Kekinian! Berikut Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan

Copytrade.blog – Akhir akhir ini binis digital sedang menggeliat maju pesat, ini merupakan dampak dari perkembangan teknologi dan internet yang berkembang begitu cepat.

Dan hari ini banyak  orang yang hidup dengan bergantung kepada teknologi. Bagaimana tidak? kemanapun kita pergi akan selalu membawa teknologi minimal ponsel.

Siapa dizaman sekarang yang tidak mempunyai ponsel, selain fungsi kini ponsel dalam perkembangannya berubah juga mejadi gaya hidup bagi sebagian orang. Selain itu ponsel juga nyatanya bisa menunjang pekerjaan kita lewat berbagai fitur layanan yang disediakan.

Dengan meningkatnya perkembangan ponsel di tanah air dan semakin mudahnya setiap orang dalam mengakses internet membuat bisnis digital berkembang pesat di Indonesia, ditambah lagi kini bisnis digital sedang tren bagi kalangan muda milenial.

Pertumbuan bisnis digital di Indonesia kian hari kian meningkat dibuktikan dengan munculnya berbagai jenis bisnis digital yang hadir di Indonesia seperti startup dan investasi saham.

Meski demikian membangun bisnis digital bukan tanpa kendala, bisnis digital mempunyai tantangan tersendiri. Oleh karena itu pilihlah jenis bisnis digital yang tepat dan bangunlah bisnis tersebut dengan langkah yang benar.

Jika itu dilakukan maka dengan bisnis digital yang kita sedang geluti bisa menjanjikan keuntungan yang besar, apalagi pada masa sekarang. Masa dimana digitalisasi sedang merasuk kepelbagai jenis bisnis yang lain.

Artinya memulai bisnis digital merupakan ide yang cemerlang dimasa sekarang, selain perkembangan teknoloogi yang menunjang, juga karena kecenderungan masyarakat yang lebih memilih melibatkan teknologi dalam setiap tindakannya.

Baca: Karyawan! Berikut Ide Bisnis Sampingan yang Cocok Untuk Kalian

Nah kali ini copytrade.blog akan merangkum beberapa ide bisnis digital yang menguntungkan dimasa sekarang, dikutip dari beberapa sumber. Berikut ulasannya;

1. Bisnis Dropship

Bisnis dropship cocok dilakukan bagi kita yang mempunnyai bakat dalam penjualan. Bisnis ini merupakan bisnis penjualan suatu produk kepada konsumen.  Singkatnya, bisnis ini dilakukan oleh kita sebagai penghubung antara penjual dan pembeli barang.

Yang menarik di jenis bisnis digital ini adalah memungkinkan kita menjual suatu produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman barang. Jadi, kita hanya perlu mengasah skill kemampuan penjualan kita saja.

Keuntungan bisnis dropship berasal dari selisih uang yang kita terima dari pembeli dengan jumlah uang yang kita bayarkan kepada produsen barang. Satu hal yang menguntungkan dalam bisnis ini adalah produsen lah yang bertugas mengirimkan barang kepada konsumen. Dalam bisnis dropsit kita hanya menjadi perantara saja.

2. Toko Online

Pengaruh perkembangan teknologi merambah juga dalam sektor pembelanjaan, kini lewat hadirnya toko online konsumen tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk pergi berbelanja ke swalayan.

Dengan hadirnya toko online kita akan dimanjakan oleh kemudahan berbelanja yang cepat dan bisa dari mana saja.

Bagaimana tidak? Hanya dengan ponsel, konsumen sudah dapat mencari berbagai jenis barang yang dibutuhkan. Mulai dari pakaian, barang kebutuhan pokok, hingga tiket pesawat, semuanya bisa didapatkan dengan mudah.

Hal ini tentu menguntungkan bagi kita, karena sekarang ini banyak masyarakat yang membutuhkan barang dengan cepat dan tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja ke luar.

3. Digital Agency

Masih ada hubunganya dengan toko online, bisnis digital agency merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan dimasa sekarang karena bisnis ini merupakan jenis bisnis yang banyak dibutuhkan oleh individu maupun instansi dalam mempromosikan produknnya ke konsumen dengan sistem online.

Karena sudah kebutuhan di era modern seperti sekarang, untuk menjangkau target market secara online diperlukan strategi khusus bagi suatu individu maupun instansi. Dalam hal ini, digital agency dipandang bisa menjadi solusi tepat dalam hal pemasaran.

Sebagai digital agency ada beragam jalan yang bisa ditawarkan kepada konsumen seperti memaksimalkan sosial media. Dengan mengoptimalkan target market, dan memanfaatkan jenis platform tertentu maka akan bisa menambah penjualan suatu produk.

4. Menjadi Blogger

Tidak perlu pusing jika kemampuan menulismu berantakan, karena sekarang banyak penulis freelance yang bisa kita mintai tolong untuk mengisi konten blog kita dengan tarif yang terjangkau tergantung dari jenis tulisan yang kita pesan.

Tapi alangkah lebih baiknya kalau kita akan menjadi seorang blogger, kita wajib mengasah kemampuan menulis kita. Awalnya terasa sulit namun ketika kita mau terus belajar lama lama  kemampuan menulis kita kian membaik.

Karena bisnis apapun itu hal pertama yang tersulit ialah memulai. Jika kita sudah terbiasa menulis maka dengan sendirinya kemampuan menulis kita dari hari ke hari hasil hasil tulisan kita akan semakin baik.

5. Jasa Penulisan Online

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas bahwa salah satu bisnis digital yang menjanjikan untuk dijalankan adalah menjadi seorang penulis online. Karena seiring berkembangnya blog maka bisnis penulisan pun menjadi terkena dampaknya.

Seorang penulis online  kini banyak dicari selain dari pemilik blog juga oleh pemilik web web yang sudah besar. Keuntungan yang dijanjikan pun terbilang tinggi, sangat menguntungkan dijalani dalam masa sekarang.

Jadi jika kamu mempunyai kemampuan menulis yang baik tidak ada salahnya mencoba memilih bisnis ini, selain banyak dicari, menjadi jasa penulisan online pun banyak manfaatnya dan kita tak perlu ke luar rumah namun bisa mendapatkan penghasilan.

6. Menjadi Youtuber

Banyak anak muda yang sekarang terjun ke bisnis digital yang satu ini. Ya menjadi seorang youtuber. Menjadi seorang youtuber dimasa sekarang merupakan pilihan bisnis yang sangat menjanjikan. Karena kita bisa meraup pundi pundi uang dari platform yang satu ini.

Namun yang perlu kamu siapkan jika kita akan terjun ke bisnis ini adalah mempersiapkan jenis konten kita yang menarik. Sehingga akun youtuber kita akan semakin cepat berkembang dan disukai oleh khalayak.

Menjadi seorang youtuber bukan perkara mudah kita harus membuat konten dan setelah itu mengedit video dengan baik. Jadi selain memikirkan soal konten kita juga harus mempunyai kemampuan mengedit video.

7. Membuat Aplikasi Mobile

Dimasa teknologi seperti sekarang memimih bisnis digital aplikasi memang sangat menjanjikan, ini bisa dilihat dengan berbagai macam aplikasi baru bermunculan yang ditawarkan oleh individu maupun instansi untuk kemudahan konsumen.

Membuat aplikasi mobile terbilang cukup rumit dan tidak setiap orang bisa menjalankan bisnis ini. Bagi kalian yang mengusai teknologi aplikasi tidak salah jika kalian terjun ke bisnis ini, selain sedang trend bisnis ini juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang karena memudahkan dalam melakukan sesuatu.

Sekarang bisnis aplikasi mobile sedang berkembang pesat banyak individu atau instansi memesan untuk dibuatkan aplikasi, tujuannya adalah untuk mempermudah dan menjaring konsumen lebih banyak karena aplikasi mobile dikenal memudahkan dalam setiap transaksinya.

8. Menjual Produk Digital

Bisnis digital selanjutnya yang tak kalah menjanjikan ialah menjual produk digital seperti ebook, video, audio, dll.

Dengan digitalisasi yang makin merebak maka setiap produsen harus mau mengikuti perkembangan zaman jika tidak mau tergerus oleh teknologi. Kalau dulu buku dijual secara fisik maka sekarang banyak para penulis mempersiapkan alternatif digital yaitu membuat ebook untuk lebih memudahkan jangkaun pasar.  

Ini terjadi juga di dunia permusikan  karena sekarang jarang sekali orang yang membeli lagu lagu dalam bentuk fisik seperti kaset dan cd.

Jadi jika kita mempunyai kemampuan menulis buku atau bermain musik maka sudah saatnya menjual hasil produk kita dalam kemasan digitalisasi, kita harus bisa menyesuaikan pasar jika kita tidak mau tertinggal dari yang lain.

Maka dari itu perisapkanlah platform seperti web atau youtube karena akan mempermudah menjual produk digital tersebut ke platform milik sendiri. Selain tidak perlu ada bagi hasil, kita bebas menentukan model bisnis, tarif dan cara promosinya.

9. Investasi Trading

Seiring berkembangnya teknologi dan kemudahan mengakses internet maka bisnis investasi saham trading semakin berkembang pesat.

Kini banyak orang yang menginvestasikan modalnya untuk trading. Selain menjanjikan keuntungan bisnis trading juga menjajikan kemudahan bagi para penggunannya.

Kalau dulu trading harus selalu memantau layar hape atau laptop kini bisnis trading bisa ditinggal tinggal untuk aktivitas yang lain, karena sekarang banyak platform trading yang menyediakan teknik copytrade. Boleh mengkopi hasil trading dari para trader yang sudah mumpuni dalam investasi ini.   

10. Investasi Saham

Baik investasi saham maupun trading kini banyak diminati oleh kaum milenial maupun gen Z. salah satu bisnis digital ini memang sangat menjanjikan kalau kita sudah benar benar mengetahui caranya.

Sebagai salah satu jenis investasi yang digemari oleh milenial investasi ini bukan tanpa risiko. Investasi saham dikenal memiliki risiko yang tinggi, bayak cerita kegagalan namun banyak juga cerita keberhasilan dalam investasi ini.

Karena memiliki risiko yang tinggi maka sebaiknya ketika kita akan mengambil jenis investasi saham maka kita harus memilih dengan teliti jenis investasi apa yang cocok dengan kita dan kita juga harus mau belajar untuk bisa cuan pada jenis investasi ini.

Nah itulah tadi beberapa pilihan ide bisnis digital yang patut kita dicoba dimasa sekarang. Apapun pilihan jenis digital kita tidak ada kesuksesan yang datang tiba tiba. Bahwa kesuksesan merupakan buah dari perjuangan dan ketekunan. Sekian semoga bisa memberi inspirasi.

Baca juga: Mau Berinvestasi? Berikut Jenis Investasi yang Terus Tumbuh di Indonesia