Cara Cek Legalitas Pinjol agar Terhindari dari Penipuan

ARUSGADGET – Masyarakat perlu mengetahui cara cek legalitas pinjol untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat hendak meminjam uang secara online.

Pasalnya, oknum pinjol tidak bertanggungjawab akan menemukan berbagai cara untuk melakukan penipuan terhadap orang yang ingin meminjam uang.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga saat ini masih aktif untuk melakukan sweeping bagi pinjol illegal. Keberadaan pinjol illegal tentunya meresahkan masyarakat dan masyarakat perlu mengetahui cara cek legalitas pinjol.

Masyarakat perlu mengetahui dan memastikan legalitas penyedia layanan pinjaman serta memastikan bahwa pinjol terkait berada di bawah pengawasan OJK dan memperoleh izin dari badan tersebut.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Investasi di Bawah Pengawasan OJK, Modal Terjangkau

Hingga saat ini, OJK bekerjsamana dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, lembaga lain, serta penegak hukum melalui Satgas Waspada Investigasi (SWI) menghasilkan penemuan mencapai 80 lebih pinjol tanpa izin OJK (illegal).

Cara Cek Legalitas Pinjol

Cara Cek Legalitas Pinjol dengan Mudah

Upaya pencegahan yang dilakukan tim SWI merespon kejadian adanya 88 pinjol illegal adalah dengan cara mengedukasi masyarakat. Di mana masyarakat jangan sampai tergiur dengan penawaran bunga yang tinggi tanpa mengecek terlebih dahulu apakah pinjol tersebut legal atau illegal.

Cara cek legalitas pinjol cukup mudah, masyarakat bisa melakukannya dengan tiga cara, yaitu sebagai berikut:

Cek Legalitas Pinjol Melalui Situs Resmi OJK

Cara cek legalitas pinjol bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi OJK. Dengan mengakses laman resmi OJK melalui alamat situs www.ojk.go.id, Anda bisa melihat apakah layanan pinjol yang Anda gunakan merupakan layanan berizin OJK atau tidak.

Setelah mengakses alamat situs tersebut, Anda bisa memilih menu ‘INKB’ dan kemudian masuk ke menu ‘Fintech’ yang berada di kanan bawah halaman situs.

Menghubungi Whatsapp OJK

Cara yang kedua adalah dengan cara menghubungi OJK melalui Whatsapp resminya. Whatsapp resmi milik OJK bisa dihubungi melalui nomor 081157157157 dan jangan pernah menghubungi nomor yang mengatasnamakan OJK selain nomor tersebut.

Anda bisa langsung mengetikkan nama layanan pinjol yang ingin Anda cek legalitasnya. Kemudian kirim nama tersebut melalui Whatsapp OJK, tunggu hingga bot selesai dan OJK akan segera memberikan jawaban terkait status legalitas pinjol terkait.

BACA JUGA: Butuh Dana Cepat? Berikut Rekomendasi Pinjaman Online Terpercaya Sudah Terdaftar OJK

Hubungi 157 atau E-mail Resmi OJK

Cara yang terakhir adalah dengan menghubungi call center OJK melalui nomor 157. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan e-mail resmi OJK melalui alamat waspadainvestasi@ojk.go.id dan pihak OJK akan memberikan informasi mengenai legalitas pinjol terkait.

Itulah cara cek legalitas pinjol berizin OJK. Setelah ini, jangan asal-asalan dalam memilih layanan pinjol karena oknum yang semakin banyak justru akan membuat Anda tertipu atau terjebak dan malah terlilit hutang yang lebih besar dari nominal yang dipinjamkan.

Cara lain agar terhindari dari oknum pinjol illegal adalah dengan menghindari pinjaman uang secara online. Saat ini, untuk memenuhi transaksi ada dengan berbagai cara, mulai dari layanan Paylater, menggadaikan barang, dan masih banyak yang bisa dilakukan untuk menghindari pinjol.

BACA JUGA: Cara Melakukan fitur baru S-pinjam di Shopee