Investasi di Usia Muda, Nih Tips Mudah Untuk Pemula

investasi di usia muda
sumber: Freepik investasi di usia muda

Bagi sebagian orang memulai investasi di usia muda dapat membawa mereka untuk sukses. Terlebih lagi, sekarang banyak aplikasi yang dapat membantu proses awal investasi dengan mudah.

Dengan banyaknya fenomena investasi, banyak juga dari kalangan millenial yang terlibat langsung. Mereka menjadikan investasi di usia muda sebagai suatu gaya hidup untuk persiapan masa depan yang lebih matang.

Hal ini dikarenakan memulai investasi hingga mendapatkan keuntungan membutuhkan proses yang panjang dan memakan waktu yang lama. Para millenial berpikir akan semakin bagus jika memulainya dari sekarang.

Namun, untuk menjadi seorang investor di sebuah pasar modal hal yang dibutuhkan adalah kesiapan untuk risiko yang terjadi nantinya. Nah ada tips buat kalian para pemula, langsung aja yuk!

Melakukan Investasi Uang. Lalu apa itu investasi uang?

Sebelum beralih ke investasi uang, kita perlu memahami mengenai investasi. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Jadi, dapat dikatakan investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu.

Nah, sudah tau kan investasi itu apa. Yuk lanjut mengenal investasi uang. Investasi uang adalah aktivitas investasi khususnya menanamkan modal berupa uang.

Perlu kalian pahami sekali lagi setiap investasi memiliki risiko dengan beban tersendiri. Tapi tenang saja, risiko bisa kalian minimalkan dengan melakukan tips berikut, yaitu:

1.Tentukan jangka investasi
Dengan menentukan jangka waktu sebelum memulai investasi kalian dapat memprediksi kapan kalian akan mendapatkan keuntungan. Pada dasarnya kalian dapat memilih jangka waktu investasi yang dilakukan.
Seperti melakukan investasi jangka pendek sekitar kurang dari tiga tahun atau jangka menengah sekitar tiga sampai lima tahun.

2.Memilih instrumen investasi
Dalam melakukan investasi ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk pemula. Contohnya didalam pasar modal bagi pemula dapat memilih untuk berinvestasi di reksa dana, saham, atau bank.

Bagi kalian pemula, investasi reksa dana sangat cocok untuk dilakukan. Cara yang mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Sehingga Reksa dana menjadi pilihan yang tepat untuk kaum millenial.

3.Membuka rekening investasi
Disaat memulai berinvestasi di pasar modal, jangan lupakan untuk memiliki rekening investasi. Tapi ada cara lain untuk memulai investasi secara online, yaitu membuatnya melalui perusahaan sekuritas.

Kalian juga memerlukan dokumen data diri dan pelengkap untuk membuka rekening investasi. Seperti menyiapkan KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nomor rekening, dan yang terakhir formulir pendaftaran.

4.Jangan terlalu terburu-buru, mulailah dari modal kecil
Untuk mengurangi risiko yang terlalu besar saat permulaan investasi hal yang dapat dilakukan adalah mulai dari modal yang kecil. Jika melakukan investasi secara konsisten maka dengan modal yang kecil sehingga kalian dapat mencapai target yang telah dibuat saat awal.

sumber: Freepik

Nah, dengan modal kecil sekitar 50.000-100.000 kalian dapat memulai investasi. Kalian juga investasi bisa dengan uang 10.000 untuk memulai investasi emas.

5.Buatlah strategi dengan diversifikasi investasi
Sebelum itu, apa kalian mengetahui apa itu diversifikasi? Diversifikasi adalah cara investasi uang dengan pembagian modal yang dimiliki ke berbagai macam aset, seperti saham, reksadana, emas, dan juga deposito.

Dengan melakukan diversifikasi, kalian dapat mendapatkan hasil investasi keuntungan yang maksimal.

Gimana tips-nya? Mudah bukan? Jadi untuk memulai investasi bagi kalian kaum millenial yang hits nggak usah ragu lagi. Dengan modal sedikit juga sudah bisa invest loh! Yuk tunggu apa lagi.