Metaverse dan pengertainnya yuk Ketahui serta kenali lebih dalam

Apakah kalian pernah mendengar istilah metaverse? Mungkin istilah yang banyak diperbincangkan ini semakin sering terdengar ditelinga kita. Namun, belum banyak yang menyadari mengenai makna dan arti dari metaverse itu sendiri.

Maka dari itu, mari mengenal dan mengetahui lebih dalam lagi mengenai metaverse. Mulai dari sejarah metaverse sendiri yang dikenalkan oleh presiden Facebook, Mark Zuckerberg beberapa bulan lalu.

Tepatnya, pada 28 Oktober 2021 Mark resmi mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc., atau disingkat menjadi Meta. Dan memberikan konsep dasar ini kepada dunia.

Menurut CNBC Perlu diketahui jika metaverse sendiri adalah istilah yang sulit untuk dijelaskan saat ini, mengingat bahwa metaverse adalah konsep yang belum tentu akan ada atau masih dalam proses pengembangan. Sehingga belum ada pengertian resmi mengenai konsep tersebut.

Namun, pada akhirnya Mark Zuckerberg sebagai pemilik Facebook mengungkapkan saran perubahan arah yang patut untuk diperhatikan. Karena istilah ini sendiri bukan hal yang baru.

Orang yang pertama kali menyebutkan istilah ini adalah Neal Stephenson dalam bukunya yang berjudul “Snow Crash” di tahun 1992.

Istilah yang disebutkan dalam novel atau buku tersebut merujuk pada dunia virtual 3D yang dihuni oleh avatar orang sungguhan. Namun, pengertian ini tidak dapat diterima secara universal, hanya sebagai rujukan.

Jadi untuk mempermudah memahami apa itu metaverse adalah sebuah konsep yang memungkinkan diri kita masuk kedalam lingkungan virtual yang sebelumnya hanya melihat saja melalui layar.

Sehingga metaverse yang diungkapkan oleh pendiri Facebook ini memungkinkan orang-orang dapat membuat dan menjelajahi seperangkat ruang virtual bersama pengguna internet lain yang tidak berada di ruang fisik yang sama, singkatnya berada di tempat yang berbeda.

Apakah metaverse hanya bisa digunakan untuk menjelajah saja?


Jawabannya tidak. Karena pada konsep yang diperkenalkan oleh Facebook, dalam metaverse sendiri kalian dapat melakukan banyak hal. Sebagai contoh mengunjungi konser virtual, museum seni, dan melakukan perjalanan virtual ke berbagai tempat.

Selain itu, kalian juga dapat merasakan permaian game secara langsung di dunia virtual yang telah diciptakan. Hebat bukan?

Menariknya disini adalah semua hal yang dilakukan sekali lagi adalah virtual sehingga semuanya bisa dilakukan dari jarak jauh, tanpa mengenal jarak dan ruang.

metaverse
Sumber: Freepik

Hal ini dapat digunakan untuk membawa perubahan yang signifikan di masa pandemi covid-19 yang berkepanjangan. Contohnya, para karyawan dapat mengikuti suatu konferensi secara langsung di ruangan namun tetap berada di rumah masing-masing.

Facebook sendiri diketahui telah menerapkan konsep yang mereka kenalkan untuk karyawannya. Perusahaan tersebut meluncurkan sebuah software meeting bernama “Horizon Workrooms” yang digunakan bersama headset Oculus VR.

Lalu, konsep metaverse ini tidak hanya bisa diterapkan oleh Facebook saja. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang teknologi seperti Microsoft dan pembuat chip Nvidia juga telah membicarakan mengenai konsep ini.

baca juga: Kalian Boros, 5 Aplikasi Ini Dapat Bantu Kelola Keuangan Loh

Beberapa perusahaan lain juga tengah berlomba-lomba menunjukkan kontribusi untuk konsep ini dan membangun dunia metaverse milik mereka sendiri untuk menjangkau dunia yang akan lebih maju dibandingkan sekarang.

Nah itulah informasi mengenai apa itu metaverse dari awal mula dipopulerkan kembali ke-dunia setelah kemunculannya puluhan tahun lalu.

Hingga perkembangan setiap harinya dapat kalian lihat, berbagai percepatan pertumbuhan teknologi sangat terlihat setiap harinya. Ini kesempatan kalian untuk berpikir kritis bagaimana dampak yang akan ditimbulkan dari metaverse untuk dunia.

Berbagai sumber