Mengenal Sejarah Cryptocurrency, Mata Uang Digital yang Diminati

cryptocurrency freepik

Belakangan ini, kalian mungkin tidak asing dengan istilah Cryptocurrency. Istilah ini kerap menjadi bahan perbincangan dari berbagai kalangan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, membuat cryptocurrency semakin dikenal walaupun telah memiliki sejarah yang panjang.

Tepatnya mulai tahun 2013, cryptocurrency menarik perhatian dunia dengan banyaknya media memberitakan mengenai mata uang digital yang menimbulkan pro dan kontra. Kenapa hal ini terjadi?. Sebelum membahas lebih dalam, kalian perlu mengetahui apa itu cryptocurrency.

Cryptocurrency adalah mata uang digital. Mata uang digital ini tidak memiliki bentuk fisik tapi memiliki nilai yang cukup tinggi dan sah sebagai alat tukar digital yang ternskripsi. Sehingga saat melakukan transaksi, data diri pihak pertama dan kedua akan terjaga.

Jadi, walaupun belum ada perizinan yang pasti, Cryptocurrency tetap sah untuk digunakan. Lalu yang perlu kalian ketahui, cryptocurrencies ini telah muncul mulai tahun 1983 dan diperkenalkan oleh David Chaum yang merupakan ahli kriptografi asal Amerika Serikat. Dirinya menggunakan uang digital kriptografi yang diberi nama e-cash.

Kemudian pada tahun 1995, Digicash pertama kali dibuat untuk bentuk awal pembayaran kriptografi elektronik. Setelah itu, berlanjut pada tahun 1998 seseorang bernama Wei Dai mengembangkan konsep B-money, yaitu sistem distribusi uang elektronik secara anonim. Sehingga keamanan pengirim dan penerima dapat terjaga.

Konsep ini terus berkembang hingga tahun 2008, setelah muncul sebuah jurnal dari Satoshi Nakamoto (nama samaran) berjudul “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System”. Dalam jurnal ini, dijelaskan mengenai konsep Bitcoin yang ia ciptakan.

bitcoinfreepik

Bitcoin adalah salah satu jenis mata uang crypto yang paling populer hingga sekarang. Namun, pada awalnya pria misterius yang tidak diketahui identitas-nya hingga sekarang itu pada awalnya meluncurkan Bitcoin sebagai sebuah software.

Hal unik yang sering terjadi adalah, perusahaan penyedia cryptocurrency membuat mata uang mereka sendiri yang disebut sebagai “Token”.
Kembali lagi, bitcoin dibuat untuk memulai era pemrosessan yang telah di record dan telah diverikasi oleh blockchain. Mulai saat ini lah, mata uang digital crypto terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 2011, beberapa mata uang baru bermunculan salah satunya, yaitu litecoin dan namecoin. Sebagai imbas, telah ditemukannya bitcoin dan menjadi populer. Tak tanggung-tanggung, setahun kemudian tepatnya tahun 2012, WordPress dan Microsoft menerima pembayaran melalui Bitcoin.

Kesuksesan Bitcoin tidak berhenti disitu saja, melainkan masih banyak lagi. Kenapa? Sistem uang elektronik ini terjamin kepercayaannya membuat beberapa situs ilegal menggunakannya dengan sangat baik.

Kemudian, pada tahun 2013 muncullah cryptocurrency jenis baru, yaitu Dogecoin yang cara kerja mirip dengan Bitcoin dan Litecoin. Singkat cerita, tahun 2014 Inggris mempelajari mengenai cryptocurrency dan saat itu juga, Amerika serikat membuat mesin untuk mata uang digital.

Lalu pada tahun 2021 dunia dikejutkan kembali dengan market value dari Dogecoin yang mencapai satu miliar dolar Amerika. Begitulah, sejarah singkat dari mata uang digital yang kian digemari.

Perlu diingat kembali, belum memiliki regulasi yang jelas. Namun, dapat dipastikan cryptocurrency dapat digunakan sebagai aset investasi yang menggiurkan. Hal ini disebabkan karena nilai dari crypto sendiri yang naik-turun dan dapat digunakan diseluruh dunia, serta memberikan kemungkinan jika pemilik dapat mengontrol secara penuh aset yang dimiliki.

Sangat disayangkan, keuntungan tersebut dapat diselewengkan untuk tindakan kriminal, karena sifatnya yang ternskripsi. Maka, akan sangat sulit untuk melacak pelaku jika menggunakan transaksi melalui cryptocurrency.

Begitulah sejarah pendek dari Cryptocurrency, menurut kalian lebih menyukai uang dalam bentuk asli yang jumlahnya jutaan lembar atau memilih uang digital yang tidak terdapat bentuk nyata namun dapat bernilai tinggi. Yuk pilih!