Tertarik? Berikut Ide Bisnis Otomotif yang Menguntungkan

Copytrade.blog – Industri otomotif tidak pernah sepi di pasaran. Industry ini justru semakin berkembang pesat pada saat ini.

Dibuktikan dengan banyak perusahaan yang sudah mapan saling berlomba lomba untuk menghadirkan produk produk baru dari dunia otomotif.

Melihat bisnis otomotif merupakan bisnis yang menguntungkan kini juga banyak pendatang baru yang siap bersaing dengan perusahaan otomotif yang sudah mengakar lama dalam industry ini.

Kondisi seperti itu menjadikan persaingan bisnis otomotif di Indonesia menjadi lebih kompetitif dan yang paling diuntungkan adalah kita sebagai konsumen.

Kita menjadi lebih leluasa dalam memilih produk yang diinginkan. Dan tentunya persaingan harga pun menjadi menjadi lebih kompetitif dan lagi lagi yang diuntungkan adalah kita sebagai konsumen.

Bisnis otomotif memang sangat menjanjikan jadi tidak ada salahnya bagi kita ketika akan terjun ke dunia bisnis memilih bisnis ini sebagai jalan keluar.

Disamping menjanjingkan keuntungan bisnis otomotif tidak pernah sepi dari pasaran menjadikan kita mempunyai banyak peluang untuk menumpuk pundi pundi keuntungan.

Baca: Inilah, Peluang Ide Bisnis Kreatif yang Patut Dicoba

Nah kali ini copytrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber tentang beberapa bisnis otomotif yang menguntungkan. Berikut ulasannya;

1. Menjual Kendaraan Bekas

Baik mobil maupun motor masih banyak yang membutuhkan namun sayangnya tidak setiap orang mampu membeli itu semua secara baru.

Ada juga orang yang lebih memilih kendaraan bekas karena penyusutan barang ketika akan dijual lagi tidak terlalu tinggi.

Membuka bisnis kendaraan bekas menjadi pilihan yang menarik bagi kita karena pangsa yang masih terbuka luas dan terbuka.

Anda bisa mendapatkan hasil dari selisih harga penjualan. Untuk lebih memasarkan produk Anda kita juga bisa memanfaatkan media untuk menunjang promosi produk yang akan kita jual.

2. Bengkel Jasa Servis Kendaraan

Tidak hanya orang motor maupun mobil juga perlu perawatan. Hal utama dalam perawatan kendaraan adalah service ringan seperti ganti oli atau ganti kampas rem.

Namun tidak hanya service ringan kita juga bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak dengan jasa service berat seperti turun mesin.

Untuk memulai bisnis ini memilih lokasi yang strategis merupakan hal yang penting terkecuali Anda sudah punya reputasi baik dalam usaha otomotif lokasi tidak terlalu penting karena justru konsumen yang akan mendekati Anda.

Namun jika kita pemula pilihlah lokasi yang tepat untuk membuka bengkel. Sebaiknya, pilihlah lokasi berupa ruko atau lahan usaha yang sering dilewati kendaraan. Menyewa tempat yang dekat dengan perumahan juga bisa menjadi ide yang bagus.

Selain lokasi, hal lain yang tidak kalah penting untuk dipikirkan adalah tenaga mekanik. Montir yang mumpuni sangat menentukan kesuksesan usaha bengkel motor. Kalau pelanggan puas akan hasil kerja sang mekanik, pasti bengkel Anda akan lebih mudah berkembang.

3. Salon Mobil

Pilihan ide bisnis selanjutnya dalam usaha otomotif adalah membuka salon mobil. Ya banyak orang yang sekarang membutuhkan jasa ini. Karena kebaikan mobil merupakan cerminan dari empunya.

Orang orang berada mau menggelontorkan uang besar demi terlihat mobil menjadi lebih bersih dan rapi. Untuk itu jasa salon mobil merupakan salah satu jasa usaha otomotif yang menjanjikan.

Selain memikirkan lokasi yang strategis usahakan salon Anda juga mempunyai ruang tunggu yang nyaman sehingga semakin mamanjakan kunsumen meski harga menunggu lama.

Target pasar membuka bisnis salon mobil adalah orang menengah ke atas karena orang berada akan cenderung lebih memperhatikan kondisi keamanan dan kenyamanan saat berkendara.  

4. Cat Kendaraan

Banyak orang yang mencari jasa cat kendaraan dengan hasil yang memuaskan. Kendaraan kita karena dipakai dalam aktivitas sehari hari tak jarang mengalami sesuatu hal yang tak terduga misalnya kerusakan pada cat kendaraan karena suatu insiden.

Dan bila itu terjadi makan kendaraan kita menjadi buruk dan mempengaruhi penampilan.

Maka mengecat kendaraan merupakan pilihan demi untuk mengembalikan kondisi cat seperti semula.

Tidak hanya itu banyak orang yang juga pergi ke cat kendaraan karena ingin mengecat ulang kendaraan tersebut sehingga menjadi seperti baru.

Baca: Game, Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang

5. Jasa Cuci Kendaraan

Membuka jasa cuci kendaraan merupakan pilihan pas selanjutnya jika ingin memulai bisnis otomotif, bisnis ini masih terus berkembang karena aktivitas manusia yang semakin padat yang menyebabkan orang tidak punya waktu untuk mencuci kendaraanya sendiri.  

Untuk membuka jasa cuci kendaraan pilihlah lokasi yang strategis yang dijadikan lalu lalang aktivitas orang.

Jika lokasi sudah mendukung langkah selanjutnya supaya bisnis ini berkembang adalah dengan memberikan service yang baik kepada pelanggan supaya pelanggan bisa datang kembali jika akan mencuci kendaraannya.

Service yang baik belum cukup untuk berkembang kita juga harus memikirkan harga yang bersaing dengan competitor Anda. Karena selisih harga sedikit saja bisa  membuat tidak lagi memilih jasa kita.  

6. Bengkel Modifikasi Mobil dan Motor

Banyak pemilik kendaraan yang menginginkan kendaraanya terlihat lebih keren, untuk mewujudkannya mereka akan pergi ke bengkel bengkel modifikasi.

Jadi memilih bengkel modifikasi dalam usaha otomotif merupakan pilihan yang menjanjikan dimasa sekarang.

Terlebih lagi orang yang berniat memodifikasi kendaraannya biasanya tidak terlalu memikirkan biaya yang akan ditanggunya. Harga berpapun asal memusakan tidak segan untuk dibayar.

Pangsa untuk jenis bisnis ini biasaya kalangan muda yang memang menyukai modifikasi kendaraan.   

7. Jasa Rental Kendaraan

Meski Indonesia terkenal dengan banyaknya kendaraan pribadi nyatanya bisnis jasa rental kendaraan juga masih dicari.

Bisnis rental kendaraan masih relevan untuk dijalankan pada masa sekarang didukung dengan mobilitas orang yang semakin tinggi yang kadangkala membutuhkan kendaraan sebagai kemudahan dalam aktivitasnya.

Bahkan tidak hanya individu bisnis jasa rental kendaraan juga dicari oleh banyak perusahaan untuk membantu jalan usahanya.

Perusahaan lebih memilih rental kendaraan daripada mobil perusahaan karena jika diestimasi akan sangat membantu menekan modal.

8. Jasa Tambal Ban dan Isi Angin

Jenis bisnis selanjutnya adalah jasa tambal ban dan isi angin. Bisnis ini cocok bagi kita yang ingin terjun ke bisnis otomotif namun terkendala dengan modal.

Karena membuka jasa tambal ban da nisi angina tidak memerlukan modal yang besar. Kita hanya perlu mengelurkan sedikit biaya kita sudah bisa membuka jenis bisnis ini.

Hal terpenting dalam jasa tambal ban dan isi angin adalah pemilihan lokasi yang strategis. Pilihlah lokasi dekat jalan raya yang ramai lalu lalang kendaraan bermotor.

Karena disitu akan banyak dijumpai kendaraan yang tiba tiba bocor dan memerlukan jasa tambal ban atau isi angina.  

9. Jasa Mobil Derek

Dengan semakin banyaknya orang yang memiliki mobil maka bisnis jasa mobil Derek mempunyai prospek yang menjanjikan untuk dijalani.  

Ditambah lagi dengan belum banyaknya kompetitor dalam bisnis ini sehingga semakin banyak peluang sukses dalam menjalankan bisnis jasa mobil derek.

Namun ketika akan membuka bisnis ini memerlukan modal yang tidak sedikit bisnis ini cocok bagi Anda yang mempunyai modal besar dan tertarik dengan bisnis otomotif.  

Selain modal bisnis jasa Derek juga harus mempunyai lisensi untuk bisa mengoperasikan bisnis Anda. Proses mendapatkan izin usaha juga tidak muda karena lisensi diatur secara ketat oleh pemerintah.  

10. Jasa Angkutan Barang

Kalau rental kendaraan semakin menjamur namun tidak bagi jasa angkutan barang, kini banyak orang yang mebutuhkan jasa angkutan ini. Untuk membantu mengantar atau memindahkan suatu barang.

Jasa angkutan barang memiliki pangsa yang besar tidak hanya individu bahkan perusahaan perusahaan kerapa membutuhkan bisnis ini entah untuk mengantar atau membeli barang perusahaan.

Bisnis ini cocok bagi kita yang mempunyai mobil bak terbuka atau pick up, selain itu yang manarik dari bisnis ini adalah kita tidak perlu memikirkan lokasi atau bahkan menyewa tempat sebagai usaha dalam bisni ini.

Yang perlu kita pikirkan adalah cara mencari konsumen dan cara promosi yang efektif untuk mengenalkan jasa kita kepada masyarakat.

Tapi dengan kemajuan teknologi agaknya itu bukan menjadi kendala yang berarti kita bisa mencari solusi dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada seperti whatshap. Atau meletakan iklan jasa kita di internet.    

Itu beberapa bisnis otomotif yang menjanjikan keuntungan berlipat asal dijalankan dengan maksimal.

Karena apapun pilihan bisnis kita lagi lagi kita akan mendengar istilah kerja keras untuk mencapai kesuksesan.

Namun yang pasti ditengah semakin merakanya bisnis otomotif memilih bisnis otomotif adalah pilihan yang pas untuk dijalani. Sekian semoga bermanfaat.

Baca juga: Menggiurkan! Berikut Ide Bisnis Kecantikan yang Menjanjikan