Ingin Sukses? Inilah Ciri-ciri Orang Sukses yang Harus Dimiliki

Copytrade.blog – Siapa yang tidak ingin sukses, setiap orang pasti menginginkanya, sukses merupakan suatu hal yang diinginkan oleh setiap orang.

Menjadi sukses akan memudahkan kita menjalani kehidupan, ditengah tuntutan zaman yang semakin banyak, memiliki kemudahan finansial adalah salah-satu jalan untuk mendapatkan kebahagiaan.

Jalan menuju kesuksesan tidak mudah namun tidak berarti tidak ada cara untuk meraihnya, berpikir dan mempertimbangan hal yang diinginkan itu perlu, namun jika tidak ada tindakan nyata untuk mewujudkan ya sama saja.   

Karena jika kita memiliki keinginan untuk sukses dalam bidang apapun perlu adanya tindakan nyata yang harus dilakukan.

Mungkin kita sering mengamati latar belakang orang sukses dan kesemuanya memiliki jalan berbeda-beda hingga mereka menjadi sukses seperti sekarang.

Memang jalan menuju kesuksesan setiap orang itu berbeda, namun ada beberapa kesamaan ciri-ciri orang sukses yang bisa kita ikuti.

Baca: Bukan PNS, Anak Muda Milenial Lebih Tertarik Terjun ke Dunia Bisnis

Nah kali copytrade.blog akan merangkum beberapa ciri-ciri orang sukses yang diambil dari beberapa sumber. Berikut ulasannya:  

1. Keras Kepala

Loh kok keras kepala? nanti dulu, bukan berarti orang yang memiliki sifat keras kepala adalah orang yang tidak baik, keras kepala disini adalah orang yang teguh pada pendirian dan yakin akan apa yang ia lakukan.

Tentunya semua itu harus diimbangi dengan pertimbangan yang matang dan keyakinan kuat bahwa kesuksesan kelak akan kita dapatkan.

Tidak mudah goyah akan omongan orang lain, karena kebanyakan orang biasanya selalu menjustifikasi hal negatif tentang sesuatu hal yang sedang kita perjuangkan.   

2. Petarung

Banyak orang gagal karena dia bukan ‘petarung”, pertarung disini adalah orang yang berani mengambil risiko dan siap bekerja keras menjalankan apa yang kita ingin lakukan.

Tidak ada hal di dunia ini tanpa risiko, ini berlaku juga di dunia bisnis, kebanyakan orang sudah takut terlebih dahulu ketika akan melangkah.

Ciri orang sukses salah-satunya adalah dia bisa mengelola risiko itu dengan baik dan bisa meminimalisir risiko sedikit mungkin. Bahwa jatuh bangun dalam dunia bisnis itu biasa kalau kita bukan petarung yang tangguh kita akan cepatkalah dengan keadaan.

3. Pandai Membaca Peluang

Ciri selanjutnya adalah orang sukses adalah pandai membaca peluang dan mempunyai insting yang baik dalam melakukan terobosan bisnis.

Insting ini perlu diasah dengan terus menerus tidak lahir begitu saja namun perlu proses yang tidak sebentar untuk pandai membaca peluang dengan baik dan membentuk insting.

Seiring ilmu dan pengalaman yang semakin banyak maka pelan tapi pasti kita akan mempunyai kemampuan insting dan membaca peluang dengan baik pula.

4. Bersedia Dikritik

Tidak setiap orang mudah menerima kritikan, kebanyakan orang maunya hanya mendapatkan pujian, bersedia menerima kritikan itu baik karena sebagai manusia kita tak bisa luput dari kesalahan.

Dan kritik merupakan stimulan vitamin yang baik bagi kita untuk lebih baik dimasa yang akan datang. So jangan marah kalau mendapatkan kritik.

Kritik juga bisa menggelorakan semangat bagi kita untuk menuju kesuksesan, bila kelak kita sukses maka dengan sendirinya akan membungkam kritik-kritik negatif tersebut.

5. Mudah Memberi Pujian

Apa susahnya memuji orang? Anggapan itu lekat sering kita dengar, namun nyatanya banyak orang yang memang sukar untuk memuji seseorang, mereka susah mengapresiasi kesuksesan orang lain.

Berbeda kalau kita mendapatkan pujian, kita akan sangat mudah menerima, kalau kita mempunyai ciri tersebut alangkah baiknya cepat-cepat kita buang karena sukar memberikan pujian bukan ciri-ciri orang yang akan mendapatkan kesuksesan.

Mungkin karena rasa iri dan mengagap diri kita terbaik, justru kalau kita mempunyai sifat seperti itu bisa menjadi bumerang dikemudian hari

6. Pandai Bergaul  

Sebagai orang sukses maka sudah seharusnya akan bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda, dan yang jelas tidak semua orang menyukai kita begitupun sebaliknya, mudah bergaul dilingkungan atau supel merupakan ciri-ciri orang sukses.

Orang sukses adalah orang yang bisa diterima oleh setiap kalangan, apalagi bagi pelaku bisnis, pandai bergaul merupakan salah-satu hal yang wajib dimiliki.

Karena kita tidak bisa sendiri dalam menuju kesuksesan, perlu peran serta orang lain untuk menujunya dan manfaat lain ketika kita pandai bergaul adalah kita menjadi banyak teman yang sewaktu-waktu bisa menolong kita dalam mengurai kesulitan.

7. Bukan Pendendam

Tidak ada pendendam yang bisa hidup sukses dan bahagia, sifat pendendam merupakan sifat yang sangat jauh dari ciri-ciri sifat orang sukses.

Mempunyai sifat pendendam bukan ciri-ciri orang sukses, ciri orang sukses adalah gampang memafkan kesalahan orang lain.

8. Pandai berkomunikasi

Banyak orang pintar namun mereka gagap untuk berkomunikasi, komunikasi bagi sebagian orang merupakan hal yang sulit, apalagi bagi kita yang mempunyai kribadian introfet.

Komunikasi yang baik sangat menunjang keberhasilan seseorang karena dari komunikasi kita akan mudah menyampaikan gagasan kepada orang lain dan yang lebih penting komukasi yang baik juga menjadikan orang nyaman berbicara dengan kita.

9. Tidak Pelit Ilmu

Mungkin sekarang kita hidup berkecukupan, namun orang yang pelit ilmu tidak akan bisa menjadi kaya raya, meski sudah bekerja keras sekuat tenaga rejeki yang didapat ya segitu-gitu saja.

Orang yang pelit ilmu tidak usah berpikir akan mempunyai banyak bisnis, lawong mendapatkan teman saja sukar. Mana ada sih orang yang mau beteman dengan orang yang pelit. Hilangkan sifat ini kalau kita ingin menjadi orang sukses.

Jangan khawatir membagi ilmu kepada orang lain, karena tidak serta merta kita akan jatuh miskin, malah sebaliknya orang yang suka memberi ilmu maka akan mendapatkan balasan yang setimpal.

Baca: Tidak ada Matinya! Berikut 5 Bisnis Potensial Bermodal Kecil Cocok Bagi Pemula

10. Pekerja Keras dan Cerdas

Tidak ada kesuksesan tanpa diraih dari kerja keras, banyak orang menginginkan kesuksesan namun malas untuk mejalankannya.

Selain kerja keras juga harus diimbangi dengan kerja cerdas, sebagian kita hanya terpaku pada kerja keras namun tidak bisa untuk bekerja cerdas.

Namun yang perlu kita pikirkan adalah sesuai dengan proporsi dan kemampuan kita, makanya kita harus tahu dulu nih apa kekurangan dan kelebihan diri kita dibandingkan orang lain.

11. Haus akan Ilmu

Orang sukses tidak pernah mengatakan dia pintar, mereka akan selalu merasa bodoh dan terus mengupdate setiap pengetahuan baru.

Orang yang mengatakan dirinya pintar maka akan sulit bagi mereka untuk bisa menambah pengetahuan, karena orang tersebut biasanya menutup diri akan ilmu-ilmu baru yang justru bisa bermanfaat bagi kelangsungan usaha mereka.

Banyak kan kita menjumpai orang sukses dan dia sudah mempunyai segalanya, mengapa masih cape-cape mau melanjutkan studinya yang lebih tinggi atau mempelajari bidang baru yang ia tidak kuasai, ini membuktikan bahwa orang sukses salah-satu cirinya adalah haus akan ilmu.

12. Mendukung Temannya Untuk Sukses

Banyak dari kita yang mungkin menyepelekan usaha teman yang sedang ia rintis, boro-boro mendukung malah nyinyir usaha teman, itu banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri orang sukses malah sebaliknya mereka akan mendukung temannya untuk sukses, membantunya ketika dalam kesusahan.

Ciri orang sukses tidak takut kalau temannya jauh lebih sukses dari kita, karena ia juga menyakini dirinya kelak akan menjadi sukses, justru saling mendukung dan membantu teman untuk sukses akan dilakukan bagi orang yang memiliki ciri menjadi sukses.  

13. Jadi Pendengar yang Baik

Banyak dari kita tidak bisa menjadi pendengar yang baik, sebagian orang maunya didengarkan, padahal menjadi pendengar yang baik merupakan salah-satu ciri mendaptkan kesuksesan.

Banyak orang yang lebih suka mendominasi pembicaraan, mungkin dikiranya supaya terlihat pintar dimata orang lain. Justru malah sebaliknya banyak orang yang tidak suka melihat orang banyak bicara.

Ciri orang sukses lebih terlihat lebih pasif bahkan kalau bertemu dengan teman akan menghindari obrolan yang serius, kecuali kalau teman bicaranya memulai terlebih dahulu obrolan yang serius.

14. Berpikir Dewasa

Banyak dari kita tidak mempunyai sikap leadership dengan baik, akan gagap dalam menghadapai sebuah masalah dan pemimpin yang baik adalah orang yang dewasa dalam berpikir.

Tidak gampang memang menjadi dewasa, jangan salah orang dewasa itu cepe loh, karena ia harus mendengarkan masukan dari setiap orang dan mengambil keputusan sebaik mungkin guna menghindari munculnya konflik.  

Tapi kalau kalau mempunyai sifat dewasa sudah memiliki salah satu ciri tuh untuk mendapatkan kesuksesan. Meski cape namun jangan lelah untuk menjadi dewasa.

Nah itulah tadi 14 ciri-ciri orang sukses, apakah kalian sudah memiliki ciri tersebut kalau ia kita mempunyai peluang besar menjadi orang sukses dikemudian hari.

Baca juga: Ingin Sukses di Usia Muda? Berikut kuncinya