Cara Mudah Membuat NPWP Online

Semakin berkembangnya teknologi membuat pemerintah terus melakukan inovasi. Salah satunya yakni kemudahan membuat Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP) secara online.

Kali ini kita akan membahas tentang cara mendapatkan NPWP Digital melalui online. Yuk simak ulasannya.
NPWP Digital atau NPWP elektronik merupakan inovasi baru agar memudahkan wajib pajak. Dengan memiliki NPWP, wajib pajak akan mendapatkan kemudahan kemudahan tertentu dalam layanan publik.

Selain sebagai tanda pengenal atau identitas wajib pajak NPWP juga memiliki fungsi untuk aktivitas transaksi perpajakan.

Dengan memiliki NPWP seorang wajib pajak dapat memperoleh kemudaan dalam berbagai layanan publik, misal saat pengajuan kredit perbankan, KPR, hingga keperluan mengurus BPJS dan Akad Jual Beli Properti.

Sejak masa pandemi covid awal 2020 lalu, permintaan NPWP online terus meningkat. Selain mudah NPWP digital juga mudah dakses. Jika NPWP fisik rawan pecah atau rusak, maka NPWP digital tidak demikian.

Berikut adalah Cara untuk mendapatkan NPWP Elektronik

Untuk mendapatkan NPWP digital, maka pemohon harus mendaftar terlebih dahulu melalui akun resmi Ditjen Pajak. Direktorat Jenderal Pajak (DJP), juga telah menambahkan fitur NPWP elektronik melalui email wajib pajak.

Fitur tersebut tersedia pada menu informasi DJP Online. Dengan fitur ini, wajib pajak yang membutuhkan NPWP elektronik dapat disalin atau dicetak.

Wajib pajak hanya perlu memeriksa email tersebut. Berikut adalah langkah yang perlu dilakukan :

  1. Daftar
    Langkah pertama yakni pemohon terlebih dahulu masuk ke akun Ditjen Pajak yakni ereg.pajak.go.id).

Langkah berikutnya isilah data sesuai permintaan, baik data dirisecara lengkap maupun data lainnya. Jangan lupa tulislah akun email anda dan buatlah kata sandi.
Setelah semua terisi,jangan lupa untuk klik save. Setelah mengisi data lengkap, maka maka pemohon akan mendapat notivikasi melalui email yang didaftarkan.
Setelah mendapat notifikasi, pemohon dapat mengaktifkan akun dengan mengikuti langkah sesuai petunjuk.

  1. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah memiliki akun, langkah selanjutnya yakni mengisi form pendaftaran. Form pendaftaran tersebut dapat diakses melalui laman website resmi DJP.
Setelah masuk laman resmi melalui akun anda, maka anda aka diminta untuk mengisi formulir. Dengan mengisi formulir registrasi wajib pajak, anda segera memiliki NPWP digital. Isilah semua data yang dibutuhkan dengan benar mengikuti petunjuk sesuai dengan formulir.

Setelah semua data diisi dan dilampirkan secara benar, maka pemohon akan mendapat keterangan telah terdaftar sementara. Langkah berikutnya tinggal klik Daftar.
Dengan Klik Daftar tersebut artinya pemohon mengirimkan formulir registrasi secara online ke Ditjen Pajak.

  1. Pencetakan dan Tanda Tangan.

Selanjutnya yakni cetak dokumen registrasi dan cetak surat keterangan Terdaftar Sementara. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan pada form regsitrasi yang telah dicetak.

  1. Kirimkan Formulir Melalui Scan

Tahap selanjutnya yakni, siapkan dokumen untuk di scan. Dokumen tersebut seperti Surat Ketrangan Terdaftar Sementara dan dokumen lain. Setelah selesai melakukan scan, tinggal Upload melalui web registrasi.

  1. NPWP akan Dikirim Sesuai Alamat
    Jik anda sebagai pemohon sudah meng upload semua dokumen, maka anda dapat melakukan cek perkembangan pendaftaran melalui web resmi.
    Pemohon juga dapat memeriksa melalui email yang sudah didaftarkan. Lalu jika permohonan di tolak, artinya bisa saja masih kurang lengkap. Jika disetuji, pemohon tetap akan mendapatkan kartu NPWP fisik yang akan dikirim sesuai alamat.

NPWP Elektronik atau Digital Sah Digunakan

Hadirnya NPWP elektronik dapat digunakan secara sah. NPWP elektronik juga merupakan alternatif sebagai tanda pengenal penyetoran pajak.

Pada hal tertentu NPWP fisik memang tetap dibutuhkan bagi wajib pajak, agar wajib pajak dapat memperoleh berbagai layanan dari Ditjen Pajak.

Nah, NPWP elektronik ini juga bisa bermanfaat saat kartu NPWP fisik hilang atau rusak. Yang lebih mudah wajib pajak juga dapat mencetak ulang kartu tersebut secara online.

Padahal,sebelum pandemi covid, masyarakat harus datang langsung ke kantor pajak. Namun dengan hadirnya NPWP elektronik ini, wajib pajak dapat mencetak setelah mendapatkan NPWP online atau digital.

Berikut Cara Mencetak Ulang Kartu NPWP.

  1. Masuk atau Login ke situs resmi Ditjen Pajak di djponline.pajak.go.id/account/login.
  2. Masukkan no NPWP anda. Masukkan kata sandi, dan kode keamanan atau (captcha).
  3. Pilihlah menu Informasi. Selanjutnya, setelah muncul NPWP elektronik, anda tinggal klik kirim ke e-mail.
  4. Selanjutnya sistem akan mengirimkan NPWP elektronik langsung ke e-mail Anda selaku pemohon.
  5. Kemudian cek inbox e-mail anda. Setelah muncurl lalu download NPWP Elektronik anda.
  6. Setelah dowload, maka anda dapat mencetak kartu NPWP secara mandiri.
    Nah cukup mudah bukan. Artinya anda tak perlu berlama lama antri. Dengan layanan online ini wajib pajak semakin mudah mendapatkan NPWP.