Mau Berinvestasi? Berikut Jenis Investasi yang Terus Tumbuh di Indonesia

Copytrade.blog – Minat masyarakat Indonesia terhadap investasi masih terbilang rendah, banyak anggapan yang mengatakan bahwa investasi hanya untuk orang-orang kaya saja, selain itu kurangannya pemahaman masyarakat akan manfaat investasi menjadi salah satu pemicu rendahnya investasi di Indonesia.

Namun sekarang cara pandang masyarakat mulai berbeda. Kini banyak masyarakat yang mulai tertarik dengan investasi, faktor pendidikan dan pengetahuan finansial sudah semakin merata sehingga berdampak juga dalam kemajuan investasi di Indonesia. Terlebih lagi kini banyak perusahaan yang membagi sahamnya kepada masyarakat luas, sehingga memudahkan bagi masyarakat menengah kebawah mendapatkan peluang yang sama untuk berinvestasi. 

Pelan namun pasti geliat investasi di Indonesia mulai tumbuh dengan baik, kemudahan dan jaminan yang pasti dari pemerintah menjadi salah satu pemicunya. Bahkan sekarang semakin banyak instrument investasi yang dapat dibeli dengan modal sedikit. Hanya dengan uang ratusan ribu kita sudah bisa berinvestasi.

Dikutip dari laman Badan Koodinator Penanaman Modal (BKPM) Realisasi investasi Indonesia pada 2019 sebesar Rp 809,6 triliun. Angka ini melampaui target yang sebesar Rp 792 triliun. Selama 5 tahun, realisasi investasi Indonesia naik hingga 48,4% dari realisasi 2015 yang sebesar Rp 545,4 triliun. Sementara jika dibandingkan dengan 2018, realisasi naik 12,24% dari Rp 721,3 triliun.

Kontribusi terbesar berasal dari penanaman modal asing (PMA) yang sebesar Rp 423,1 triliun. Angka ini meningkat 10% dibandingkan dengan 2018 yang sebesar Rp 392,7 triliun. Sementara realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp 386,5 triliun, naik 17,6% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 328,6 triliun.

Di tahun ini sendiri, pemerintah optimistis bahwa investasi di Indonesia akan terus tumbuh ditengah ketidakpastian pasar global seperti sekarang, namun jika ini berakhir maka para investor mulai mengambil langkah konkret setelah beberapa waktu menahan dana yang mereka miliki.

Baca: Pemula, Iniloh Investasi yang Paling Cocok Bagi Anak Muda

Nah kali ini copytrade.blog akan mengulas jenis investasi yang terus tumbuh dan berkembang di Indonesia. Dikutip dari beberapa sumber berikut ulasannya;

1. Investasi Emas

Jenis investasi yang paling popular di Indonesia adalah emas, memang investasi emas banyak diminati oleh sebagian karena harga emas terus naik dari hari ke hari. Investasi emas memang dipandang jenis investasi yang paling aman.

Namun kita juga perlu berhati-hati jika akan menginvestasikan uang kita untuk berivestasi emas. Jika bentuk investasi emas kita adalah emas perhiasaan, pastikan belilah di toko-toko resmi yang bekerjasama dengan PT ANTAM.

Bila memiliki banyak modal maka lebih baik berinvestasi emas batangan saja, selain harga jualnya lebih aman. Emas batangan juga banyak diminati oleh banyak orang karena berbagai manfaat yang diberikan. Kini investasi emas terus tumbuh dan berkembang di Indonesia.

2. Investasi Saham

Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas (PT).

Paska reformasi banyak perusahaan yang membuka saham perusahaannya lewat Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan tawaran yang menarik sehingga membuka setiap individu untuk bisa memiliki beberapa saham yang diperjualbelikan untuk umum.

Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Contoh Saham adalah Unilever, BCA, BRI, HM Sampoerna, PT Telkom dan masih banyak lainnya. Kini investasi saham di Indonesia terus tumbuh sumbur dan banyak pelaku investasi ini yang sudah menikmati hasilnya.

3. Investasi Reksa Dana

Bagi sebagian orang reksa dana masih terdengar asing, namun bagi pelakui nvestasi yang lain reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang sangat menjanjikan untuk ikut menanamkan modal.  

Dikutip dari laman resmi Bursa Efek Indonesia (idx.co.id), Reksa Dana diartikan sebagai Wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya di investasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi (MI).

Yang menarik dari investasi reksa dana adalah kita tak perlu banyak modal. Dan sistemnya pun sederhana. Kita  hanya perlu menaruh sejumlah uang untuk membeli reksa dana, dan memilih jenis reksa dana yang kita ingginkan.

Baca: Trading Peluang Bisnis Menguntungkan Di masa Depan

4. Investasi Deposito

Investasi selanjutnya yang terus bekembang di Indonesia yaitu Deposito. Deposito adalah bunga yang ditawarkan oleh suatu bank. Secara sederhana, deposito adalah produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja nya yang didepositokan.

Deposito tidak hanya berbentuk uang rupiah, namun ada juga deposito valas. (Valuta Asing) atau dikenal dengan nama deposito valas. Untuk jangka waktu yang didatawarkan setiap bank berbeda beda.

Salah satu keuntungan investasi deposito adalah aman dan nyaman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Selain itu, nilai poko mata modal awal yang diinvestasikan juga tetap terjaga.

5. Investasi Properti

Ditengah harga tahan dan bangunan yang terus naik tidak ada salahnya ketika kita memilih berinvestasi properti, karena properti merupakan sebuah investasi yang menguntungkan sementara banyak orang membutuhkan rumah namun tanah dan bangunan justru semakin sedikit.

Selain itu kalau kita berinvestasi properti akan memudahkan kita untuk mendapatkan pinjaman modal dengan nominal besar dari bank. Karena syarat untuk meminjam biasanya berupa sertifikat tanah.

Di Indonesia, istilah properti identik dengan real estate, rumah, tanah, ruko, gedung, atau gudang. Jenis investasi ini terus berkembang di Indonesia khususnya bagi para investor yang mempunyai modal besar.

6. Investasi Obligasi / Surat Utang

Dikutip dari idx.co.id Obligasi merupakan salah satu Efek yang tercatat di Bursa di samping Efek lainnya seperti Saham, Sukuk, Efek Beragun Aset maupun Dana Investasi Real Estat.

Obligasi dapat dikelompokkan sebagai efek bersifat utang di samping Sukuk. Obligasi dapat dijelaskan sebagai surat utang jangka menengah panjang yang dapat dipindahtangankan, yang berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut. Obligasi dapat diterbitkan oleh Korporasi maupun Negara.

Surat utang atau obligasi yang diterbitkan oleh negara lebih aman dibandingkan dengan obligasi korporasi. Sebab, pengembalian utang obligasi dijamin oleh negara melalui undang-undang.

7. Investasi Fintech Lending

Seiring dengan berkembangannya teknologi maka berpengaruh juga dalam segi investasi pada bidang Fintech Lending dengan sistem P2P (fintech peer to peer)  maka orang dengan mudah dapat meminjam uang secara online, atau platform sejenis bertugas mempertemukan pemilik modal dengan dengan pencari modal.

Kini generas muda sekarang sudah mulai tertarik dengan investasi atau pendanaan di fintech peer to peer (p2p). P2P menawarkan kemudahan investasi yang cocok bagi investasi pemula selain itu modal untuk ikut invsestasi ini relatif kecil dan imbal hasil yang ditawarkan sangat menarik.

Hasil yang ditawarkan untuk investasi ini bisa perbulan atau pertahun tergantung kesepakatan diawal perjanjian. Selain reksa dana, investasi P2P lending tergolong murah. Kita bisa mulai berinvestasi dengan modal minimal Rp 100 ribu dan kita sudah bisa menjadi investor. Cocok untuk para pemodal kecil namun ingin berinvestasi.

8. Investasi Trading

Investasi trading cocok dijalankan oleh anak muda milenial yang memang selalu akrab dengan teknologi khususnya internet. Namun tidak menutup kemungkinan jenis investasi ini juga bisa dijalankan oleh orang tua, asal mempunyai kemapuan analisis yang baik.

Jenis investasi ini sekarang mulai tumbuh di Indonesia. Terbukti dari banyaknya trader yang mulai bermunculan dari berbagai daerah. Investasi trading disukai karena tidak menuntut banyaknya modal yang diinvestasikan, sehingga cocok bagi kita yang mempunyai orang pas pasan.

Selain itu investasi ini juga menarik untuk dijalankan karena menawarkan hasil yang memuaskan. Namun sebagaimana investasi yang lain, jenis investasi ini juga mempunyai risiko yang tak kalah besar bila dijalankan. Untuk itu sebelum memilih jenis investasi ini hendaknya mempelajari lebih jauh tentang trading. Dan untungnya sekarang banyak platform trading menawarkan demo gratis sehingga memudahkan bagi pemula untuk belajar tentang trading.

Investasi menjanjikan keuntungan yang besar investasi juga memiliki risiko tinggi. Jadi pastikan jika kamu ingin berinvestasi pelajari seluk beluk investasi terlebih dahulu serta jenis investasi yang akan kita pilih, demi mengurangi hal hal yang tidak diinginkan. Investasi juga merupakan cara terbaik untuk melindungi asset yang kita punya, sekaligus bisa meningkatkan volume jumlah nilainya. Jadi jangan ragu untuk berinvestasi.

Baca juga: Jaga Nilai Aset Anda dengan Menabung Emas