Cara Melakukan fitur baru S-pinjam di Shopee

fitur baru
Sumber: Freepik

Shopee tak hentinya mengeluarkan fitur baru yang dapat memanjakan pengguna setianya. Walaupun sudah lama dihadirkan, masih banyak yang belum mengetahui fitur yang ada di salah satu aplikasi e-commerce terbesar di Indonesia.

Fitur baru ini bernama S-pinjam milik shopee yang merupakan fitur untuk memberikan pinjaman kepada penggunanya. Seperti namanya, S-pinjam digunakan untuk memberikan pinjaman berupa dan yang akan langsung ditransfer ke rekening bank penggunanya.

Hal ini tergolong mudah dan aman untuk dilakukan karena pihak shopee menjamin keamanan dari setiap penggunanya tanpa adanya jaminan

Layanan atau fitur baru yang berbasis keuangan ini hanya bisa diaktifkan oleh pengguna shopee terpilih untuk melakukan pinjaman secara tunai melalui aplikasi shopee.

Serta layanan ini disediakan oleh PT. Lentera Dana Nusantara sebagai penyedia operator platfrom layanan pinjam meminjam dana dengan basis teknologi/P2P Lending. Dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Namun, hingga saat ini layanan S-pinjam milik shopee belum tersedia di seluruh wilayah Indonesia, karena berkaitan dengan aturan regulasi pinjaman konvensional di beberapa wilayah.

Untuk mengaktifkan layanan berbasis keuangan milik shopee ini ada beberapa hal yang dibutuhkan, yaitu:

1.Data diri pribadi seperti KTP
2.Telah mengaktifkan layanan shopeepaylater
3.Bagi bukan pengguna spaylater siapkan foto KTP terlebih dahulu.
4.Nomor Telepon aktif.

fitur baru
Sumber: Freepik

Setelah menyiapkan data yang dibutuhkan, kalian dapat mengaktifkan layanan S-pinjam dengan mudah. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

1.Buka aplikasi shopee, kemudian buka menu tab saya
2.Lalu masuk ke laman S-pinjam, kemudian tekan aktifkan sekarang.
3.Masukan kode verifikasi atau kode OTP( untuk keamanan pengguna dan menghindari tindak penipuan sangat tidak dianjurkan untuk membagikan kode OTP) lalu tekan lanjut.

  1. Langkah selanjutnya untuk pengguna shopeepaylater adalah periksa kembali nama yang tercantum di shopee dengan nama yang tertera di KTP.
    5.Jika bukan pengguna shopeepaylater, upload foto KTP yang telah disiapkan, lalu posisikan foto tersebut sesuai dengan frame yang tersedia.
    6.Serta, pastikan data data diri pribadi telah sesuai dengan yang ada didalam KTP.
    7.Tambahkan informasi tambahan, lalu tekan tombol konfirmasi.
    8.Kemudian lakukan verifikasi wajah untuk memastikan bahwa itu benar orang yang ada di KTP.
    9.Tekan mulai verifikasi wajah lalu arahkan wajah kalian sesuai dengan frame yang tersedia dalam aplikasi kemudian pastikan memiliki pencahayaan yang baik.
    10.Setelah verifikasi wajah telah selesai maka akan muncul notifikasi pengajuan aktivasi spinjam dalam pemrosesan (Proses ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit).
    11.Jika pengajuan S-pinjam yang telah diajukan disetujui oleh pihak shopee, maka kalian akan mendapatkan notifikasi spinjam telah berhasil diaktifkan.

Baca juga: Pembayaran E-Commerce Melalui Pay-later, Ini lah Cara Pemakaiannya

Nah, jika pengguna mengalami kendala saat melakukan verifikasi wajah atau kendala lainnya saat melakukan aktivasi spinjam. Seperti “sistem error. Silahkan coba lagi”, kalian dapat melakukan beberapa langkah dibawah ini:

1.Buka aplikasi Google Play store yang ada di handphone kalian.
2.Lalu perbaharui terlebih dahulu aplikasi tersebut, baru perbaharui aplikasi shopee milik kalian.
3.Kemudian masuk kembali kedalam aplikasi shopee dan lakukan verifikasi wajah (Dianjurkan untuk mencoba minimal dua kali)/
4.Jika tidak terjadi apa pun atau tidak berfungsi, tunggu 10 menit dan pastikan handphone atau smartphone milik kalian terhubung dengan jaringan internet yang stabil.
5.Setelah itu, restart handphone tersebut lalu kembali lakukan proses verifikasi wajah hingga proses tersebut berhasil.

Begitulah cara menggunakan layanan atau fitur baru Spinjam milik shopee, bagi kalian yang belum mencobanya, yuk langsung aja cobain sekarang.

Berbagai sumber