah Kanada. Negara ini berada paling ujung di Amerika Utara. Sama seperti Negara Negara kaya lainya perekonomian Kanada bertumpu pada sumber daya alam.

Negara ini terkenal sebagai produsen sumber daya alam seperti seng, alumunium, uranium, emas, zinc dan nikel yang diekspor keseluruh penjuru dunia. Sadar akan sumber daya alam yang terbatas kini Kanada juga mulai bergerak di sektor bisnis lain seperti jasa dan industri.

Menurut data dari PBB, Kanada bisa menghasilkan 51 ribu USD atau sekitar 675 juta rupiah per tahun untuk pendapatan perkapitanya. Selain sumber daya alam dan industri, penyumbang pendapatan besar lainnya adalah perdagangan.  

Pada tahun 2009, pertanian, perhutanan dan eksport sejenisnya menyumbang sekitar 58% dari jumlah keseluruhan eksport di Kanada.

Itulah dia 12 negara yang memiliki ekonomi terkuat di dunia, namun bukan berarti negara-negara yang tidak terdaftar di atas adalah negara yang miskin, dengan hadirnya Negara Negara ekonomi terkuat tersebut diharapkan Negara Negara yang lain khusunya Negara kita Indonesia bisa meniru sistem dan langkah langkah untuk membuat Negara ini semakin maju.

Tidak hanya mengharapakan sumber daya alam yang bisa habis, namun juga perlu memperahatikan sumber daya manusia agar mampu bersaing dengan Negara lain di era pasar bebas yang semakin gila gilaan akhir akhir ini. Sekian semoga bermanfaat.  

Baca juga: Menguntungkan! Berikut Bisnis Peternakan Potensial yang Menjanjikan