Hal-Hal yang Harus Diketahui dan Cara Buka Akun di Panin Sekuritas

Saham dianggap sebagai salah satu instrumen investasi yang masih bisa bertahan di tengah gempuran Covid-19. Mudah dipelajari siapapun membuat peminat saham semakin banyak di era social dan physical distancing. Yap, saat ini siapapun bisa investasi saham asalkan memilih perusahaan sekuritas yang tepat.

Secara mudahnya, perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang jadi anggota bursa dan menawarkan transaksi sekuritas alias jual beli efek. Sebagai perantara investor dan pasar modal, perusahaan sekuritas jelas harus memiliki lisensi khusus. Dari banyaknya perusahaan sekuritas di Indonesia, Panin Sekuritas muncul sebagai salah satu yang sangat menjanjikan.

Mengenal Panin Sekuritas

kantor Panin Sekuritas
© sekuritas.co.id

Seperti namanya, Panin Sekuritas adalah anak perusahaan dari Panin Bank. Bank komersial yang didirikan oleh konglomerat Mu’min Ali Gunawan pada tahun 1971. 18 tahun berjalan sebagai institusi bank swasta, Panin pun mendirikan Panin Sekuritas pada tahun 1989. Barulah 11 tahun kemudian yakni pada tahun 2000, Panin Sekuritas resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham PANS.

Kendati tidak masuk dalam 10 sekuritas teraktif di BEI tahun 2019, Panin Sekuritas tetap jadi pertimbangan para investor Tanah Air. Hal ini tak lain karena Panin Sekuritas mampu memenuhi kebutuhan investor baik korporasi, lembaga pemerintahan sampai perorangan. Tak heran kalau sepak terjang Panin Sekuritas memang dipenuhi oleh berbagai prestasi.

Baca juga: Inilah 5 Platform Social Trading Terbaik!

Mulai dari anggota bursa dengan transaksi efek ekuitas paling aktif di tahun 2007 versi Bursa Efek Surabaya, dua tahun berturut-turut (2006-2007) sebagai sekuritas terbaik, perusahaan terbaik tahun 2010 oleh FinanceAsia sampai Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 serta Living Legend Company Award 2019. Berbagai penghargaan ini menjadikan Panin Sekuritas sebagai perusahaan sekuritas berkualitas dan layak dipilih.

Keunggulan dan Kekurangan Panin Sekuritas

Lepas dari berbagai penghargaan yang diraih, perusahaan sekuritas yang juga menawarkan online trading ini memang memiliki segudang keunggulan dan juga kekurangan. Tentunya bagi Anda calon investor, memahami penjelasan berikut ini bisa jadi pertimbangan utama sebelum akhirnya memilih Panin Sekuritas.

Keunggulan Panin Sekuritas

perayaan Panin Sekuritas
© Medan Bisnis Daily

Perusahaan sekuritas yang sudah memperoleh izin usaha sebagai Perantara Pedagang Efek dan Penjamin Emisi Efek ini mempunyai beberapa kelebihan. Berbeda dengan perusahaan sekuritas lainnya, berikut keunggulan yang diutamakan oleh Panin Sekuritas:

  • Pilihan RDN (Rekening Dana Nasabah) di Panin Sekuritas sangat beragam mulai dari BCA, BCA Syariah, bank Permata, Permata Syariah, bank Panin dan Mandiri
  • Ada dua pilihan akun yang ditawarkan yaitu akun self trading (akun reguler dan akun syariah) serta aku broker reguler. Sama-sama mengggunakan jasa broker untuk transaksi saham, perbedaannya hanya pada jumlah trading fee dan deposit
  • Panin Sekuritas sama sekali tak membebani investor dengan biaya data transaksi realtime (data feed). Tapi bagi pengguna akun broger reguler, harus membayar Rp25 ribu per bulan untuk data feed
  • Aplikasi trading Panin Sekuritas yaitu POST (Pasar Online Stock Trading) bisa dipakai di berbagai perangkat mulai smartphone atau perangkat komputer
  • Panin Sekuritas menyediakan pelatihan gratis berbentuk PDF yang bisa diunduh. Bahkan mereka juga rutin menggelar seminar seperti training analisa fundamental, analisa teknikal, training aplikasi POST sampai market outlook

Baca juga: Mengenal Social Trading, Platform Trading yang Cocok untuk Investor Pemula

Kekurangan Panin Sekuritas

Kantor cabang Panin Sekuritas
© bisnis-papua.com

Jika sudah membahas berbagai keunggulan, tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan untuk mengetahui beberapa kekurangan Panin Sekuritas. Lhoh, untuk apa? Supaya sebagai penilaian tersendiri agar bisa melakukan manajemen risiko. Berikut beberapa di antaranya:

  • Dibandingkan perusahaan sekuritas lain, biaya transaksi Panin Sekuritas memang kurang kompetitif terutama untuk akun broker reguler
  • Deposit awal di Panin Sekuritas cukup besar yakni Rp10-25 juta. Kecuali jika Anda adalah nasabah yang menggunakan Panin sebagai RDN, deposit awal bisa dimulai dari Rp1 juta. Namun sekuritas-sekuritas lain justru lebih terjangkau, bahkan ada deposit awal mulai dari Rp100 ribu
  • Panin Sekuritas membebankan biaya transfer saham sebesar Rp20 ribu per emiten. Biaya ini diberikan pada nasabah yang ingin memindahkan saham dari rekening efek Panin ke sekuritas lainnya

Hal-Hal yang Harus Diketahui dari Panin Sekuritas

investasi Panin Sekuritas
© Instagram @panin_sekuritas

Sebelum melakukan pendaftaran akun di Panin Sekuritas, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui. Pertama adalah mengenai POST, aplikasi trading saham milik Panin. Fitur yang cukup menarik dari POST adalah conditional order, sehingga investor bebas mengatur waktu transaksi sesuai harga incarannya.

Tak perlu khawatir soal keamanan, karena Panin Sekuritas menggunakan sistem keamanan berlapis di mana setiap kali mau menjual dan membeli saham, harus memasukkan password akun serta PIN transaksi. Dengan menggunakan POST, Anda bisa melakukan pembelian saham serta turunannya seperti waran. Sekadar informasi, waran adalah instrumen investasi berjenis derivatif di BEI yang mampu memberikan keuntungan lebih besar daripada saham.

Demi mempermudah investor, Panin Sekuritas menyediakan POST dalam tiga jenis yakni berbasis web (www.post.co.id) yang bisa diakses lewat Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome sampai Safari. Kemudian POST Pro 2 yang merupakan aplikasi dan bisa dipasang di perangkat komputer, serta POST Mobile untuk pengguna smartphone baik Android maupun iOS.

Cara Buka Akun di Panin Sekuritas

Nah, setelah mengetahui penjelasan dan beberapa hal penting dari Panin Sekuritas termasuk keuntungan dan kerugiannya, Anda tentu tahu bahwa sekuritas ini memang salah satu yang layak dipertimbangkan di Indonesia. Supaya tidak bingung, berikut ini adalah tata cara membuka akun Panin Sekuritas yang wajib diketahui:

1. Unduh Formulir

halaman pendaftaran Panin Sekuritas
halaman pendaftaran Panin Sekuritas

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan supaya memiliki akun di Panin Sekuritas adalah melakukan pendaftaran. Anda bisa mengunduh formulit pendaftarannya di situs pans.co.id. Pastikan seluruh informasi pendaftaran benar adanya dan sesuai data diri yang valid. Kenapa begitu? Agar memrpudah proses pendaftaran. Namun bagi investor lain yang kebingungan, bisa langsung menuju situs resmi > piliha layana online trading > buka rekening

2. Siapkan Dokumen Penting

Supaya proses pendaftaran bisa cepat, pastikan Anda menyediakan berbagai dokumen pribadi yang diperlukan. Mulai dari fotokopi KTP, fotokopi NPWP sampai halaman depan buku tabungan. Sistem Panin Sekuritas akan meminta calon nasabah untuk mengunggah seluruh foto dokumen itu sebelum akhirnya wajib tanda tangan, dan aplikasi pendaftaran diproses.

Baca juga: Rekomendasi 5 Broker Terbaik untuk Investasi

3. Proses Bikin Rekening Efek dan RDN

website Panin Sekuritas
website Panin Sekuritas

Jika semua berkas sudah terkirim, maka Anda tinggal menanti rekening efek dan RDN jadi sehingga bisa langsung transaksi di pasar modal. Supaya semua terwujud, pastikan juga untuk menyetorkan sejumlah uang untuk deposit.

4. Pahami Biaya dan Deposit Awal

tampilan POST
tampilan POST © sekuritas.co.id

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada dua jenis akun di Panin Sekuritas yakni self trading dan broker. Untuk akun self trading, akan dikenai biaya pembelian 0.20% dan biaya penjualan hingga 0,30%. Lalu untuk akun broker, biayanya jauh lebih mahal dari self trading yakni 0,25% untuk pembelian dan 0,35%.

Terakhir jika sudah mengetahui fee alias biaya yang dibebankan, maka Anda harus tahu juga berapa besaran deposit awal ke RDN. Untuk keperluan deposit awal, Panin Sekuritas rupanya membedakan pengguna dalam tiga golongan. Untuk jenis akun POST Syariah, deposit awal minimal adalah Rp1 juta (khusus RDN di Panin).

Lalu untuk POST self trading dan broker reguler, masing-masih menetapkan deposito awal sebesar Rp10-25 juta. Cukup besar? Tenang saja, Panin Sekuritas tak akan mengecewakan Anda lantaran mampu memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan. Jadi tnggu apalagi? Yuk gabung ke Panin Sekuritas sekarang juga!