Karyawan! Berikut Ide Bisnis Sampingan yang Cocok Untuk Kalian

Copytrade.blog – Dengan rutinitas dan tumpukan pekerjaan yang banyak membuat karyawan sulit mendapatkan waktu untuk memulai bisnis. Namun ini tidak menjadi kendala ketika kita bisa memilih bisnis sampingnya yang tepat.

Meski karyawan dan sudah memperoleh pendapatan yang tetap namun kadangkala masih harus mencari usaha sampingan karena kebutuhan hidup yang semakin meningkat.

Oleh karena itu kita harus pandai memutar otak untuk memulai bisnis sampingan disela sela waktu kita dalam bekerja.

Memang tidak mudah melakukan bisnis sembari kita bekerja, namun kita harus melaluinya apabila kita mau meringankan beban finansial dalam sebuah keluarga.

Pilih bisnis sampingan yang memang cocok buat kita dan pastinya menguntungkan. Jangan sampai tujuan kita mendapatkan uang malah kebalikannya kita mendapat kerugian.

Bila itu terjadi bukannya membantu meringankan finansial malah sebaliknya semakin memperberat beban keuangan. Maka sudah sewajarnya kita harus berhati hati ketika memilih bisnis sampingan yang akan kita jalani.

Bila kita pemula sebaiknya pilih bisnis sampingan yang risikonya minim dam modal yang sedikit sehingga ketika gagal dalam bisnis tersebut tidak akan berdampak terlalu serius dalam kondisi keuangan kita.

Baca: Termasuk Indonesia? Inilah 12 Negara dengan Ekonomi Terkuat di Dunia

Nah kali ini copytrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber tentang bisnis sampingan yang cocok untuk karyawan. Berikut ulasannya;

1. Menjual Pulsa dan Paket Data Elektrik                                        

Menjadi agen pulsa dan paket data elektrik merupakan pilihan bisnis sampingan yang pas bagi seorang karyawan, selain modal yang minim menjual pulsa tidak akan banyak menyita waktu pekerjaan.

Dengan menjual pulsa kita bisa mendapatkan pemasukan yang lumayan. Kita mulai berjualan untuk melayani teman kantor. Karena dengan rutinitas pekerjaan, biasanya karyawan akan malas membeli pulsa jika harus keluar ruangan.

Apalagi dengan kondisi sekarang dimana ponsel menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Ponsel juga bisa menunjang pekerjaan, jadi selain digunakan sebagai alat komunikasi nyatanya ponsel digunakan sekarang untuk memperlancar pekerjaan.   

2. Menjual Menu Sarapan

Tidak semua orang ketika berangkat ke kantor akan bisa menyempatkan diri untuk sarapan. Karena pagi hari merupakan waktu yang singkat. Apalagi bagi kita yang rumahnya jauh dari tempat kerja kita tidak akan banyak waktu di pagi hari.

Selain waktu yang singkat banyak orang yang tidak biasa sarapan dipagi hari. Mereka biasanya memulai sarapan sekitar jam 9 pagi. Untuk itu mereka langsung memilih berangkat ke kantor.

Tidak perlu berpikir bahwa kita akan dibuat repot, harus masak sendiri, pesan saja menu sarapan ke warung untuk diajak bekerjasama kita hanya mengambil margin dari hasil penjualan.  

3. Menjual Foto di Internet

Jika Anda mempunyai hobi fotografi bisnis sampingan ini cocok buat kalian untuk dijalani, bisnis ini tidak memerlukan modal sama sekali karena sekarang kualitas foto dari ponsel sudah tidak kalah dengan kamera profesional. Kita hanya perlu menggunakan ponsel kita lalu pelajari teknik foto yang menarik.

Anda bisa menjual hasil jepretanmu melalui situs penjualan foto yang sudah banyak tersedia di internet. Semisal ShutterStock.com dan Istockphoto.com setelah itu kita akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Siapkan juga akun PayPal Anda agar Anda mudah menerima komisi yang diperoleh dari situs-situs tersebut.

4. Membuat Blog

Pilihan usaha sampingan yang lain adalah dengan membuat blog, namun usaha sampingan ini perlu waktu lumayan panjang hingga dapat menghasilkan uang. Rata rata blog yang sudah dapat di monetize berumur sekitar 1 tahun, itupun ditunjang dengan konten konten yang menarik untuk para pembaca.

Jika Anda kesulitan dalam mengisi blog Anda kini banyak penyedia jasa pembuatan tulisan dengan harga yang besahabat.

Jika mempunyai blog dizaman sekarang merupakan peluang bisnis yang menjanjikan selain mendapat uang dari google adsen, kini banyak perusahaan yang mengajak kerja sama untuk iklan iklan tertentu yang nilainya tidak sedikit.

5. Membuat Toko Online

Dengan semakin maraknya orang berbelanja online menjadikan bisnis sampingan ini menjanjikan untuk dijalankan. Bisnis online kini sedang merajai di Indonesia dan mengalahkan bisnis konvensional.

Situs situs jual beli online seperti Tokopedia dan Bukalapak kini seakan tidak pernah sepi dari pembeli karena kencenderungan masyarakat sekarang yang lebih tertarik membeli barang yang diingkan secara online.

Kita tidak perlu membuat toko online sekaliber Tokopedia, kita cukup buka akun saja di e-commerce yang sudah mapan di Indonesia, dengan membuka akun kita bisa menjual produk produk yang akan kita jual.

6. Menjadi Frelancer

Jika kamu tidak mau ribed membuat blog memilih bisnis freelancer merupakan pilihan yang pas, karena bila kita mempunyai ketrampilan menulis kita bisa menjual hasil tulisan kita kepada para pemilik blog.

Jika kamu tidak mempunyai ketrampilan menulis masih banyak peluang berkarir untuk menjadi freelancer seperti menjadi admin medial sosial.

Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan media sosial akhir akhir ini semakin pesat dan juga bisa menghasilkan uang. Bila akun media sosial sudah besar dan sudah dapat menghasilkan uang biasanya memerlukan admin untuk mengelola media sosial tersebut.

Baca: Mau Berinvestasi? Berikut Jenis Investasi yang Terus Tumbuh di Indonesia

7. Menjual Pakaian Santai

Dikantor seringkali kita temuai para pedagang menjajalkan jualannya. Mereka sengaja datang ke kantor untuk menjemput pembeli. Biasanya pedang tersebut langsung di serbu oleh ibu ibu untuk mencoba barang dagangan yang ditawarkan.

Melihat kenyataan itu tidak ada salahnya menjual pakaian sebagai usaha sampingan kita ketika sedang berada di kantor, kita bisa menjual pakian santai seperti celana dan kaos yang justru banyak dicari oleh orang kantoran untuk pakaian santai di rumah.

Selain menjual secara konvensional kita juga bisa menjual produk produk kita dengan menjualnya lewat online.

8. Menjual Makanan Kecil

Cemilan atau makanan kecil cocok untuk usaha sampingan para karyawan, karena bisnis ini mudah dijalankan dan tidak memakan banyak waktu. Kita bisa menjual makanan kering yang memang lebih tahan lama.

Makan kecil sebagai cemilan juga digemari oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia, makanan ini laris manis dalam sisi penjualannya.

Kita bisa menjual jenis produk produk makanan kecil seperti aneka kue kering, kacang dan berbagai jenis makan kecil yang kini banyak dijual di warung atau langsung saja ke usaha rumahan yang tersedia.   

9. Broker Properti

Pekerjaan yang paling mudah hanya menjadi perantara atau broker. Pekerjaan ini tidak memerlukan modal sedikitpun yang perlu kita kuasai ketika akan menjadi broker hanyalah bahasa dan komunikasi kita terhadap orang.

Komunikasi dan cara penyampaian ini penting dan harus kita kuasai ketika akan menjadi broker properti, tetapi lazimnya kemampuan marketing akan lahir hasil dari banyaknya pengalaman yang dialami.

Yang paling penting justru kita harus mengetahui secara detail produk properti yang akan kita jual sehingga memudahkan kita dalam melakukan penawaran.  

10. Membuat Vlog

Sudah banyak kisah sukses hasil dari membuat vlog, dan kini banyak sekali konten kreator bermunculan, karena memang menjadi youtuber di zaman sekarang bisa menjanjikan pundi pundi uang yang melimpah.

Menjadi seorang vloger bisa menjadi pilihan usaha sampingan kita yang menjanjikan asalkan pilihan konten kita menarik untuk ditonton, sama halnya seperti blog kita bisa mendapatkan keuntungan dari google adsen.

Belakangan youtube menjadi pilihan favorit untuk masyarakat Indonesia,  khususnya bagi kaum milenial, karena memang youtube sudah mengalahkan dominasi TV pada masa sekarang. Ditambah lagi dengan para provider telekomunikasi yang banyak menyadiakan bonus gratis untuk bisa mengakses layanan ini.  

11. Investasi Saham

Jika kita benar benar tidak ada waktu karena kesibukan kita namun kita sadar akan pentingnya investasi maka bisnis sampingangan yang perlu dicoba adalah menyertakan beberapa modal kita pada investasi saham.

Ada beberapa pilihan jenis investasi saham yang bisa kita pilih disesuaikan dengan kecenderunagan dan kemampuan kita dalam menganalisa sebuah investasi.

Namun sebelum terjun ke bisnis sampingan ini kita harus benar benar mempelajari seluk beluk jenis ivestasi yang akan kita geluti karena bisnis investasi memiliki risiko yang cukup besar bila kita tidak menguasai.

12. Investasi Trading

Sama halnya seperti bisnis investasi saham, investasi di dunia trading juga memiliki risiko yang besar namun juga memiliki peluang yang tak kalah besar untuk mendapatkan keuntungan.

Di dalam bisnis investasi trading memang kita dituntut untuk bisa menganalisa secara mendalam berkaitan dengan pilihan platform trading yang kita geluti.

Investasi trading kini banyak digandrungi sebagai salah satu bisnis sampingan bagi karyawan karena bisa dijalankan dengan mudah hanya dengan bermodal ponsel.

Baca juga: Menguntungkan! Berikut Bisnis Peternakan Potensial yang Menjanjikan