Ingin Membuat Kartu Kredit Namun Tidak Memiliki Slip Gaji, Ini Caranya

COPYTRADE.BLOG – Bagi para karyawan memiliki slip gaji terlihat sepele. Namun ternyata memiliki banyak manfaat. Terlebih jika sudah mengajukan pinjaman ataupun kredit, baik ke bank maupun fintech. Lalu bagaimana jika ingin membuat kartu kredit namun tidak memiliki slip gaji.

Selama ini bagi karyawan untuk mengajukan berbagai kredit memang membutuhkan slip gaji. Entah itu Kredit Tanpa Agunan (KTA) Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) hingga membuat kartu kredit. Karena slip gaji menjadi bukti penghasilan bersih.

Ada perusahaan yang memang memberikan slip gaji kepada karyawannya bersamaan saat gajian. Namun ada pula yang tidak otomatis memberikan slip gaji itu, sehingga karyawan harus memintanya ke HRD. Tujuannya tentu agar tidak disalahgunakan.

Cara Membuat Kartu Kredit Namun Tidak Memiliki Slip Gaji

Lalu bagaimana jika ingin buat kartu kredit namun tidak memiliki slip gaji. Biasanya ada syarat lain pengganti slip gaji saat ajukan kartu kredit. Syarat itu antara lain:

Memiliki Deposito di Bank

Sebagaimana diketahui deposito merupakan simpanan di bank yang tidak bisa ditarik sewaktu-waktu. Ada jangka waktu tenor penyimpanan. Mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan.

BACA JUGA : Buka Rekening Jenius dengan Cara Mudah Berikut

Nasabah yang menyimpan tabungannya pada deposito akan memperoleh imbal hasil. Persentasenya lebih tinggi dari bunga bank, rata-rata pada kisaran 5 persen.

Kelebihan menyimpan di deposito lainnya adalah ada jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga simpanan di bawah dua miliar.

Nah coba ajukan deposito yang kamu miliki sebagai jaminan jika ingin buat kartu kredit namun tidak memiliki slip gaji.

Memiliki Rekening Tabungan

Menabung artinya mampu menyisihkan penghasilannya. Tujuannya bisa jadi untuk mempersiapkan kebutuhan di masa depan ataupun untuk kondisi darurat.

Rutinitas transaksi dalam tabungan tentunya akan tercatat dengan baik. Bila saldo di buku tabungan cukup besar dan kamu ingin buat kartu kredit namun tidak memiliki slip gaji maka coba ajukan buku tabungan itu sebagai syarat pengganti slip gaji.

Jika syarat penggantinya adalah buku tabungan, maka alangkah lebih baiknya jika pengajuan kartu kreditnya dengan mendatangi bank secara langsung. Agar bisa komunikasi langsung dengan pihak customer service. Sebagaimana diketahui saat ini pun banyak pengajuan kartu kredit secara online.

Jelaskan pada pihak customer service bahwa kamu tidak memiliki slip gaji namun punya rekening tabungan.

Gunakan Rekening Koran

Rekening koran juga menjadi pertimbangan jika ingin membuat kartu kredit namun tidak memiliki slip gaji. Rekening koran merupakan bukti transaksi dalam satu periode tertentu. Semisal dalam jangka waktu 3 bulan hingga 6 bulan.

Banyak pelaku usaha maupun freelancer yang tidak memiliki slip gaji. Namun mereka mempunyai kemampuan kuangan yang cukup besar. Sehingga jika transaksi di rekening korannya bagus akan cukup mudah buat kartu kredit.

Tentukan Bank Penerbit Kartu Kredit

Sebelum membuat kartu kredit tentukan terlebih dulu bank penerbit yang akan dituju. Pelajari aturan dan kelebihan dari kartu kredit yang mereka ajukan.

buat kartu kredit namun tidak memiliki slip gaji (2)

Ada sejumlah bank yang bisa dipilih saat kamu ingin mengajukan kartu kredit. Beberapa diantaranya :

1. CIMB Niaga

Untuk mengajukan kartu kredit di Bank CIMB Niaga kamu harus berusia minimum usia 21 tahun. Selain itu penghasilan minimal pada Rp 3 jutaan. dan penghasilan bulanan minimum Rp 3 jutaan, kamu sudah bisa melakukan pengajuan.

Beberapa kelebihan kartu kredit di CIMB Niaga antara lain

  • untuk kartu berlogo Mastercard akan ada bebas biaya tahunan. Sedangkan untuk berlogo Visa ada biaya bebas tahunan pada 2 tahun pertama.
  • Ada 13 jenis kartu kredit yang tersedia tergantung fungsi dan limitnya
  • Ada fasilitas fitur e-statement untuk cek data penggunaan kartu kredit
  • Fitur Autopay yang membuat pengguna bisa menentukan sendiri nominal pembayaran tagihannya.
  • Program Quickpay untuk bayar tagihan bulanan

2. BRI

Bank Rakyat Indonesia juga mempunyai produk kredit. Produk kartu Kredit BRI ini mudah diakses siapa saja dan kapan saja.

Kartu kredit dari BRI ini cocok bagi ibu rumah tangga pada umumnya. Sebab kartu tersebut memberikan banyak keuntungan. Seperti promo, diskon harga barang, cashback hingga point rewards.

Pengajuan kartu kredit BRi bisa langsung ke bank ataupun ada melalui marketplace yang sudah kerjasama.

3. Danamon

Bank Danamon juga ada produk kartu kredit yang cukup mudah. Jika usia sudah mencukupi dan memiliki penghasilan sendiri minimal 3 juta bisa mengajukan kartu kredit Classic dari danamon.

Ada beberapa keuntungan dari penggunaan kartu kredit Danamon. Antara lain :

  • ada cashback dari pembayaran taginan sebesar 5 persen
  • Biaya tahunan sebesar Rp 150 ribu pada kartu kredit jenis Classic.

4. BCA

BCA juga menawarkan kartu kredit yang cocok bagi para milenial. Persyaratannya terbilang mudah. Selain itu prosesnya juga cepat.

Kartu kredit dari BCA juga menawarkan keuntungan yang menarik. Seperti promo spesial, pemberian cashback dan ada juga point reward yang bisa ditukar dengan tiket nonton maupun santai di kafe.

Bagi mereka yang sudah memiliki penghasilan sendiri dan menginginkan membuat kartu kredit bisa mempertimbangkan kartu kredit dari BCA.

Selain bank-bank tersebut juga masih ada sejumlah bank yang mengeluarkan kartu kredit dengan beragam fasilitas.

Lengkapi Persyaratan Dokumen

Usai menentukan bank yang dituju untuk mengajukan kartu kredit maka langkah selanjutnya adalah melengkapi persyaratan dokumen. Tiap bank memiliki syarat yang berbeda-beda dalam pengajuan kartu kredit. Namun ada beberapa syarat umum yang dibutuhkan. Antara lain

  • Sudah berusia 21 tahun dengan melampirkan e-KTP ataupun identitas lainnya
  • Buku rekening tabungan guna melihat kondisi keuangan pada tiga bulan terakhir
  • Fotokopi kartu NPWP
  • Untuk karyawan melampirkan Surat Keterangan Penghasilan dan slip gaji
  • Penghasilan minimal Rp 3 juta
  • Bagi pemohon yang sudah memiliki kartu kredit maka harus melampirkan tagihan tiga bulan terakhir

Datangi Kantor Cabang yang Dipilih

Setelah persyaratan lengkap maka datangi kantor pusat maupun kantor cabang yang dipilih. Komunikasikan dengan customer service bank tersebut.
Biasanya ada pengisian formulir dan proses wawancara serta pengecekan. Jika disetujui akan ada konfirmasi dari pihak bank beberapa hari berikutnya.

Jika sudah disetujui biasanya akan ada konfirmasi ulang dari pihak bank terkait pengajuan kartu kredit itu. Pada kisaran 14 hari usai konfirmasi kamu akan menerima kartu kredit yang dikirimkan ke alamat rumahmu.