Intip Cara Perempuan Cerdas Kelola Finansial

Perempuan yang memiliki penghasilan seharusnya memiliki kiat kelola finansial yang baik. Pengelolaan finansial perlu dilakukan agar dapat mewujudkan tujuan hidup dan melakukan planning untuk masa depan. 

Cara Kelola Finansial

Ilustrasi Kelola Finansial

Tips kelola finansial bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Bagi Anda para perempuan berpenghasilan yang mencari tips kelola finansial.

Catat Daftar Pemasukan dan Pengeluaran

Untuk melakukan kelola finansial, makanAnda bisa membuat laporan keuangan yang berisi daftar pemasukan dan pengeluaran.

Mencatat pemasukan dan pengeluaran memotivasi Anda untuk menstabilkan finansial agar mampu mewujudkan goals di masa depan. 

BACA JUGA: Sebelum Memilih Produk Asuransi, Perhatikan Hal Ini

Tujuannya, adalah untuk mengetahui kondisi keuangan secara keseluruhan dan melihat apakah lebih banyak pemasukan atau pengeluarannya. Jika pemasukan lebih banyak maka bisa disebut sebagai surplus, namun jika pengeluaran lebih banyak, maka bisa disebut sebagai defisit. 

Menentukan Kebutuhan di Masa Depan

Kelola finansial juga memerlukan visi yang mampu melihat kebutuhan di masa depan. Pasalnya, masih banyak orang yang masih belum bisa menentukan antara keuangan dan kebutuhan dan berujung pada perilaku boros.

Buatlah rencana keuangan dengan memilah mana yang merupakan kebutuhan atau keinginan. Hal tersebut mempermudah Anda untuk bisa mengeluarkan uang untuk tujuan yang tepat dan memang prioritas.

Siapkan Dana Darurat

Meskipun pengeluaran dan pemasukan sudah tercatat dengan baik, namun bukan berarti Anda tidak memperhatikan dana darurat. Dana ini sangat penting untuk keperluan yang mendesak dan diluar dugaan atau perencanaan.

Dana darurat biasanya merupakan dana sisa dari seluruh keuangan yang sudah dialokasikan untuk pengeluaran lainnya. Untuk menjaga agar dana ini tidak terpakai di saat yang tidak mendesak, maka Anda bisa menaruhnya dalam brankas atau menyimpannya dalam bentuk logam mulia. 

Catat Jumlah Tabungan dan Aset Lainnya

Setelah semua daftar perencanaan keuangan telah disusun, maka perhatikan seluruh tabungan dan aset yang Anda miliki. Hal ini untuk melihat sejauh mana kemampuan finansial Anda dalam kurun waktu Anda bekerja.

Bandingkan antara Jumlah Aset dan Utang

Beberapa orang dalam waktu yang mendesak mungkin lebih memilih untuk berhutang. Namun, perhatikan apakah jumlah aset apakah lebih besar atau lebih kecil daripada utang yang harus ditanggung.

BACA JUGA: Mau Bebas Finansial? Tiru Kebiasaan Ini

Lebih baik lagi jika Anda menghindari utang dalam keadaan yang mendesak sekalipun. Maka dari itu, perlu menerapkan persiapan dana darurat agar nantinya dapat menggunakan dana darurat daripada harus berhutang. 

Pengelolaan finansial

Itulah beberapa cara perempuan cerdas dalam melakukan kelola finansial, sebaiknya setelah ini bisa diterapkan untuk kebutuhan finansial Anda.