Ini Cara Menjual Foto di Shutterstock, Coba Sekarang

Saat ini, menjual foto di Shutterstock bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin mendapatkan keuntungan. Situs ini menawarkan cara bergabung dan sistem unggah yang mudah yang bisa Anda coba.

Kegiatan menjual foto di Shutterstock menjadikan keuntungan yang diberikan bagi kontributor. Kontributor bisa menjual berbagai karyanya mulai dari foto, video, maupun ilustrasi dalam situs Shutterstock.

Keuntungan yang didapatkan kontributor saat menjual foto di Shutterstock berasal dari jumlah unduhan. Jadi, setiap unduhan akan bernilai uang yang bisa dikatakan sebagai royalty untuk kontributor.

Meskipun tidak memiliki aturan yang tetap mengenai karakteristik karya yang diunggah, bukan berarti semua jenis karya bisa diunggah ke situs ini. Kegiatan menjual foto di Shutterstock perlu memperhatikan sisi keunikan, kualitas, dan kesesuaian antara tema dan kebutuhan penggunanya.

BACA JUGA: Patut Dicoba! Berikut Ide Bisnis Teknologi yang Menguntungkan

Sejak 2003

Shutterstock berdiri sejak 2003

Shutterstock merupakan platform global yang bisa dinikmati untuk melihat berbagai stok foto, alat editing, ataupun rekaman. Kantor Shutterstock sendiri berpusat di New York dan berdiri sejak tahun 2003 dengan Jon Oringer sebagai pencetusnya.

Hingga saat ini, sudah ada ratusan juta stok foto yang tersedia dalam situs Shutterstock. Kabar baiknya, karya yang Anda miliki juga bisa menjadi salah satu dari ratusan juta stok foto yang tersedia.

Kesempatan menjadi kontributor seringkali dilewatkan karena proses registrasi dan verifikasi yang memakan waktu. Namun, kami akan memberikan cara menjual foto di Shutterstock agar bisa mendapatkan keuntungan.

Langkah – Langkah Menjual Foto di Shutterstock

Cara menjadi kontributor dan menjual foto di Shutterstock
  • Awali dengan mengunjungi situs kontributor Shutterstock (Klik di sini)
  • Pilih menu “Get Started” (ikon berwarna merah)
  • Isi data yang diperlukan, meliputi nama lengkap, display name untuk credit, dan email beserta passwordnya
  • Konfirmasi bahwa Anda sudah berusia 18 tahun ke atas dan lakukan verifikasi captcha untuk melaju ke tahap selanjutnya
  • Pilih menu “Next” dan tunggu tautan verifikasi dari Shutterstock yang dikirimkan melalui email Anda
  • Setelah berhasil, klik “Next” dan masukkan data alamat yang diperlukan situs Shutterstock
  • Jika ingin langsung mengunggah foto, maka klik “Upload”
  • Masukkan file foto yang akan diunggah, klik “Next”
  • Berikan detail foto yang jelas, meliputi deskripsi foto, kategori foto, dan masukkan 7 kata kunci yang sesuai dengan foto, kemudian klik “Submit”
  • Selamat! Anda sudah menjadi bagian dari kontributor Shutterstock dan berhasil mengunggah foto

Itulah cara untuk menjadi kontributor di Shutterstock bagi Anda yang tertarik mendapatkan keuntungan dari sana.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan, karena foto yang sudah diunggah tidak bisa langsung menjadi uang. Hal tersebut dikarenakan foto yang baru diunggah perlu peninjauan dari Shutterstock, apakah sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang ditetapkan.

Pencairan Dana

Pencairan dana hasil menjual foto di Shutterstock

Dashboard kontributor akan dilengkapi dengan ikon profil dan nama akun kontributor. Klik ikon tersebut dan klik “Account Settings” kemudian isi data kolom “Payout Information” dan klik “Save”.

BACA JUGA: Kalian Boros, 5 Aplikasi Ini Dapat Bantu Kelola Keuangan Loh

Hasil dari menjual foto di Shutterstock akan dikirimkan secara otomatis melalui akun PayPal, Payooner, atau Skrill milik kontributor. Minimum pencairan dibatasi dengan ketentuan minimal USD 35 untuk tarikan tiap bulan.

Jangan lupa untuk mengatur pajak dengan mengunjungi menu “Tax review” dan pilih menu “Individual” serta lengkapi alamat sesuai dengan data diri asli. Hal tersebut berguna agar potongan dana pencairan tidak terlalu membengkak.

Bagaimana? Sudah siap untuk menjadi kontributor di Shutterstock?

BACA JUGA: Ini Website Penghasil Cuan yang Tidak Mengutamakan Skill