Menguntungkan! Berikut Bisnis Peternakan Potensial yang Menjanjikan

Copytrade.blog – Dengan tanah yang subur dan lahan yang begitu  luas maka Indonesia sangat berpotensi menjadi raja peternakan dunia. Namun sayangnya beberapa kebutuhan pangan hasil dari peternakan masih banyak di impor dari Negara lain.

Artinya bahwa untuk mencukupi kebutuhan pokok dalam negeri saja belum bisa, mana mungkin bisa kita bisa eksport ke Negara lain. Itulah salah satu kelemahan kita dalam penyediaan kebutuhan hasil peternakan.

Banyak orang enggan terjun ke bisnis peternakan, apalagi bagi sebagian anak muda milenial. Bisnis perternakan dipandang bisnis yang tidak bisa menguntungkan juga dipandang tidak keren.

Padahal permintaan pasar terkait dengan hasil peternakan semaking tinggi jadi peluang bisnis peternakan tergolong bisnis yang menjanjikan pada masa sekarang. Maka tidak usah ragu untuk memulai bisnis petenakan, karena peluang bisnis ini tergolong potensial dan pundi pundi keuntungan pun nyata di depan mata.  

Bisnis peternakan memiliki prospek usaha yang cerah. Bisnis ini tak pernah sepi pembeli. Selain daging untuk dikonsumsi, ada juga yang menjual dengan memanfaatkan ternak mereka dengan lini bisnis lain seperti susu pada sapi, telur pada ayam dan juga pupuk pada kandang ternak.

Baik daging maupun telur dan pupuk kandang dalam bisnis peternakan sama-sama menjanjikan bila dijalankan karena sama-sama memiliki pangsa yang besar, daging dan telur juga banyak dicari karena mengandung gizi yang tinggi bila dikonsumsi.   

Seiring dengan berjalannya waktu, hewan ternak nyatanya tak melulu seputar sapi dan ayam yang memang sudah familiar dalam dunia peternakan di Indonesia. Sekarang mulai muncul peternak beberapa hewan lain seperti kelinci dan burung puyuh.

Namun Jika kalian pemula sebaiknya pilih jenis hewan ternak yang mudah dipelihara dan pakan yang masih melimpah luah, karena pakan merupakan kos pengeluaran termahal dalam bisnis peternakan.

Baca: Bangkit! Inilah 60 Motivasi Bisnis Dahsyat Membuat Kita Kembali Bersemangat

Nah kali ini copytrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber bisnis macam macam bisnis peternakan yang menjanjikan dalam masa sekarang. Berikut ulasannya;

1. Berternak Burung Berkicau

Peminat burung kicau di Indonesia kini semakin besar, ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang mulai memelihara burung. Jenis jenis burung tertentu juga mempunyai harga jual yang tinggi di Indonesia.

Namun meski peminatnya banyak ternyata ternak burung menjadi hal yang belum marak dijalankan oleh masyarakat di Indonesia. Karena beternak burung berkicau bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan.

Namun melihat pangsa yang menjanjikan memimilih peternak burung kicau merupakan pilihan yang patut dicoba apalagi ketika kita mempunya Hobi memelihara burung karena hobi yang disukai pun nyatanya mampu menghasilkan keuntungan yang menguntungkan, apalagi jika menjalankannya dengan tekun dan sabar.

2. Berternak Ayam Potong

Kebutuhan daging ayam di Indonesia relatif tinggi, pangsa yang besar dan tidak pernah mati menjadi salah satu keuntungan memilih bisnis ternak ini. Selain harga yang terjangkau bagi klas masyarakat manapun daging ayam banyak disukai karena rasanya yang gurih.

Selain itu daging ayam juga menjadi kerap digunakan untuk bahan olahan lain dalam membuat makanan, ini menjadikan pangsa yang luas dan potensial bila dijalankan dengan telaten dan tekun.

Ada beberapa skema yang memudahkan para peternak dalam memelihara ayam potong. Kebanyakan skema yang dijalankan adalah skema bagi hasil dengan perusahaan lain, namun ada juga yang beternak mandiri, selain lebih menguntungkan  beternak mandiri juga lebih leluasa bagi peternak untuk menjalankan bisnisnya.  

3. Berternak Bebek

Salah satu hasil pertenakan yang banyak dicari oleh pangsa adalah daging bebek, karena banyak orang yang menyukai daging bebek selain rasanya yang gurih daging bebek banyak dicari orang yang tidak suka mengkonsumsi daging ayam potong.

Pangsa yang besar dan harga jual yang tinggi menjadikan bisnis ini potensial untuk dijalankan. Terlebih belum banyak orang yang terjun ke bisnis ini. Karena beternak bebek dianggap ribed dan kotor.

Dengan semakin sedikit peternak dan permintaan pasar semakin besar maka menjalankan bisnis ini adalah pilihan yang pas jika kita tertarik dalam bisnis peternakan, selain daging bebek juga bisa menghasilkan telur yang juga mempunyai harga jual tinggi di pasaran.

4. Berternak Kambing

Selain sapi daging kambing juga banyak diminati oleh sebagian masyarakat di Indonesia, apalagi pagi para penggemar sate, pasti sudah akrab dengan makanan yang satu ini.

Selain sate, daging kambing juga bisa dioleh menjadi berbagai olahan daging yang menarik dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat seperti sop kambing dan berbagai olahan yang lain yang menggugah selera.

Sebagai salah satu daging yang banyak disukai masyarakat di Indonesia, beternak kambing menjadi salah satu bisnis ternak yang menjanjikan untuk dijalankan terlebih lagi pakan sebagai makanan hewan tersebut masih banyak tersedia di sekitar kita khususnya bagi kita yang tinggal di pedesaan.

5. Berternak Sapi                                                                                             

Sealin ayam dan kambing masyarakat Indonesia juga gemar makan daging sapi, terlebih bagi kita yang mau menghindari kolestron namun ingin makan daging maka daging sapi adalah pilihan yang pas untuk dikonsumsi.

Daging sapi terbilang lebih sehat dikonsumsi selain itu daging sapi lebih empuk dan nikmat sehingga banyak yang suka  dengan jenis daging ini. Selain daging, sapi juga banyak dicari dalam momen momen keagamaan seperti Idul Adha, dalam momen ini harga jual sapi biasanya melonjak tinggi.

Namun bagi pemula beternak sapi bukan perkara yang mudah untuk dijalankan, sapi terbilang sulit untuk dirawat dan pakan untuk hewan ini juga terbilang langka, namun dengan kerja keras dan ketekunan tidak menutup kemungkinan kita bisa sukses menjalankan bisnis ini, karena keuntungan yang didapat relatif besar.  

6. Berternak Kelinci

Selain untuk komsumsi kelinci juga banyak dipelihara orang karena hewan ini merupakan hewan yang lucu untuk dipelihara. Kelinci banyak disukai oleh anak anak namun sekarang tidak hanya anak banyak orang dewasa yang juga memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan mereka.

Selain sate ayam atau kambing sekarang juga banyak orang yang mencari sate kelinci, daging kelinci juga dipercaya oleh beberapa orang dapat menyebuhkan berbagai penyakit.

Sehingga pangsa kelinci terbilang besar di masa sekarang, untuk itu tidak ada salahnya bagi kita yang akan terjun ke bisnis peternakan untuk memilih ternak yang satu ini. Selain pemeliharaan yang lebih mudah, beternak kelinci juga tidak memerlukan biaya yang terbilang tinggi.  

Baca: Mau Berinvestasi? Berikut Jenis Investasi yang Terus Tumbuh di Indonesia

7. Berternak Ikan Lele

Bagi kita penggemar makanan lamongan sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan yang satu ini. Ya lele, lele merupakan salah satu jenis ikan yang juga digemari oleh masyarakat Indonesia.

Lele merupakan jenis makanan alternatif pengganti daging, bilamana orang bosan dengan olahan daging maka mereka biasanya memilih ikan lele untuk dikonsumsi.

Ikan lele terkenal juga sebagai ikan yang tahan banting tidak mudah terkena penyakit, ini menjadi salah satu faktor para peternak memilih jenis ikan ini untuk dibudidayakan. Memilih bisnis budidaya ikan lele merupakan tawaran bisnis yang menjanjikan selain menjanjikan keuntungan merawat ikan jenis ini tidak terbilang lebih mudah dibandingkan merawat jenis ikan lainnya.

8. Berternak Ikan Hias

Ikan hias merupakan salah satu bisnis petrnakan yang sangat menjanjikan karena akhir akhir ini ikan hias banyak dicari oleh para pencinta ikan. Harga ikan hias pun tergolong lebih mahal dari jenis ikan lainnya.

Pangsa yang sudah terbuka lebar dan peminat yang semakin banyak memilih bisnis beternak ikan hias merupakan pilihan yang menjanjikan untuk dijalankan selain itu ikan hias juga tidak perlu mengelurakan kos besar untuk membeli pakannya.

Jenis ikan hias yang harganya tinggi seperti ikan jenis Koi, ikan ini harga jualnya tinggi satu ekor ikan bisa dihargai dengan harga yang fantastis, meski menawarkan harga jual yang besar memelihara ikan hias juga mempunyai risiko yang tak kalah besar juga, jadi bila kita mau terjun ke bisnis ini hendaknya pahami dulu cara perawatan yang baik sehingga tidak mendapatkan kerugiaan dikemudian hari.

9. Berternak Burung Puyuh

Selain daging burung puyuh juga bisa menghasilkan telur yang menjanjikan nilai jual yang tinggi, burung puyuh kini banyak dicari entah itu untuk komsumsi daging maupun telurnya. Terlebih lagi baik daging dan telurnya mempunyai kandungan gizi yang tinggi bila dikonsumsi.

Modal untuk bertekat burung puyuh sedikit sehingga membuka kesempatan bagi setiap orang untuk bisa beternak hewan yang satu ini, selain itu beternak hewan puyuh juga tidak memerlukan kandang yang besar sehingga bisa dikelola dilingkungan rumah.

Perawatan burung puyuh juga terbilang mudah dan yang menggembirakan adalah burung puyuh terbilang resisten terhadap penyakit, sehingga risiko kegagalan memelihara jenis burung ini minim.  

10. Berternak Domba

Banyak yang mengatakan antara domba dan kambing adalah dua hewan yang sama namun sebenarnya jenis keduanya merupakan hal yang berbeda. Perbedaan yang mudah ditemukan adalah dengan melihat bulunya. Bulu pada kambing itu lurus. Sedangkan domba memiliki bulu yang keriting.  

Selain daging yang dikonsumsi ternak domba juga bisa menghasilkan uang dari menjual bulunya, bulu domba biasanya digunakan untuk membuat bahan wol yang banyak dicari dalam industri tektil.

Jadi memilih bisnis ternak domba terbilang menjanjikan karena selain menjual daging kita juga bisa menghasilkan uang dari menjual bulunya. Berbeda dengan kambing yang melulu hanya menghasilkan daging.

Itulah tadi beberapa bisnis peternakan yang menjanjikan dan mempunyai potensi yang tinggi bila dijalankan. Jadi tak perlu ragu lagi jika kita mau menjalankan bisnis peternakan selain pangsa yang sudah tersedia, bisnis peternakan juga belum banyak, sehingga semakin membuka kesempatan bagi kita untuk sukses di bisnis ini.  

Baca juga : Menggiurkan! Inilah 10 Peluang Bisnis Pertanian yang Menguntungkan