Keluarga Glazer Pertimbangkan Untuk Menjual Manchester United, Siapa Mau Beli?

Setelah kerap mendapat kritik dari para fans, keluarga Glazer pertimbangkan untuk menjual Manchester United, Siapa mau beli?

Meski urung prestasi selama satu dekade, namun Manchester United masih termasuk lima besar klub dengan pendapatan tertinggi.

Manchester United sebagai sebuah brand memang masih mempunyai daya tarik tersendiri bagi sponsor.

Namun baru-baru ini dikabarkan bahwa keluarga Glazer sebagai pemilik Manchester United mengatakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menjual klub sebagai strategi alternatif.

Glazser membeli tim yang bermarkas di Old Trafford seharga £ 790 juta ($ 1,34 miliar) pada tahun 2005.

Protes kerap muncul dari fans pasca pensiunnya Sir Alex Ferguson sebagai pelatih legendaris MU, karena pemilik dinilai tidak mampu menghadirkan pelatih dan pemain berkualitas.

Kebijakan transfer yang payah dan sering salah membuat tagar #glazerout selalu menggema di setiap pertandingan MU.

United yang berada di urutan kelima Liga Inggris belum pernah memenangkan gelar sejak 2013 dan belum pernah memenangkan trofi sejak merebut Liga Europa dan Piala EFL pada 2017.

Lambat laun, hal ini juga berpengaruh terhadap pendapatan tim dan minat sponsor.

Sehingga anggota dewan klub menyatakan bahwa akan “mempertimbangkan semua alternatif strategis, termasuk investasi baru ke dalam klub, penjualan, atau transaksi lain yang melibatkan perusahaan”.

Proses tersebut akan melibatkan penilaian terhadap beberapa inisiatif untuk memperkuat klub, termasuk pembangunan kembali stadion dan infrastruktur, dan perluasan operasi komersial klub dalam skala global.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan “kesuksesan jangka panjang klub pria dan wanita.” juga tim akademi, dan membawa manfaat bagi penggemar dan pemangku kepentingan lainnya.

“Saat kami berusaha untuk terus membangun sejarah kesuksesan klub, dewan telah mengesahkan evaluasi menyeluruh terhadap alternatif strategis,” ujar co-chairmen eksekutif dan direktur Avram Glazer dan Joel Glazer.

Perlu diketahui bahwa pada tahun 2012, keluarga Glazer menjual 10% kepemilikan mereka melalui daftar saham dan menjual lebih banyak saham di tahun-tahun berikutnya.

 Keluarga Glazer akan mengevaluasi semua opsi untuk memastikan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para penggemar Manchester United.

Seluruh dewan klub sedang memaksimalkan peluang pertumbuhan signifikan yang tersedia untuk klub saat ini dan di masa depan.

Selama proses peninjauan, dewan klub akan tetap fokus sepenuhnya untuk melayani kepentingan terbaik para penggemar, pemegang saham, dan berbagai pemangku kepentingan.

Bisnis Olahraga Glazer

Keluarga Glazer telah memiliki tim NFL “Tampa Bay Buccaneers” sejak 1995 dan Avram Glazer membeli tim di liga kriket Uni Emirat Arab “Twenty20” yang baru pada tahun 2021.

Joel dan Avram mengambil alih kepemimpinan United sehari-hari setelah ayah mereka Malcolm menderita stroke pada April 2006. Miliarder Malcolm meninggal pada usia 85 tahun pada 2014.

Perusahaan investasi Amerika Raine Group, yang menangani penjualan £4,25 miliar Chelsea pada bulan Mei 2022 kemarin, adalah bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif United.

Dirilis dari BBC Inggris bahwa Manchester United tidak bermaksud untuk membuat pengumuman lebih lanjut mengenai peninjauan kecuali sampai dewan telah menyetujui transaksi tertentu atau tindakan lain yang memerlukan pengumuman resmi.

Ada beberapa protes terhadap kepemilikan Glazers dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pada Mei 2021 yang menyebabkan pertandingan liga kandang United melawan Liverpool ditunda.

Ribuan pendukung berbaris ke Old Trafford sebagai protes sebelum pertandingan yang sama musim ini, pada bulan Agustus.

United adalah bagian dari proyek gagal Liga Super Eropa yang runtuh dengan cepat pada April 2021. Co-chairman Manchester United Joel Glazer kemudian meminta maaf atas kerusuhan yang ditimbulkan.

Sejak itu dia rajin menghadiri forum penggemar setelah kerusuhan pendukung dan berjanji untuk membagikan saham kepada pengikut klub.

Menurut Transfermarkt,United memiliki pengeluaran bersih sebesar 1,36 miliar euro (£ 1,18 miliar) untuk transfer selama di bawah kepemilikan Glazers, dengan hanya Manchester City yang memiliki angka lebih tinggi pada periode itu.

Kapten Portugal Cristiano Ronaldo, yang meninggalkan Manchester United dengan segera pada akhir November 2022, mengkritik kepemilikan klub dalam wawancara kontroversial pekan lalu dengan mengatakan keluarga Glazer “tidak peduli dengan klub” di sisi olahraga.

Langkah untuk menjual United terjadi setelah ketua Liverpool Tom Werner mengatakan Fenway Sports Group sedang “menjajaki penjualan” klub Anfield tersebut.

Baca juga: Pasca Jatuhnya FTX, Dunia Butuh Regulasi Bursa Kripto

Sebuah laporan Bloombergpada Agustus 2022 dikatakan keluarga Glazer bersedia menjual saham minoritas di klub tersebut.

Miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe mengatakan dia akan tertarik untuk membeli United sebelum dia menyatakan pada bulan Oktober bahwa keluarga Glazer mengatakan kepadanya bahwa mereka tidak ingin menjualnya.