Inilah Ide Bisnis Pariwisata yang Menjanjikan di Indonesia

Copytrade.blog – Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan keindahan alam dari ujung barat hingga ujung timur nusantara, terdapat banyak destinasi wisata yang memanjakan mata. Namun sayangnya promosi keindahan alam di Indonesia belum berjalan dengan maksimal. Padahal dari pariwisata bisa menyumbang pendapatan yang banyak untuk sebuah negara.

Apalagi di Indonesia banyak sekali destinasi wisata yang memiliki nilai jual. Tidak hanya Bali yang memang sudah dikenal oleh dunia, namun masih banyak destinasi wisata di Indonesia yang tak kalah Indah dengan Bali yang sesungguhnya memiliki potensi yang sama.

Didukung dengan kebudayaan yang beragam menjadikan magnet tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung kesuatu daerah dan Indonesia merupakan paket yang lengkap jika mau serius mengembangkan potensi wisata yang ada.

Pelan namun pasti kini agaknya pemerintah mulai sadar akan itu sehingga bisnis wisata mulai digarap dengan serius. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata pendapatan devisa dari sektor pariwisata pada 2015 mencapai US$ 12,23 miliar atau setara Rp 169 triliun.

Jumlah tersebut berada di urutan ke empat sebagai penyumbang devisa terbesar pada 2015, di bawah migas, batu bara dan kelapa sawit. Kemudian pada 2019, pendapatan devisa dari pariwisata ditargetkan sebesar US$ 20 miliar dan menjadi yang terbesar mengalahkan hasil ekspor sawit maupun migas. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah menargetkan 20 juta kunjungan wisman pada 2019.

Dari data tersebut potensi besar pariwisata di Indonesia untuk terus maju dan berkembang. Dan kini tidak hanya pariwisata yang sudah dikenal oleh banyak orang. Destinasi wisata lokal pun semakin marak. Banyak daerah di Indonesia yang menggarap serius sektor pariwisata mereka, menjadi penopang pendapatan daerah setempat.

Tidak hanya wisatawan mancanegara kini wisatawan domestic pun mulai banyak yang berwisata. Karena pengaruh sosial media, mereka berwisata untuk mendapatkan konten foto yang menarik lalu dibagikan di sosial media yang mereka punya.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi para pelaku bisnis pariwisata, untuk dapat mendulang banyak keuntungan, selain turis pangsa besar pun muncul dari generasi muda di Indonesia yang gemar travel, yang sudah membentuk mereka menjadi sebuah gaya hidup.

Dengan kenyataan tersebut roda bisnis pariwisata di Indonesia semakin besar. Dengan pangsa yang terbuka lebar dan kini pariwisata mulai dilirik menjadi ide bisnis baru oleh banyak orang untuk meraih kesuksesan.

Baca: Tertarik? Berikut Ide Bisnis Otomotif yang Menguntungkan

Nah kali ini copytrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber, ide bisnis pariwisata yang menjanjikan di Indonesia. Perbaiki posisi duduk Anda dan Berikut ulasannya:    

1. Membuka Penginapan

Ide bisnis pariwisata yang patut dicoba salah satunya adalah membuka penginapan. Karena setiap wisatawan akan membutuhkan tempat untuk beristirahat ketika sedang berada di suatu objek wisata.

Yang perlu kita pikirkan jika kita akan mulai terjun ke bisnis ini adalah lokasi yang strategis yang dekat dengan objek wisata. Jika kalian mempunyai modal besar maka bisa mendirikan sebuah tempat penginapan yang nyaman bagi para wisatawan.

Namun jika kalian terkendala dengan modal kalian bisa juga terlibat pada bisnis ini dengan mendirikan sebuah penginapan sederhana untuk dijadikan homebase. Karena saat ini juga sedang marak cara berlibur ala backpacker.

Justru saat ini model penginapan sederhana banyak dicari oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Karena harganya yang lebih terjangkau daripada menginap di sebuah hotel.

Jika kalian mempunyai rumah dekat objek wisata juga bisa mendatangkan uang loh gaes. Manfaatkan saja menjadi homestay, ini juga sebuah model penginapan yang sedang banyak dicari oleh para wisatawan.

2. Bisnis Kuliner

Selain penginapan hal yang dibutuhkan oleh wisatawan adalah makanan. Jadi membuka bisnis kuliner yang dekat dengan objek wisata merupakan tawaran bisnis yang menjanjikan untuk meraup banyak keuntungan.

Banyak bisnis kuliner di suatu objek wisata yang laris manis diserbu oleh para wisatawan untuk makanan atau hanya sekedar membeli minuman.

Hidangkan menu tradisional setempat yang justru akan lebih menarik bagi wisatawan. Selain penasaran untuk mencicipi menghidangkan menu setempat merupakan salah satu ide bisnis kuliner yang brilian.

Kita bisa bekerjasama dengan penginapan atau homestay yang ada dalam menjalankan bisnis ini dengan cara menawarkan bisnis kuliner yang ada untuk para tamu hotel yang sedang menginap. Buat tawaran yang menarik dengan cara bagi hasil pasti pihak hotel atau homestay tidak akan menolak tawaran kita.  

Bisnis kuliner adalah bisnis rasa, jadi tidak hanya menarik kita juga harus menjual rasa yang berbeda dari bisnis kuliner lain. Jaga kualitas rasa pada bisnis kuliner Anda. Dan satu hal lagi yang tak kalah penting adalah pelayanan yang baik. Kalau kalian menjalankan skema bisnis tersebut dengan baik maka bisnis kuliner kalian akan cepat berkembang.

3. Bisnis Penyewaan Kendaraan

Tidak semua wisatawan yang datang ke suatu objek wisata menggunakan jasa perusahaan perjalanan, atau membawa kendaraan pribadi. Maka membuka jasa penyewaan kendaraan merupakan pilihan jitu dalam bisnis pariwisata.

Bisnis ini menjanjikan karena membantu wisatawan yang akan berpindah dari objek satu ke objek wisata yang lain jika mereka menyewa sebuah kendaraan. Bisnis ini memang sudah ada dibeberapa kota besar yang bayak didatangi oleh wisatawan. Namun tidak menjamin bisnis ini minim peluang bisnis ini masih memiliki prospek yang besar khususnya bagi objek wisata yang sulit diakses oleh tranportasi umum.

Bisnis sewa kendaraan baik itu kendaraan roda empat dan roda dua sepertinya sangat masuk akal di daerah yang dekat dengan tempat wisata. Bagaimana tidak? Akan banyak orang yang membutuhkan akses kendaraan pribadi ketika mereka sedang tidak membawa dari rumah karena terlalu jauh.

Terutama untuk wisatawan asing dari luar negeri. Bisnis penyewaan kendaraan juga sangat erat kaitannya dengan bisnis traveling, dimana Anda bisa menyediakan jasa antar jemput para turis dari lokasi wisata ke hotel atau mungkin ke tempat lain.

4. Bisnis Jasa Penerjemah dan Tour Guide

Banyak wisatawan asing yang mebutuhkan jasa penerjemah untuk melakukan sebuah kunjungan kesuatu objek wisata untuk itu membuka jasa penerjemah dan tour guide merupakan pilihan yang menjanjikan untuk dijalankan dalam bisnis pariwisata.

Ditunjang dengan warga daerah kita yang belum banyak yang mengusai bahasa asing terutama Inggris maka akan semakin membuka banyak peluang dalam bisnis ini baik wisatawan maupun semua orang yang terlibat di bisnis ini akan merasa terbantu dengan jasa penerjemah.

Untuk banyak keperluan wisatawan memang sangat membutuhkan jasa penerjemah. Selain itu jasa ini juga berkaitan dengan jasa tour guide dimana tentunya para turis ingin mengetahui informasi apa yang mereka kunjungi.

Ini adalah peluang bisnis yang menggiurkan. Anda bisa berbisnis dengan membuka agen tour guide dan jasa penerjemah. Untuk itu Anda pertama-tama memang harus menguasai terlebih dahulu narasi dan cerita-cerita di balik tempat wisata yang dikunjungi oleh wisatawan.

Dengan menguasai informasi lebih baik, anda bisa bercerita lebih banyak kepada wisatawan, dan bisa jadi anda direkomendasikan oleh wisatawan itu kepada teman-temannya ketika kelak sudah pulang kembali ke negaranya.

5. Bisnis Jasa Fotografi/Videografi

Meski banyak orang yang memiliki ponsel dengan kualitas kamera yang baik namun nyatanya banyak wisatawan yang masih membutuhkan jasa fotografi untuk mengabadikan kenangan yang ada ketika mereka berwisata.

Banyak wisatawan yang menginginkan hasil maksimal pada suatu foto dan itu hanya bisa dilakukan oleh fotografi perofesioanl. Karena banyak keterbatasan missal pada kamera, sudut pandang dan spot foto yang menarik dan sebagainya.

Dengan bermodalkan kamera digital SLR atau jenis lain dengan kualitas profesional, anda bisa menawarkan jasa sebagai fotgrafer atau videografer.

Anda bisa menawarkan jasa tersebut dalam paket wisata, atau anda bisa langsung menawarkan kepada wisatawan. Jika anda fokus pada foto, upayakan Anda bisa langsung mencetak hasil foto tersebut dengan kualitas yang baik.

6. Membuka Penjualan Suvenir dan Oleh oleh

Setiap orang yang berwisata apalagi para wisatawan luar negeri pasi akan mencari souvenir atau oleh oleh guna sebagai kenangan atau diberikan kepada sudaranya ketika pulang nanti.

Nah membuka bisnis souvenir dan oleh oleh di lokasi wisata merupakan ide bisnis yang sangat menjanjikan untuk dijalani. Usahakan souvenir yang kita jual merupakan barang khas pada daerah tersebut. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri karena tidak bisa dibeli di daerah lain.

Pilih jenis souvenir yang mudah untuk dibuat seperti gantungan kunci, dompet, kain, kaos, topi dan lain sebagainya yang identic dengan temapat wisata tersebut. Begitupun dengan oleh oleh pilih jenis oleh oleh yang khas daerah tersebut. Karena untuk dibawa pulang pilih jenis makanan yang dapat tahan lama dan tidak mudah basi.

Dengan menjalankan bisnis tersebut peluang anda untuk mendulang pundi pundi keuntungan terbuka lebar. Karena banyak orang yang tidak mementingkan soal harga ketika sedang pergi ke suatu tempat wisata.

Nah itulah tadi ide bisnis pariwisata yang menjanjikan untuk dijalankan, silahkan pertimbangkan disesuaikan dengan kemapuan kalian masing masing. Jika memang sudah ada niat terjun pada bisnis ini segeralah eksekusi karena bisnis pariwisata di Indonesia sedang berkembang dan akan semakin terus melaju pesat dimasa yang akan datang.

Ditambah lagi kini wisata merupakan salah satu gaya hidup bagi generasi muda, baik domestik maupun mencanegara sehingga semakin membuka pangsa yang besar dalam bisnis pariwisata di Indonesia.

Baca juga: Patut Dicoba! Berikut Ide Bisnis Teknologi yang Menguntungkan