Nyeleneh! Berikut Nasehat Aneh Bob Sadino Bagi Para Pengusaha

Copytrade.blog – Bob Sadino selain dikenal sebagai pengusaha sukses. Juga dikenal dengan nasehat nasehatnya yang super nyeleneh.

Pria yang mempunyai nama asli Bambang Mustari Sadino lahir di Bandar Lampung, 9 Maret 1933 dengan latar belakang keluarga biasa.

Pria yang akrab dipanggil Bang Bob ini memulai usahanya dari nol. Dalam banyak kesempatan, ia sering menceritakan perjuangannya hingga beliau bisa mendapatkan kesuksesan.

Dibalik nasehat nasehatnya seringkali menggunakan diksi yang tidak biasa yang jarang dilakukan oleh para pengusaha sukses.

Penguasah sukses seringkalai menata kata katanya untuk terlihat lebih berwibawa apalagi bila didengarkan oleh orang banyak. Namun itu tidak dilakukan oleh beliau.  

Orang awam pasti kaget ketika mendengar nasehat yang keluar dari mulutnya. Karena memang kata kata yang keluar tidak biasa bahkan cenderung aneh.

Namun bagi yang sudah mengenal tabiatnya,  Bob Sadino merupakan guru yang baik bagi para pengusaha  muda dan beliau terkenal tidak pelit dengan ilmu.

Beliau juga seringkali terlibat dalam acara acara sosial guna membantu orang lain dalam meraih mimpinya.   

Orang yang identik berpenampilan nyentrik ini semasa hidupnya juga menjadi penasehat oleh beberapa perusahaan top di tanah air.

Bob Sadino memang dikenal gemar membagikan pengalamanya dalam dunia bisnis ke banyak orang, khususnya bagi orang orang yang dipandang kurang mampu. Tujuannya adalah memotivasi mereka untuk bisa sukses seperti dirinya.

Sudah tidak bisa dihitung lagi acara acara seminar bisnis yang mengundang dirinya, bahkan stasiun televis pun kerap memanggil dirinya.

Tidak hanya itu pengalaman serta stratergi dalam menjalankan bisnisnya juga dituangkan dalam puluhan buku, dan hebatanya buku tersebut selalu laris manis di pasaran.

Pengalaman dan usaha kerasnya yang membentuk dirinya menjadi pengusaha sukses. Meski beliau tidak bisa menikmati pendidikan formal seperti kebanyakan para pengusaha sukses.  

Jaringan usahanya yang mengantarkan beliau sukses bergerak di bidang pangan dan peternakan. Beliau adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick

Pengusaha yang mempunyai ciri khas menggunakan celana pendek ini dalam beberapa kesempatan sering menguapkan kata kata yang mengandung kontroversi.

Baca: Tiru Kebiasaan Ini, dan Bersiaplah Menjadi Orang Sukses

Namun dari kata kontroversi tersebut sebenarnya memiliki arti dan bisa memberikan wawasan dan pemahaman lebih dalam tentang dunia bisnis.   

Nah kali ini copytrade.blog akan merangkum nasehat nasehat nyeleneh yang pernah diucapkan oleh Bob Sadino. Dikutip dari beberapa sumber. Berikut katanya;

  1. “Mau kaya? berhentilah sekolah atau berhentilah kuliah sekarang juga, and start action, karena ilmu di lapangan lebih penting daripada ilmu di sekolahan atau kuliahan”.
  2. “Jika Ingin Bahagia (Sukses) Jangan Jadi Karyawan”.
  3. “Orang ‘goblok’ biasanya lebih berani dibanding orang ‘pintar’. Sebab, orang ‘goblok’ sering tidak berpikir panjang atau banyak pertimbangan. Sedang orang ‘pintar’ terlalu banyak pertimbangan”.
  4. “Bisnis Itu Hanya Modal Dengkul, Bahkan Jika Anda Tidak Punya Dengkul”.
  5.  “Orang pintar belajar keras untuk mendapatkan ijazah dan secepat mungkin melamar pekerjaan. Orang bodoh berjuang keras secepatnya mendapatkan uang, agar bisa membayar pelamar kerja”.
  6. “IPK Diatas 3 Koma Tanda Calon Karyawan”.
  7. “Orang bodoh itu nggak banyak mikir, yang penting terus melangkah. Orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah”.
  8.  “Dalam berbisnis, jangan terlalu memikirkan sukses. Kalau terlalu banyak memikirkan sukses, bekerja pasti dalam tekanan, tidak rileks sehingga hasil kerja tidak akan bagus. Santai saja, hilangkan semua beban, ingat sandaran itu tadi, kemauan, komitmen, keberanian mengambil peluang, pantang menyerah dan selalu belajar pada yang lebih pintar serta selalu bersyukur”.
  9.  “Silakan cari kegagalan, cari kendala Anda. Saya mengalami segunung kegagalan, kendala dan keringat dingin dan air mata darah. Tapi, saya belajar dari kegagalan dan mencari jalan keluarnya. Kegagalan adalah anugrah. Lalu, apa di balik kegagalan. Sukses adalah titik kecil di atas segunung kegagalan”.
  10. “Setinggi-tingginya gaji, Anda tetap karyawan, Sekecil-kecilnya usaha Anda adalah Bosnya.”
  11. “Sekolah terbaik adalah sekolah jalanan, yaitu sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya supaya kreatif”.
  12. “Orang goblok susah dapat kerja akhirnya buka usaha sendiri. Saat bisnisnya berkembang, orang goblok memperkerjakan orang pintar”
  13. “Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak”
  14. “Bergayalah sesuai isi dompetmu, yang beneran punya gak akan banyak bicara seperti mereka yang berlaha Sok Punya”
  15. “Bodoh adalah kunci sukses, Malas adalah pangkal melarat, pesimis kunci sengsara”
  16. “Banyak Orang yang bertanya ‘Bisnis apa yang bagus? Bisnis yang bagus bisnis yang dibuka, bukan ditanyakan terus”
  17. “Banyak orang bilang saya gila, hingga akhirnya mereka dapat melihat kesuksesan saya karena hasil kegilaan saya”
  18. “saya bisnis cari rugi, sehingga jika rugi saya tetap semangat & jika untung maka bertambahlah syukur saya”
  19. “Tetaplah goblok, jadilah kaya, be entrepreneur, gajilah orang pintar”
  20. “Kebanyakan orang merasa sukses itu adalah hasil jerih payah diri sendiri, tanpa campur tangan ‘TUHAN’. Mengingat TUHAN adalah sebagai ibadah vertikal dan menolong sesama sebagai Ibadah Horizontal”

Itulah beberapa nasehat nyeleneh Bob Sadino. Banyak hal-hal di luar batas kewajaran  yang dilakukan beliau dimasa hidupnya, banyak orang mengangap beliau gila, padahal sesungguhnya Bob Sadino merupakan gambaran  entrepreneur sesungguhnya.

Bob Sadino mengungkapkan bahwa riwayat pendidikan tidak menjamin kesuksesan seseorang. Tempat belajar sesungguhnya adalah dari pengalaman sehari hari, karena itu justru seorang pengusaha bisa melihat jeli peluang yang ada dan berani untuk mengambilnya.

Baca Juga: Bangkit! Inilah 60 Motivasi Bisnis Dahsyat Membuat Kita Kembali Bersemangat