Investasi Saham Cocok Untuk Kalangan Muda Seperti Sekarang

Copytrade.blog – Memang untuk menjadi sukses perlu kerja keras namun dizaman modern seperti sekarang kerja keras saja tanpa diimbangi dengan kerja cerdas sulit mewujudkan itu semua.

Setiap orang sukses pasti memiliki jalan yang berbeda, banyak dari kita yang rela mengeluarkan uang mahal demi untuk mengikuti seminar orang-orang yang sudah sukses, harapanya setelah kita mengikuti seminar tersebut dengan sekejap kita menjadi kaya raya seperti mereka.

Atau bahkan kita sudah melahap ratusan buka dari orang-orang sukses yang berisi tips-tips dan motivasi untuk memulai bisnis dan lain sebagainya, lalu kita adopsi itu semua sembari berharap kita mengikuti jejak mereka menuju kesuksesan.

Itu semua tidak salah memang pengetahuan itu perlu di update setiap saat, namun kadang kita sering lupa kita tidak mau melewati proses mengapa orang tersebut bisa menjadi kaya raya seperti sekarang.

Kalau kita perhatikan dengan sesama setiap orang sukses pasti berinvestasi saham. Nah mengapa kita tidak mau mengikuti langkah tersebut? Mungkin kita berpikir terlalu beresiko besar atau kita belum benar-benar memahami apa itu saham? Baiklah kita akan ulas terlebih dahulu apa itu saham.

Baca: Pemula Mau Berinvestasi, Pilih Emas atau Reksadana?

Pengertian saham:

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Membeli saham berarti anda telah memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. Maka dari itu, Anda berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, pada akhir tahun periode pembukuan perusahaan.

Namun sayangnya masyarakat kita masih tabu dengan saham, banyak orang yang beranggapan investasi saham itu hanya untuk orang-orang kaya atau kita menunggu kaya terlebih dahulu.

Anggapan itu kurang tepat dijaman yang serba terbuka seperti para perusahaan besar justru membuka sahamnya untuk umum bisa dimiliki oleh siapa saja tak peduli latar belakangnya apa.

Atau sebentar dulu nunggu kaya, Padahal para ahli investasi terkemuka dunia menyatakan “berinvestasilah dan Anda akan menjadi kaya, bukan sebaliknya.” Kuncinya adalah investasi dan berinvestasi saham adalah salah satunya.

Ada beberapa jenis investasi saham yang dapat kita lakukan yang terbaru menurut Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai wadah jual beli dan pendaftaran saham di Indonesia dikutip dari cermati.com

Saat ini BEI mempunyai jenis saham baru yang diperdagangkan yaitu ETF (Exchange Trade Fund) yang merupakan gabungan reksadana terbuka dengan saham dan pembelian di bursa seperti halnya saham di pasar modal bukan di Manajer Investasi (MI).

Bagi investor yang terbiasa bermain di bursa efek, sistem layanan satu pintu dalam transaksi ETF tentu sangat memudahkan.

Sedangkan untuk ETF dibagi 2, yaitu ETF index dan Close and ETFs. Pada ETF index, investor bisa mengalokasikan dananya dalam sekumpulan portofolio efek yang terdapat pada satu indeks tertentu dengan proporsi yang sama.

Pada Close and ETFs, Saham jenis ini diperdagangkan di bursa efek dalam bentuk investasi tertutup dan dikelola secara aktif.

Bagaimana apakah kita sudah tertarik berinvestasi saham? Khususnya bagi anak milenial yang sangat akrab dengan teknologi, karena investasi disaham erat kaitannya dengan teknologi.

Kita harus selalu update tentang iklim pasar, politik dan keamanan yang sewaktu-waktu bisa mempengaruhi saham.

Anak milenial seharusnya memiliki perangkat yang memudahkan untuk sukses di dunia saham, karena mereka selalu dekat dengan informasi dari segala arah lewat berkembangnya teknologi komunikasi yang semakin melesat.

Apalagi anak milenial seperti sekarang selalu dekat dengan internet yang menambah akses informasi semakin cepat. Investasi saham sangat cocok bagi anak muda dimasa sekarang.  

Baca juga: Investasi Saham Cocok Untuk Kalangan Muda Seperti Sekarang