Inilah Deretan Klub Miskin Mendadak Kaya Setelah Datang Investor Sepak Bola Dunia

Copytrade.blog – Sepak bola kini bukan lagi hanya sekedar hobi, sekarang sepak bola merupakan industri baru dalam dunia bisnis.

Maka tak jarang para investor dunia menginvestasikan uangnya untuk membeli sebuah klub sepak bola.

Sepak bola merupakan olahraga terpopuler di dunia. Dengan deretan pendukung yang fanatik. Secara bisnis sepak bola merupakan pangsa yang besar karena banyaknya penggemar yang menyukai sebuah klub.

Banyak cerita penggermar sebuah sepak bola yang rela melakukan segala cara demi bisa menyaksikan klub idolanya bertanding.

Tidak hanya itu banyak juga penggemar klub sebak bola yang membeli pernah pernik perlengkapan sepak bola dengan harga yang tinggi.

Bahkan beberapa klub sepak bola dunia merasa sangat terbantu finansialnya dengan hanya menjual jersey klub mereka.

Dengan kenyataan tersebut maka tak jarang para milyader dunia kini mulai melirik dunia sepak bola sebagai tempat investasi baru.

Dengan menginvestasikan uangnya dalam dunia sepak bola para milyader ini mengharapakan keuntungan yang tinggi.

Para investor sepak bola bisa merubah klub yang dulunya miski dengan seketika menyulap klub tersebut menjadi kaya raya. Dan diperhitungkan oleh para lawannya. 

Pada kesempatan kali ini copytrade.blog akan merangkum beberapa klub yang dulunya miskin sekarang berubah menjadi klub kaya raya dengan datangnya investor dunia. Diambil dari beberapa sumber berikut ulasannya;

1. Manchester City

Manchester City merupakan klub sepak bola dari Inggris. Dulu klub ini merupakan klub miskin di Negara Ratu Elisabet tersebut. Manchester City kerap kalah bersaing merebut hati penggemar dengan tetangganya yaitu Manchester United.

Sebelum kedatangan investor sepak bola Manchester Biru selalu kalah bersaing dengan rival sekotanya tersebut.

Namun sekarang setelah klub tersebut dibeli oleh salah satu pengusaha asal Timur Tengah yaitu Sheikh Mansour  klub ini berubah dengan cepat menjadi klub kaya raya yang sangat diperhitungan di dataran inggris dan dunia.

Apalagi kini Manchester City sebagai salah satu klub langganan juara liga Inggris yang dulu hanya menjadi bayang bayang kebesaran Manchester United.

City saat ini telah berhasil menjelma menjadi salah satu klub sepak bola tangguh di Benua Eropa dan dunia. Dukungan dana yang kuat membuat mereka mampu merekrut pelatih sekaliber Pep Guardilo, hingga pemain-pemain berkualitas.

2. PSG

Paris Saint-Germain Football Club atau dikenal luas dengan sebutan PSG merupakan sebuah tim sepak bola asal Prancis yang bermain di Ligue 1.

Sebelum menjelma menjadi klub kaya raya di Eropa dan dunia dahulu PSG hanyalah klub miskin minim prestasi, namun sejak dibeli investor Timur Tengah bernama Nasser Al-Khelaifi Pada Juni 2011 mendadak PSG menjadi klub besar dengan guyuran uang yang fantastis.

Nasser Al-Khelaifi bahkan seketika membeli pemain pemain top dunia untuk mengangkat klub barunya tersebut.

Dan kini PSG merupakan langganan peraih titel juara liga Prancis, bahkan untuk beberapa tahun ini begitu mendominasi belum ada klub lain yang bisa menandingi.

Kekayaan Nasser bersama Qatar Sports Investments (QSI) perusahaan miliknya ditaksir mencapai 6,2 miliar pounds. Menempatkan dia menjadi salah satu pemilik klub sepak bola terkaya di dunia.     

3. Chelsea

Sebelum era milenial seperti sekarang Chelsea hanyalah klub miskin di Inggris. Awal dekade 2000an merupakan era dimana Chelsea menjelma menjadi klub besar di daratan Inggris bahkan dunia.

Liga Inggris ketika itu masih didominasi oleh kekuatan besar seperti Liverpool dan Mancenter United.

Namun dengan kedatangan investor dari Rusia, Roman Abramovic yang mengakuisisi saham mayoritas, kini klub tersebut telah berevolusi menjadi salah satu klub kaya raya di liga Inggris.

Dengan uang banyak Abramovic menyulap Chelsea menjadi salah satu langganan juara liga Inggris. Bahkan Chelsea pernah menjuarai Liga Champion prestasi yang mustahil didapat ketika Chelsea masih menjadi tim guram.  

4. Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur Football Club, adalah klub sepak bola yang berasal dari Tottenham, sebuah daerah yang berada di wilayah utara London. Mereka juga dikenal sebagai The Spurs.

Sebelum menjadi klub kaya raya The Spurs merupakan klub kecil dengan kesulitan finansial yang selalu menghantui.

Namun berbeda terbalik dengan keadaan sekarang kini Spurs merupakan klub asal Inggris yang cukup di segani baik di level liga maupun Eropa.

Ini terjadi setelah The Spurs diakuisisi oleh seorang pengusaha bernama Joe Lewis. Kekayaannya ditaksir mencapai US$5 miliar (Rp71,3 triliun).

Dengan kekayaan tersebut Spurs menjadi leluasa dalam pembelian pemain, pelan namun pasti kini Spurs telah menjelma menjadi kekuatan baru sepak bola Eropa.

5. Fulham

Fulham Football Club atau lebih dikenal dengan nama Fulham  adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris yang didirikan pada tahun 1879. Klub ini bermarkas di kota Fulham.

Dulu Fulham merupakan klub miskin di liga Inggris, meski klub ini merupakan salah satu langganan peserta Premier League yaitu kasta tertinggi di dalam liga Inggris.

Namun setelah kedatangan investor baru yang berasal dari Pakistan ini, kini Fulham menjelma menjadi klub kaya raya.

Namun sayangnya hingga sekarang pemilik Fulham, Shahid Khan belum mau jor joran seperti pemilik klub liga Inggris lainya dalam membelanjakan uangnya guna membeli pemain pemain yang bekualitas.

6. Leicester City F.C.

Leicester City adalah sebuah klub sepak bola yang berasal dari Inggris.  Klub yang berbasis di Leicester ini dikenal juga dengan sebutan The Foxes.

Dulu Leincester Merupakan klub miskin yang minim prestasi, keadaan ini berubah setelah klub tersebut diakuisisi oleh seorang milyader asal Thailand.

Kini Leicester telah berubah menjadi klub kaya raya di negeri Ratu Elizabeth itu. Kekayaanya pemilik baru klub tersebut ditaksir memiliki kekayaan bersih US$ 4,9 miliar. Dia berada diurutan ke lima orang terkaya di Thailand.

Prestasi emas The Foxes terjadi pada tahun  2015-2016 dengan memenangkan liga Inggris dan ini merupakan juara untuk kali pertama dalam sejarah mereka di kompetisi teratas liga inggris.

Sebelum ini, capaian prestasi tertinggi yang pernah mereka raih adalah duduk di tempat kedua di Divisi Satu tahun 1928-1929.

7. Newcastle United

Newcastle United Football Club adalah klub sepak bola berasal dari Inggris. Klub ini berbasis di Newcastle upon Tyne.

Pada awal April 2020 dunia sepak bola digegerkan dengan pembelian Newcastle oleh Raja Salman Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi.

Sebelum dibeli oleh Mohammed bin Salman yang merupakan putra mahkota kerajaan Saudi, Newcastle hanyalah sebuah klub kecil minim prestasi. Namun dengan bergantinya pemilik klub para pakar sependapat Newcastle United akan menjelma menjadi kekuatan baru di liga Inggris.

Dengan kekayaan yang melimpah Raja Salman akan mudah membeli pemain yang ia inginkan demi mengangkat klub barunya tersebut menjadi salah satu klub terbaik di dunia.

8. RB Leipzig

Red Bull Leipzig atau yang lebih dikenal dengan nama RB Leipzig, adalah klub sepak bola berasal dari Jerman yang berbasis di Leipzig, Saxony.

Mungkin banyak yang masih asing dengan klub ini. Iya RB Leipzig merupakan klub yang dulu hanya berkompetisi di kasta ke 5 liga Jerman.

Pada tahun 2009 klub ini mulai berkembang setelah dipimpin oleh pengusaha kaya raya minuman berenergi Red Bull. Dan hanya butuh waktu 8 tahun akhirnya klub ini bisa naik ke kasta tertinggi liga Jerman.

RB Leipzig kini menguncang dominasi klub klub besar liga Jerman seperti Bayer Munchen dan Borusia Dortmun.

Dan sang pemilik Dietrich Mateschitz memiliki kekayaan bekisar 17,8 miliar yang menempatkan dirinya sebagai pemilik klub sepak bola terkaya di dunia.

Mateschitz memang gemar berinvestasi di dunia olahraga selain Leipzig dia juga memiliki beberapa klub sepak bola di dunia. Dia juga memiliki klub Formula 1 bernama Red Bull.

Itulah beberapa klub kecil dengan minim prestasi yang sekarang telah berubah wujud menjadi klub sepak bola kaya raya di dunia. Dengan datangnya para investor ke dunia sepak bola maka kini sepak bola merupakan salah satu jenis investasi dalam bidang olahraga yang menjanjikan.

Baca juga: Adakah Indonesia? Berikut Negara Ramah Investasi Diburu Oleh Investor Dunia