Cara Copy Strategi Trader Profesional di ETORO

Dalam dunia investasi terutama yang berkaitan dengan pasar ekuitas dan pasar berjangka, trading memang merupakan kegiatan utama. Seorang investor yang melakukan trading, artinya tengah terlibat dalam kegiatan jual beli jangka pendek baik di pasar saham, pasar berjangka, pasar valuta asing/valas (forex/foreign exchange) dan lainnya.

Kalau dulu pasar keuangan ini hanya bisa diakses oleh perusahaan-perusahaan bermodal besar dengan lot (jumlah unit pembelian minimal), kini tidak lagi. Majunya perkembangan internet membuat siapapun bisa melakukan trading dan menjadi trader perorangan sekalipun modal pas-pasan. Dengan fakta bahwa perputaran uang di pasar keuangan luar biasa besar, meraup keuntungan sebagai trader jelas bukan impian belaka.

Keuntungan besar inilah yang membuat banyak orang termasuk generasi muda tertarik untuk menjadi seorang trader profesional. Namun seperti hukum alam, keuntungan besar juga melibatkan risiko besar pula, jadi alasan beberapa orang enggan menjadi seorang investor lantaran takut kehilangan modal dan tabungannya di pasar ekuitas.

Selain itu, ketidakpahaman akan dunia investasi dan bagaimana mulai melangkah di pasar global, menjadi faktor keengganan lainnya. Termasuk yang bertanya-tanya bagaimana cara yang tepat memulai perjalanan sebagai trader di pasar global? Tak perlu bingung lagi. Karena melalui fitur CopyTrading dari eToro, kini siapapun bisa menjadi trader profesional secara mudah.

Apa sih CopyTrading itu?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, CopyTrading adalah fitur unggulan dari eToro. Jika Anda tidak tahu, eToro merupakan salah satu perusahaan finansial dan pialang yang memang memberikan layanan akses ke pasar keuangan, dengan jutaan pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Didirikan pada tahun 2007, pengalaman eToro selama hampir 13 tahun membuktikan kalau mereka adalah broker profesional dan terpercaya.

Lewat CopyTrading, Anda bisa menyalin langkah trading dari trader lain secara mudah mulai dari kinerja, manajemen risiko dan tentu saja transaksi jual beli itu sendiri. Sehingga artinya, kapanpun trader itu membeli aset, Anda juga akan melakukan langkah serupa di waktu dan harga yang sama. Bahkan ketika trader tersebut melakukan penjualan, Anda pun demikian.

Hal inilah membuat fitur CopyTrading memungkinkan siapapun bisa menjadi seorang trader profesional, sekalipun baru saja melangkah di dunia pasar keuangan. Tanpa perlu cemas lagi, CopyTrading membuat Anda bisa melakukan perdagangan yang persis sama dengan trader yang disalin mulai dari awal sampai akhir..

Kendati sudah ada beberapa broker yang menawarkan fitur serupa dengan berbagai tingkat parameter eksekusi yang berbeda, eToro menyediakannya secara gratis! Kok bisa? Karena eToro sendirilah yang membayar para trader tersebut. Di mana trader-trader profesional itu menjadi bagian dari Program Investor Populer.

Cara Salin Strategi Trader Profesional dengan CopyTrading

Setelah memahami apa sih CopyTrading, tentu Anda bisa menyimpulkan jika fitur ini sangatlah istimewa. Lantas, bagaimana cara bisa melakukan CopyTrading? Tidak sulit kok. Yang pertama adalah Anda bisa menentukan terlebih dulu trader yang ingin disalin kinerja keuangannya dengan cara memilih di halaman Copy People yang ada di bawah menu Discover

Kemudian agar semakin mudah, Anda bisa memilih trader-trader terbaik di bagian Editor’s Choice. Kenapa begitu? Karena ini merupakan wadah yang berisi trader-trader rekomendasi.

Sebagai langkah percobaan awal, gunakan akun virtual dan langsung saja salin kinerja beberapa dari mereka untuk mengetahui bagaimana proses ini berjalan. Belum memiliki akun virtual? Segera daftar dan dapatkan gratis uang virtual sebesar $100.

Selain dalam menu The Editor’s Choice, Anda juga akan menemukan beberapa kategori berbeda seperti Top Investor, Trending, Most Copied, Lower Risk Score dan Medium Risk. Sekadar saran, cobalah kategori itu satu-persatu agar memperoleh pengalaman trading yang berbeda. Yang cukup menarik, dalam kategori Lower Risk Score dan Medium Risk, Anda bisa melihat langsung rata-rata return yang diterima para trader sekaligus perbandingan risiko yang bakal diperoleh.

Dalam gambar di bawah ini, Anda bisa melihat bahwa trader dengan 3-4 risk score mempunyai return rata-rata sebesar 20-30%. Sementara itu trader dengan pilihan opsi medium risk, bisa mempunyai return rata-rata sebesar 35-40%++! Bisa memahami mana yang lebih menguntungkan, bukan?

Karena itulah kalau Anda sudah menggunakan akun virtual, cobalah langsung mencoba menyalin setidaknya langkah transaksi 10 trader berbeda. Dengan begitu, Anda bisa melihat strategi sekaligus kebiasaan trading dari beberapa trader berbeda. Sehingga ini bisa menjadi sebuah modal sekaligus persiapan yang baik ketika Anda siap menyalin dan melakukan transaksi dengan uang asli di dunia nyata.

Contoh Penggunaan Fitur CopyTrading

Agar makin mudah dipahami, kami akan memberikan contoh penggunaan fitur CopyTrading yang tepat. Misalkan saja Anda memilih seorang trader dari Editor’s Choice yakni SparkLiang. Tepat di sebelah kanan dari tampilan Editor’s Choice, Anda bisa melihat statistik trading SparkLiang secara langsung.

Ketika artikel ini ditulis, dia sudah memperoleh keuntungan sebesar 47,14% dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Dia juga mencatatkan risk core 4 dan kinerjanya sudah disalin secara total lebih dari 2.839 kali, yang artinya sangat bagus. Bisa dibilang, statistik awal SparkLiang sangatlah menarik, tapi Anda harus mempelajari profilnya lebih lanjut sebelum memutuskan untuk menyalin kinerjanya atau tidak.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangan informasi kolom bio dari si trader sekaligus catatan pribadinya. Kenapa begitu? Karena biasanya trader akan membagikan strategi sekaligus tujuan trading-nya. Untuk SparkLiang, dia merekomendasikan orang-orang yang menyalin kinerjanya untuk beberapa bulan ke depan dengan modal setidaknya $600. Nilai minimun yang ditetapkan SparkLiang adalah $200.

Kemudian, Anda juga harus melihat raihan angka-angka dan statistik para trader. Klik saja tab Stats supaya bisa mengetahui seluruh statistik yang relevan. Pada bagian Performance, bisa diketahui bagaimana keuntungan dan kerugiannya sejak melakukan trading di eToro. Sebetulnya ini adalah salah satu metrik yang paling penting untuk dilihat.

Coba kita berpindah obyek dan mengamati kinerja Harshsmith, yang bisa menjadi salah satu trader terbaik lantaran keberhasilannya meraih performa memuaskan selama bulan Oktober 2018. Sekadar informasi, tahun 2018 memang menjadi momen yang cukup sulit dan berat bagi pasar keuangan.

Kendati Harshsmith memiliki catatan negatif pada beberapa bulan, hal ini masih normal dalam kegiatan trading. Untung saja, kerugian yang dialami Harshsmith tidaklah besar.

Kemudian faktor lain yang juga harus Anda perhatikan adalah pada informasi Risk Score dan Drawdowns alias penarikan. Kenapa begitu? Karena kedua hal ini akan memperlihatkan seberapa besar risiko rata-rata yang dilakukan trader agar dia memperoleh return yang dia hasilkan.

Harshsmith mencatat risk score 3 yang artinya cukup rendah. Sementara itu drawdowns tahunannya adalah -9.93%. Apa artinya? Harshsmith mempertaruhkan 9.93% uangnya untuk memperoleh pengembalian 20% lebih tinggi.

Dari informasi itu bisa disimpulkan kalau Harshsmith cukup cerdas dalam melakukan diversifikasi. Dalam portfolio investasi, diversifikasi selalu sangat penting demi meminimalisir kerugian. Karena memang meletakkan seluruh telur di dalam satu keranjang adalah hal yang sangat buruk.

Melalui portfolio Harshsmith, Anda juga bisa melihat ada sejumlah diversifikasi investasi yang dia lakukan. Kendati memang alokasi terbesar pada saham, Harshsmith rupanya ikut melakukan investasi dalam indeks dan ETF (Exchange Traded Fund) alias Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif.

Hal yang cukup menarik dari Harshsmith adalah dia benar-benar memiliki eksposur sangat rendah untuk aset-aset yang lebih tidak stabil seperti kripto dan komoditas. Seperti yang sudah Anda ketahui, harga minyak dan nilai tukar uang kripto memang cenderung berubah-ubah. Sehingga tampaknya hal ini membuat Harshsmith tidak terlalu tertarik sehingga dia memperoleh penilaian risiko yang cukup kecil.

Merasa cocok dan nyaman dengan kinerja Harshsmith? Anda bisa langsung klik tombol COPY yang ada di sisi paling kanan.

Setelah itu Anda akan melihat sebuah tampilan informasi trading yang tidak asing lagi.

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk menggunakan fitur CopyTrading dari eToro? Dengan biaya untuk menyalin kinerja trading seseorang cuma $200, Anda bisa memperoleh berbagai keuntungan dan kemudahan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Informasi Statistik CopyTrading

Untuk jendela informasi ini, ada dua hal yang harus dipertimbangkan yakni Copy Stop Loss dan Copy Open Trades. Sekadar informasi, Copy Stop Loss artinya ketika target trader kehilangan uang dan uang $200 yang kita investasikan padanya berjumlah kurang dari $120, maka secara otomatis eToro akan menghentikan proses penyalinan trading, serta mengembalikan sisa uang ke saldo Anda.

Kondisi ini jelas merupakan solusi menguntungkan bagi trader pemula untuk membatasi kerugian saat pertama kali menggunakan CopyTrading. Sementara itu untuk Copy Open Trades, merupakan perintah untuk menyalin seluruh posisi yang dilakukan target trader. Kembali lagi ke contoh Harshsmith, saat ini dia tengah dalam posisi transaksi perdagangan seperti demikian:

Jika Anda memilih opsi Copy Open Trades, maka juga akan membuka transaksi serupa di seluruh akun yang dimiliki. Untuk itulah Anda harus berhati-hati karena kadang harga beli saham yang target dan Anda investasikan bakal berbeda. Kenapa begitu? Karena Anda akan melakukan transaksi pembelian dengan acuan harga realtime.

Untuk itulah jika Anda tidak memilih opsi Copy Open Trades, Anda tak akan melakukan pembelian apapun dan transaksi bakal dimulai ketika Harshsmith melakukan langkah baru.

Pro-tip: mayoritas para trader akan memberi tahu di dalam kolom bio mereka mengenai kemungkinan melakukan Copy Open trades atau tidak.

Nah, bagaimana? Sangat mudah dan anti ribet bukan dalam menggunakan fitur CopyTrading dari eToro ini? Lewat proses yang tidak merepotkan, siapapun tentu bisa menggunakannya. Karena itulah ada baiknya Anda melakukan uji coba langsung dengan menggunakan akun virtual, supaya lebih aman dan terbiasa.

Melalui eToro, Anda bisa melakukan berbagai transaksi perdagangan dan investasi di pasar saham Amerika Serikat, forex dan pasar global lainnya. Karena memang eToro berhasil membuktikan jika mereka adalah platform CopyTrading sosial terkemuka di dunia. Masih belum memiliki akun eToro? Segera lakukan pendaftarkan sekarang juga dan dapatkan gratis $100 lewat akun latihan.