Tiru Kebiasaan Ini, dan Bersiaplah Menjadi Orang Sukses

Copytrade.blog – Sukses merupakan impian bagi setiap orang karena orang sukses akan lebih mudah melakukan sesuatu dan lebih mudah menyelesaikan sebuah permasalahan.

Sukses tidak mudah diraih namun bukan berarti kita tidak bisa meraihnya, yang jelas sukses merupakan hasil kerja keras bukan hanya duduk-duduk manis lalu kita mendapatkan apa yang kita inginkan.

Ada banyak pengorbanan untuk menjadi orang sukses, dan setiap orang sukses punya ceritanya masing-masing namun yang pasti ada keringat yang harus keluar dan air mata yang harus dibayar.

Menjadi sukses tidak semudah membalikan telapak tangan, kita harus kebal akan cibiran, penderitaan dan masih banyak perjuangan untuk mencapai apa yang diinginkan.

Orang sukses punya kebiasaan yang bisa kita tiru untuk menerpa dirinya, beberapa kebiasaan kadang tidak lazim, namun atas kerja keras dan semangat yang kuat nyatanya kesuksesan bisa diraihnya

Tidak hanya fisik orang sukses juga gemar mengasah daya pikir, kedalaman rasa dan ketenangan jiwa, hal ini yang kadang terlewati bagi seseorang. Artinya bekerja keras saja tidak cukup untuk menjadi orang sukses namun kita juga harus mengasah otak, mengasah rasa dan mengasah spiritual.

Pertama jelas berat untuk melakukan itu, namun orang sukses bisa memaksa dirinya dan mengalahkannya, setelah dipaksa maka akan lahir sebuah kebiasaan. Dari kebiasaan yang postif maka akan melahirkan perilaku yang menunjang untuk meraih kesuksesan.

Baca: Peluang Bisnis Kaki Lima, Modal Sedikit Untung Selangit

Ada beberapa kebiasaan yang bisa kita tiru dari orang sukses, kali ini copytrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber tentang kebiasaan orang sukses. Berikut ulasannya:

Rutin Bangun Pagi

Bangun pagi merupakan hal sulit bagi sebagian orang, apalagi bagi yang tidak terbiasa dengan aturan, semisal kita harus berangkat bekerja gasik atau bagi yang muslim untuk melakukan Salat Subuh.

Terlebih menset kita sudah terbangun dengan anggapan “Bila kita bangun siang maka rezeki kita akan di patok ayam” tidak ada salahnya kok mengagap itu benar karena memang sudah seyogyanya kita harus bekerja di siang hari dan di malam hari untuk istirahat.

Selain faktor rezeki banyak manfaat juga ketika kita bisa bangun pagi seperti kita bisa leluasa untuk menyiapkan apa yang akan kita kerjakan untuk hari ini, lebih bersemangat menjalani hari dan kalau kita mau bangun pagi tubuh kita akan jauh lebih segar daripada ketika kita bangun pada siang hari.  

Berpikiran Terbuka (Open Minded)

Orang sukses akan membiasakan dirinya untuk selalu berpikir terbuka, mau menerima kritik dan masukan dari orang lain, tidak merasa dirinya paling jago dalam segala hal, oleh karena itu mereka akan mendapatkan banyak ilmu yang masuk karena mereka mau berpikir terbuka.

Tidak gampang memang mempunyai pikiran terbuka. Kita harus bisa menampung perbagai macam pemikiran orang lain yang seringkali pemikirannya berbeda dengan kita, susah namun kalau kita ingin sukses kita harus terbiasa dengan perbedaan.

Perbedaan pemikiran merupakan kenistayaan yang tidak mungkin bisa kita elak, karena latar belakang dan pengalaman setiap individu berbeda yang melahirkan pemikiran yang jelas berbeda pula.

Haus Ilmu dan Informasi

Kebiasaan orang sukses selanjutnya adalah mereka haus ilmu dan informasi, jangan salah meski mereka sudah sukses, orang sukses masih terus mengikuti informasi dan masih haus akan ilmu.

Mengapa seringkali kita jumpai kebiasaan orang sukses salah-satunnya adalah gemar membaca buku dan informasi, karena mereka masih haus ilmu dan infromasi, dengan semakin berkembangnya teknologi mendapatkan arus ilmu dan informasi semakin mudah.

Jika dulu untuk memperoleh ilmu kita harus membeli buku yang harganya tidak murah namun dengan kehadiran teknologi internet, kita bisa mudah mendapatkan ilmu dan informasi secara gratis.   

Gemar Memberi

Coba perhatikan orang sukses mana yang tidak gemar memberi? Iya karena kebiasaan orang sukses salah-satunya adalah memberi, dari memberi mereka akan mendapatkan hasil lebih banyak dari apa yang mereka berikan.

Jadi kalau kita mau menjadi orang sukses jangan menjadi orang yang pelit, memberi tidak melulu berbentuk uang bisa dengan waktu, tenaga dan pikiran yang justru bagi orang lain itu mungkin yang lebih dibutuhkan.

Jangan mempunyai anggapan nanti saja kalau kita sudah menjadi orang kaya maka kita akan gemar memberi, sebab itu tidak akan mungkin terjadi karena memberi adalah soal menset dan kebiasaan seseorang. Orang yang tidak terbiasa memberi maka akan sulit melepaskan.

Baca: Inilah 10 Bisnis yang Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

Tidak Mudah Terpengaruh Orang Lain

Salah satu yang menyebabkan kegagalan adalah terpengaruh oleh orang lain, kalau kita sudah mempunyai keyakinan melakukan sesuatu dan mempunyai rencana jangka panjang jangan mudah terpengaruh oleh orang lain.

Sebab orang lain melihat kesuksesan kita hanya dengan materi, nah kita baru menuju tangga kesuksesan yang jalannya akan mendapat cibiran dan cercaan dari orang lain, kan? Toh yang jalanin kita kenapa kita meski meski terpengaruh dengan omongan negatif orang lain.

Beda loh ya antara memberi masukan dengan mencibir, kalau memberi masukan ya kita meski mau terima Cuma kalau bentukan hanya cibiran maju saja pantang mundur tidak udah terpengaruh oleh omongan orang lain.  

Memperdalam Ilmu Spritual

Pernah baca kisah sukses pendiri raksasa ponsel dunia Apple? Iya Steve Jobs, dalam masa-masa sulit ketika sedang membangun Apple, Steve Jobs bahkan harus mendalami ilmu spiritual hingga ke India.

Bayangkan dari Amerika ke India hanya untuk memperdalam ilmu spiritual. Namun nyatanya siapapun orang sukses pasti memperdalam juga pengetahuan spiritualnya. Karena spiritual bisa menjadikan orang lebih tenang, mental mereka pun akan lebih tangguh untuk mengahadapi masalah.

Nah kalau kita ingin menjadi orang sukses jangan tinggalkan kebiasaan memperdalam ilmu spiritual, namun yang pasti jalan menjalani ilmu spiritual berbeda-beda ada yang lewat jalan agama namun ada juga yang lewat jalan berbeda tergantung dari kemampuan dan kebutuhan kita.    

Tidak Mudah Meninggalkan Kebiasaan

Kebiasaan selanjutnya orang sukses adalah tidak mudah meninggalkan kebiasaan, contohnya seperi ini, jika kita sedang membangun bisnis peternakan, lalu biasanya setiap pagi kita sudah berada di kandang untuk membersihkan kotoran atau memberi pakan. Suatu hari kita sakit dan kita tidak bisa melakukan kebiasaan tersebut maka kita akan merasa  gelisah dan terpikirkan hewan peliharaan.

Itu adalah kebiasaan orang sukses mereka tidak mudah meninggalkan kebiasaan yang mereka lakukan setiap hari, karena meraka sudah terpupuk tanggung jawab yang besar ketika sudah melakukan sebuah keputusan untuk melakukan sesuatu.

Bahkan bila sedang sakit pun orang sukses tidak mudah meninggalkan kebiasaan, mereka masih semangat bekerja dan tidak mau meninggalkan pekerjaanya begitu saja, berbeda dengan kita tidak sedang sakit saja kita masih diliputi rasa malas.  

Selalu Menepati Janji dan Berusaha Tepat Waktu

Salah-satu penyakit kita mungkin adalah mudah ingkar janji dan tidak tepat waktu berbeda dengan kebiasaan orang sukses mereka selalu berusaha untuk mepati janji dan selalu tepat waktu.

Ini kerap terjadi dilingkungan kita, mengangap remeh soal janji dan tidak tepat waktu, misalkan saja disebuah acara arisan undangan arisan jam 1 siang mulai acara tersebut bisa molor hingga sampai jam 3 sore.

Kebiasaan menepati janji dan tepat waktu memang belum terpupuk di diri kita dengan baik, kita masih gampang menyepelakan itu semua, padahal kebiasaan yang baik akan membentuk diri kita menjadi baik juga dan bila kita selalu berusaha menepati janji dan tepat waktu kita akan mudah dipercaya orang lain.

Evaluasi Diri

Sebagai seorang manusia kita tidak akan pernah bisa luput dari kesalahan. Kebiasaan orang sukses salah satunya adalah sering melakukan evaluasi diri guna memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan.

Orang sukses biasanya menyepatkan waktu untuk merenungi apa yang telah mereka lakukan pada hari ini, apakah mereka melukai hati orang lain, atau ada kegagalan yang perlu disikapi.

Kalau kita mah boro boro evaluasi diri malah ketika ada salah justru menyalahkan orang lain, ini merupakan penyakit diri yang perlu dihilangkan ketika kita ingin menjadi orang sukses karena orang sukses justru sering melakukan kebiasaan evaluasi diri.

Nah itu tadi beberapa kebiasaan orang sukses yang perlu kita tiru jika kita ingin sukses juga seperti mereka. Tidak mudah namun tidak ada salahnya untuk dicoba demi bisa meraih mimpi yang kita sering sombongkan. Sekian semoga bermanfaat.

Baca juga: Ingin Sukses? Inilah Ciri-ciri Orang Sukses yang Harus Dimiliki