Peluang Ide Bisnis Properti, Mau Coba?

Copytrade.blog – Bisnis properti di Indonesia sedang mengalami fase kenaikan, bisnis ini merupakan bisnis investasi yang sangat meguntungkan jika dijalankan pada masa sekarang.  

Nilai pergerakan bisnis ini dari tahun ke tahun mengalami pengingkatan data dari Bank Indonesia menyebutkan bahwa indeks harga properti residensial pada periode tersebut sebesar 210.33. Angka ini tumbuh 1,8% dari periode yang sama tahun lalu.

Bila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, pertumbuhannya 0,5%. Pertumbuhan harga properti tertinggi terjadi pada tipe rumah kecil yaitu 2,92% secara tahunan dan 0,96% secara kuartalan, dengan indeks 249,36. Sementara pertumbuhan terendah terdapat pada rumah tipe besar sebesar 1,07% secara tahunan dan 0,24% secara kuartalan, dengan indeks 176,66.

Bisnis properti mengalami tren yang posisitif dan akan terus bergerak maju, investasi residensial/rumah merupakan jenis investasi yang paling banyak dicari, entah untuk rumah tinggal prinadi maupun untuk investasi yang lain.

Selama ini jenis investasi properti yang kita kenal mungkin hanya rumah, yang memang banyak pangsa yang mencari, tetapi sebenarnya bisnis properti itu bermacam macam jenisnnya selain rumah/residensial masih ada jenis bangunan industri, bangunan komerisl dan penelitian pengembangan.

Jenis bisnis properti kesemuanya memiliki prospek yang cerah apalagi sekarang pemerintah sedang gencar gencarnya membangun infrastruktur  disegala pelosok Indonesia. Yang akan menambah nilai jual dalam bisnis ini.

Namun bisnis properti dikenal merupakan bisnis untuk orang orang kaya yang memiliki modal besar. Iya tidak salah. Namun tidak juga semuanya benar. Kita juga bisa bermain di bisnis ini meski tidak punya modal sama sekali loh.

Misalanya saja kita menjadi broker property. Tugas kita mempertemukan antara penjual dan pembeli, dari situ juga Anda bisa mempunyai penghasilan dari bisnis ini dengan tanpa megeluarkan modal.  

Baca: Inilah, Peluang Ide Bisnis Kreatif yang Patut Dicoba

Kali ini copytrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber tentang apa saja peluang bisnis properti yang patut untuk dijalani. Berikut ulasannya:

1. Penyewaan Kost Kostan

Ide bisnis properti yang pertama adalah menyewakan kost kostan. Dengan semakin mahalnya properti tidak semua orang mampu dengan mudah untuk membelinya.

Untuk itu banyak orang yang memilih kost kostan sebagai tempat tinggal sementara selam mereka sekolah atau bekerja.

Selain pekerja atau kalangan karyawan tempat kost juga laris manis oleh pelajar maupun buruh pabrik. Untuk itu memilih lokasi kos sangat penting jika Anda mau sukses dalam bisnis ini. Pilihlah lokasi yang dekat dengan tempat kerja atau sekolah.

Bisnis ini terbilang bisnis yang gampang dan sangat bisa ditinggal tinggal jadi cocok bagi Anda yang mempunyai aktivitas tinggi namun ingin berinvestasi dibidang properti.

Selain investasi rumah kita juga bisa menghasilkan bulanan dari hasil menyewakannya. Kost kostan merupakan ide bisnis properti yang mudah dan menjanjikan. Yang perlu kita persiapkan hanyalah modal.

Jika Anda mempunyai modal usaha uang yang cukup besar bisa memulai bisnis properti ini dengan membuat rumah kost kostan dengan banyak kamar. Semakin banyak kamar kost maka semakin besar penghasilan bulanan yang didapatkan dari bisnis properti ini.

2. Bisnis Jual Beli Tanah

Ide bisnis properti selanjutnya yang memiliki prospek cerah adalah jaul beli tanah. Seperti yang kita ketahui tanah setiap hari harganya semakin meningkat, jadi sangat menjanjikan jika kita akan terjun ke bisnis ini.

Dengan bisnis ini juga bisa membuat orang menjadi kaya raya, bila kita memiliki tanah yang lokasinya strategis maka kita akan mendapat banyak keuntungan secara cepat.

Karena bisnis jual beli tanah atau properti merupakan bisnis yang prospektif, dapat mendatangkan keuntungan besar dalam jangka waktu yang relatif sebentar.    

Tapi ternyata, di samping keuntungannya yang memikat, investasi atau bisnis jual beli tanah juga memiliki risiko kerugian, jadi kita harus berhati hati dalam melakukan bisnis ini.

Bisa saja tanah yang kita akan beli merupakan tanah sengketa atau tanah tidak sesuai ukuran pada saat ditawarkaan bukan untung yang kita dapat malah buntung bila itu terjadi pada kita.

3. Bisnis Jual Beli Rumah Bekas

Seketika menjalankan bisnis jaul beli rumah bekas merupakan pekerjaan yang mudah namun disetiap pekerjaan pasti ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi.

Jadi jika kamu tertarik untuk terjun ke jual beli rumah bekas harus memahami benar seluk beluk bisnis ini supaya tidak mengalami kerugian dikemudian hari.

Ada beberapa hal yang perlu kita pelajari dalam bisnis ini seperti, pastikan rumah bersertifikat lengkap, lalu yang tidak kalah penting adalah periksa secara teliti kondisi rumah yang akan kita beli.

Kalau kondisi rumah baik dan harga yang ditawarkan masih masuk dalam perhitungan kita, maka ambil. Tapi jika kondisi rumah buruk, banyak yang harus diperbaiki dan harganya pun selangit, maka tinggalkan.

4. Bisnis Jual Beli Apartemen

Salah satu jenis investasi yang popular di kota kota besar adalah jual beli apartemen. Bisnis ini sedang berkembang maju khususnya di kota kota besar yang mulai sulit mencari tanah dan apartemen menjadi salah satu solusi untuk menjadi tempat tinggal.

Banyak orang kini tertarik berinvestasi di apartemen karena para pengembang menawarkan pembeliian yang mudah dengan cara bisa mengkreditnya.

Dalam proses pembeliannya pun tidak berbelit belit relatif lebih mudah daripada saat membeli rumah di perumahan.

Seiring berjalannya waktu apartemen yang kita beli akan semakain memiliki harga jual yang tinggi. Jadi memilih jual beli apartemen dalam bisnis properti merupakan pilihan yang sangat menjanjikan.

5. Bisnis Jual Beli Ruko

Ide bisnis properti selanjutnya yang mampu menghantarkan seseorang menjadi milyader adalah bisnis jual beli ruko. Anda bisa membeli sebuah rumah toko di lokasi yang strategis. Kemudian membuka sebuah bisnis atau usaha di ruko tersebut sehingga menghasilkan keuntungan yang lumayan besar.

Pilihan lainnya adalah anda bisa menyewakan ruko tersebut hingga memperoleh pasif income perbulan atau pertahun.

Selanjutnya seiring bertambah waktu, harga jual ruko mengalami kenaikan cukup pesat dan anda bisa menjual ruko tersebut untuk memperoleh keuntungan yang sangat besar.

6. Bisnis Jual Beli Rumah Baru

Ide bisnis property selanjunya yang layak dicoba adalah jual beli rumah baru. Bisnis ini cocok bagi kita yang memiliki modal yang besar. Karena kita harus banyak mengelurkan biaya untuk membeli rumah baru  apalagi jika rumah tersebut berada di lokasi strategis.

Selain modal kita juga perlu mempelajari ilmu marketing yang baik apalagi jika kita merupakan pemain tunggal harus benar benar bekerja keras.

Namun agaknya di dunia internet seperti sekarang, hal tersebut bukan menjadi masalah yang serius, karena kita bisa memasarkan rumah kita dengan system online atau bisa juga mengiklanlkannya pada internet.  

7. Broker Properti

Menjadi broker property sangat menjanjikan dan tidak perlu modal sama sekali. Kita hanya cukup menjadi perantara antara penjual dan pembeli, jika suatu properti berhasil dijualkan maka kita akan mendapat komisi dari hari penjualannya.  

Inilah bisnis properti  yang cocok bagi pemula untuk belajar usaha dalam bidang properti. Selain tanpa modal menjadi broker property juga bisa mengasah kemampuan marketing kita.

Selain itu menjadi broker propert juga resiko sangat minim, sehingga tidak ada kerugian yang akan kita tanggung bila ada sebuah permasalahan.  

8. Bisnis Membuka Perusahaan Properti

Terakhir bisnis properti yang bisa membuat Anda menjadi milyader adalah membuka perusahaan properti.

Bisnis ini memerlukan modal segudang, jadi cocok bagi Anda yang mempunyai modal banyak namun masih bingung akan menginvestasikan kemana.

Salah satu pilihan yang masuk akan adal di properti, selain modal Anda juga harus mempunyai kemampuan manajerial yang baik. Karena bisnis Anda akan melibatkan banyak orang.

Dengan kepemimpian yang baik dan tim yang tangguh maka menjadi milyader dalam bisnis property merupakan hal yang sangat mungkin terjadi karean nilai bisnis ini sangat tinggi.

Itulah beberapa ide bisnis properti yang potensial dimasa sekarang. Bisnis property merupakan salah satu bisnis yang sedang berkembang pesat di Indonesia, jika kita jeli dan bisa memanfaatkan peluang kita bisa mendapatkan kesuksesan pada bisnis ini.

Bisnis properti merupakan salah satu pengeruk yang mudah untuk menghasilkan pundi pundi uang dari hasil keuntungan yang didapat.

Baca juga: Wow! Berikut Ide Bisnis Kesehatan yang Menggiurkan