Cara Hemat Merawat Hewan Peliharaan Saat Biaya Hidup Meningkat

COPYTRADE.BLOG – Dengan kondisi ekonomi dengan berbagai ancamannya, maka diperlukan cara hemat merawat hewan perliharaan agar peliharaan bisa terus terjaga tanpa mengkhawatirkan uang.

Merawat hewan peliharaan memang bukan kegiatan yang murah, mulai dari kebutuhan makanan hingga dokter, hal tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit. Di samping itu, ada kebutuhan untuk pengeluaran wajib, biaya hidup, dan sebagainya, yang membuat kekhawatiran bagi para pemilik peliharaan.

Dilansir dari The Guardian (26/11/2022), ada survey terhadap 4.000 orang yang dilakukan untuk RSCPA, di mana pemilik hewan peliharaan menganggap krisis biaya akan berdampak negatif pada hewan, 68% khawatir dengan biaya perawatan yang meningkat, dan 19% khawatir akan kemampuan untuk memberi makan.

Cara Hemat Merawat Hewan Peliharaan

Merawat hewan peliharaan

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi pada hewan peliharaan Anda, berikut ada beberapa cara merawat hewan peliharaan di kala biaya hidup semakin meningkat.

BACA JUGA: Tips Yahud Agar Tidak Boros, Ini Caranya

Pertimbangkan Biaya Sedari Awal

Saat Anda memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan, alangkah baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu kemampuan finansial Anda. Jika memang Anda tidak percaya diri, maka sebaiknya jangan dulu memelihara hewan karena akan berdampak bagi Anda maupun hewan peliharaan Anda ke depannya.

Biaya yang dipertimbangkan bisa meliputi biaya makanan, perawatan kesehatan, aksesoris, asuransi, dan tagihan lainnya yang nantinya tidak bisa dihindari. Maka dari itu, penting untuk mengenali kemampuan finansial Anda sebelum memiliki hewan peliharaan.

Cari Makanan yang Lebih Murah

Cara hemat merawat hewan peliharaan selanjutnya ialah mencari alternatif makanan yang lebih murah. Tidak perlu bermerek, tetapi melihat bagaimana makanan tersebut diberikan secara konsisten dan sesuai dengan kebutuhan gizi hewan peliharaan. Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui makanan seperti apa yang cocok.

Hemat dengan Investasi dalam Asuransi Hewan Peliharaan

Cara hemat merawat hewan peliharaan adalah lebih fokus untuk menyiapkan asuransi bagi hewan peliharaan. Biasanya, tersedia beberapa paket perawatan yang bisa diasuransikan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa hewan peliharaan bisa saja mengalami cedera, kecelakaan, atau berada dalam kondisi kritis dan hal tersebut tentu membutuhkan biaya yang sangat besar. Sangat sulit bagi pemilik untuk mengeluarkan jutaan rupiah dalam waktu yang darurat atau insidental. Terlebih, jika tidak ada alokasi dana untuk biaya darurat, maka hal tersebut bisa saja mempersulit keadaan rumah tangga.

Tanyakan Kepada Dokter Hewan Mengenai Rencana Pembayaran

Beberapa dokter biasanya menawarkan paket pembayaran tertentu untuk perawatan hewan peliharaan Anda ke depannya. Biasanya, hewan peliharaan membutuhkan vaksinasi atau perawatan lainnya dalam kurun waktu seminggu atau sebulan sekali. Menanyakan rencana pembayaran akan membantu Anda menyiapkan biaya perawatan.

Ikuti Perawatan Preventif

Cara hemat merawat hewan peliharaan yang selanjutnya adalah memiliki kemampuan perawatan preventif yang dapat menghindari tagihan dokter. Lakukan pantauan secara individu terhadap hewan peliharaan dan panggil dokter saat dalam kondisi tertentu yang tidak Anda ketahui bisa membantu menghemat pengeluaran.

Cara hemat merawat hewan peliharaan

Itu dia cara hemat merawat hewan peliharaan yang bisa Anda lakukan untuk menghindari pengeluarkan yang membengkak.

BACA JUGA: Boros! Seperti ini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga