Wow! Berikut Ide Bisnis Kesehatan yang Menggiurkan

Copytrade.blog – Industri kesehatan memerankan peran penting dalam perekonomiaan suatu negara. Dengan sektor kesehatan suatu negara berjalan baik dan didukung dengan kemajuan teknologi maka sektor kesehatan akan memerangkan fungsi penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu bangsa.

Salah satu kunci dalam perekonomian sebuah bangsa terletak pada industri kesehatan. Nyatanya kesehatan memang menjadi faktor utama peradaban manusia.

Industri kesehatan memiliki lingkup yang sangat luas tak heran bisa mendongkrok prekonomian suatu bangsa, Industri kesehatan meliputi obat ( praktek medis ),farmasi ( obat manufaktur et al ), peralatan medis manufaktur dan lembaga penelitian, dan lain sebagainya.

Perkembangan industri kesehatan di Indonesia sangat potensial. Selain memiliki penduduk terbesar keempat dunia, jumlah fasilitas kesehatan yang berkualitas masih timpang antardaerah.

Sementara kebutuhan akan layanan kesehatan juga terus berubah seiring dengan pesatnya ilmu pengetahuan dan pertumbuhan ekonomi. Namun, potensi industri kesehatan ini masih belum dioptimalkan.

Dengan pangsa yang besar dan sumber daya manusia yang mulai tumbuh maju Indonesia bisa memanfaatkan industri kesehatan ini dengan baik untuk bisa bersaing dengan negar lain.

Dari tahun ke tahun industry kesehatan di tanah air mengalami peningkatan. Data Kementerian Kesehatan mencatat, hingga akhir 2018 jumlah Rumah Sakit di seluruh Indonesia mencapai 2.813 unit yang terdiri dari 2.269 Rumah Sakit Umum dan 544 Rumah Sakit Khusus.

Ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk menggenjot investasi sektor kesehatan di berbagai daerah di Indonesia. Pasalnya, jumlah Rumah Sakit masih terkonsentrasi di wilayah Jawa Timur (381) dan Jawa Barat (350). Provinsi lain, seperti Papua Barat, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Utara masih minim layanan Rumah Sakit.

Lebih dari itu, jika proyeksi Mirae Asset Sekuritas Indonesia soal Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) untuk belanja kesehatan yang menyentuh Rp 132.2 triliun benar-benar terwujud, tentu hal ini menjadi harapan cerah bagi para pemain.

Banyak ide bisnis yang bisa kita olah sebenaranya dalam industry ini, bisnis kesehatan tidak melulu hanya sekedar membuka rumah sakit, tapi lebih dari itu masih banyak pilihan yang lain bisa kita ambil.

Baca: Menggiurkan! Berikut Ide Bisnis Kecantikan yang Menjanjikan

Bagi Anda lulusan kesehatan atau Anda yang tertarik pada bisnis kesehatan karena menawarkan keuntungan yang menjanjikan, pada kesempatan kali ini copytrade.blog akan merangkum bisnis kesehatan yang potensial dijalankan pada masa sekarang. Dikutip dari beberapa sumber. Berikut ide bisnisnya:  

1. Mendirikan Startup Kesehatan

Dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang maka mendirikan starup kesehatan adalah pilihan masuk akal yang menjanjikan.

Dengan hadirnya starup kita bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat kapan saja dan dimana saja.

Buatlah aplikasi  konsultasi kesehatan, kecantikan dan sebagainya, peluang jenis bisnis ini masih terbuka lebar di Indonesia. Meski sekarang banyak pemain yang sudah terlebih dahulu terjun ke bisnis ini.

Namun perlu dicatat Indonesia mempunyai bonus demokrasi yang begitu besar dan kesemuanya belum tersentuh dalam bisnis ini.

2. Software Kesehatan

Bisnis software atau perangkat lunak.pada masa sekarang sangat menjanjikan dengan semakin perkembangan teknologi kesehatan yang ada.

Software sendiri ada banyak sekali macamnya mulai dari software laboratorium bahasa, manajemen sekolah atau aplikasi tertentu, kita tinggal memilih mau mengambil jenis bisnis yang mana yang jelas kesemuanya masih sama sama memiliki prosepek yang baik.

Kemajuan teknologi takkan terelakan lagi dan software kesehatan merupakan salah satu penunjang dalam industry kesehatan ditengah pasar yang mulai menuntut kemudahan dalam mengaksesnya.

3. Jadi YouTuber Kesehatan

Saat ini youtube menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Khususnya bagi kaula muda. Banyak anak muda milenial yang terbukti suskses menggeluti bisnis ini. Menjadi youtuber kesehatan menjadi salah satu pilihan bisnis yang menarik untuk dijalankan.karena bisa menjadi media penggerak uang yang sangat potensial.

Tanyangan kesehatan akan selalu dicari oleh banyak orang, karena kesehatan merupakan hal utama, apalagi dengan kesadaran masyarakat yang sudah mulai tumbuh akan pentingan kesehatan diri.

Di tengah arus kemajuan teknologi jelas banyak orang yang mencari referensi dari Youtube. Terlebih lagi youtube kini sudah mulai menggeser dominasi televise di tanah air.

Lalu darimana kita bisa mendapat keuntungan dengan menjadi youtuber kesehatan. Ada beberapa cara dan yang paling popular adalah dengan mengikuti program google adsene.

4. Jadi Blogger Kesehatan

Hampir sama dengan youtube menjadi blogger kesehatan sangat menjanjikan dimasa sekarang. Masih banyak orang yang membutuhkan referensi kesehatan secara cepat dan itu hanya bisa dilakukan dengan merambah google.

Blog kesehatan juga termasuk salah satu jenis blog yang mendapatkan komisi paling banyak jika kita bekerjasama dengan google adsene.

Dunia blogger pun sudah mengakui blog yang mengulas kesehatan merupakan blog yang bisa mendulang banyak keuntungan.

5. Buka Apotek

Peluang bisnis selanjutnya adalah membuka apotek. Meski telah banyak orang yang terjun ke bisnis ini nyatanya membuka apotek masih menjadi primadona bagi para lulusan kesehatan.

Dan ternyata yang bisa membuka apotek tidak hanya dokter. Namun tenaga kesehatan yang lain juga bisa membuka apotek di Indonesia, asal memenuhi standar regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Memilih lokasi dalam bisnis ini merupakan hal yang penting, pilihlah lokasi yang dekat dengan pemukiman atau di pinggir jalan yang ramai lalu lalang kendaraan.

Satuy hal lagi yang tak kalah penting adalah mempersiapkan modal. Membuka bisnis apotek mengharuskan untuk memiliki modal yang cukup besar dengan membeli persediaan obat serta menyewa tempat ruko dipinggir jalan, tetapi keuntungannya cukup menjanjikan.

6. Buka Praktek

Bisnis kesehatan yang masih menjadi primadona adalah membuka praktek sendiri. Ternyata tidak hanya dokter yang boleh membuka praktek tetapi bidan maupun perawat juga boleh membuka praktek.

Lagi lagi lokasi menjadi salah satu faktor penting dalam menjalankan bisnis ini. Jika memang dirasa berat mendirikan praktek di kota, maka memilih membuka praktek di daerah merupakan pilihan yang menarik. Karena justru dengan membuka klinik kesehatan di daerah akan menyasar pangsa yang pasti yaitu masyarakat yang tidak terjamah oleh rumah sakit.

Tidak hanya memikirkan hasil dengan membuka praktek di daerah kamu juga telah menolong sesama dengan memberikan fasilitas kesehatan yang layak bagi masyarakat kecil.

7. Jasa Konsultasi Kesehatan

Orang modern seperti sekarang jarang mempunyai waktu senggang, banyak orang memiliki masalah kesehatan namun mereka tidak sempat untuk berobat atau pergi ke dokter.  

Dan membuka konsultasi kesehatan merupakan peluang bisnis yang menjanjikan ditengah kesibukan kebanyakan orang.

Agak mirip dengan membuka praktek namun yang perlu ditekankan disini adalah membuka jasa konsultasi kesehatan lebih bersifat konsultasi mengenai bagaimana menjaga kesehatan secara baik.

8. Jual Peralatan Medis

Seorang dokter atau perawat sudah tidak asing lagi dengan perlatan medis. Membuka bisnis peralatan medis di Indonesia sangat berpotensi membuat kita bisa mendulang banyak pundi pundi keuntungan.

Terlebih lagi dengan sudah banyaknya rumah sakit dan klinik yang tersedia di Indonesia. Sehingga menimbulkan banyak peluang karena baik rumah sakit maupun klinik sangat membutuhkan perlatan medis.

Dengan pangsa yang sudah sedia dan relasi yang sudah ada maka menjalankan bisnis ini membuat kita semakin mudah dalam menjalankannya.

9. Membuka Klinik Kecantikan

Banyak orang yang ingin tampil cantik maka membuka bisnis klinik kecantikan adalah pilihan yang pas. Terlebih lagi bisnis kecantikan memang sedang maju majunya di Indonesia.

Pangsa bisnis kecantikan memang besar, wanita Indonesia sudah mulai sadar akan pentingnya penampilan dan merawat diri. Tidak hanya itu memang kecenderungan wanita ingin selalu terlihat cantik.

Dengan itu mereka akan melakukan segala cara demi mewujudkannya dan salah satunya adalah melakukan perawatan diri. Mendatangi klinik kecantikan adalah upaya para wanita bisa tampil cantik.

Itulah tadi beberapa ide bisnis kesehatan yang layak dicoba. Yang jelas apapun pilihan bisnis yang nantinya diambil. Industri kesehatan akan tidak pernah sepi dari pasaran. Banyak orang yang membutuhkan layanan kesehatan untuk menjaga diri.

Selain tidak pernah sepi juga tidak akan pernah mati selama masih ada kehidupan di dunia ini. Hanya saja dalam bisnis apapun melayani konsumen dengan baik adalah salah satu cara untuk bisa mengembangkan bisnis. Dan ini berlaku juga dengan bisnis kesehatan. Apalagi bisnis ini erat kaitanya dengan hati nurani dan melayani.  

Baca juga: Inilah, Peluang Ide Bisnis Kreatif yang Patut Dicoba