Cara Ajukan KUR Tanpa Agunan

COPYTRADE.BLOG – Cara ajukan KUR tanpa agunan mungkin menjadi hal yang sangat dicari, terutama bagi para pelaku usaha. Beberapa KUR memang membutuhkan agunan atau jaminan saat melakukan peminjaman, namun ada cara yang bisa dilakukan untuk menghindari agunan.

KUR merupakan singkatan dari Kredit Usaha Rakyat yang bisa berbentuk Kredit Modal Kerja atau Kredit Investasi. Sistem peminjaman dengan KUR biasanya dibatasi pada nominal tertentu dengan angsuran yang berbeda-beda, sesuai dengan tenor yang ditentukan.

Beberapa bank di Indonesia menyediakan KUR yang mungkin dibutuhkan untuk para pengusaha. Di antaranya, bank BRI dan bank Mandiri adalah bank di Indonesia yang menyediakan KUR bagi mereka yang ingin melakukan pinjaman.

Untuk mengajukan KUR, biasanya ada beberapa program pinjaman yang memerlukan agunan dan yang tidak memerlukan agunan. Namun, kebanyakan pengusaha lebih memilih untuk mencari cara ajukan KUR tanpa agunan atau jaminan.

BACA JUGA: Kabar Baik Bagi Usaha Super Mikro Bunga KUR Turun Jadi 3 Persen

Agar Anda dapat mengetahui bagaimana cara ajukan KUR tanpa agunan, kami akan memberikan penjelasan dan berbagai syarat yang perlu dipenuhi untuk mengajukan KUR.

KUR Mandiri

Cara ajukan KUR tanpa agunan di Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank di Indonesia yang menyediakan program KUR, untuk cara ajukan KUR tanpa agunan di bank ini, Anda hanya perlu menyediakan beberapa dokumen yang harus diserahkan.

Syarat yang harus dipenuhi untuk memenuhi cara ajukan KUR Mandiri tanpa agunan adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat nikah atau akta cerai
  • Bagi pelaku usaha,maka Anda perlu menunjukkan surat keterangan usaha dari pejabat yang berwenang
  • Bagi calon TKI, maka surat keterangan usaha digantikan dengan surat kontrak kerja
  • NPWP (opsional, dibutuhkan jika ingin mengajukan pinjaman KUR Mandiri dengan plafon di atas Rp 50 juta)
  • Bunga 6% per tahun atau 0,2% per bulan
  • Tenor 1 tahun hingga 5 tahun

Sementara itu, untuk jenis KUR Mandiri disediakan dalam beberapa macam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah jenis KUR Mandiri

  1. KUR Super Mikro dengan plafon maksimal Rp 10 juta dengan tenor 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja (KMK) dan 5 tahun untuk Kredit Investasi (KI)
  2. KUR Mikro dengan plafon mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 100 juta dengan tenor 3 tahun untuk KMK dan 5 tahun untuk KI.
  3. KUR TKI dengan plafon maksimal Rp 25 juta dengan tenor sesuai dengan masa kontrak kerja dan tidak melebihi 3 tahun
  4. KUR Kecil dengan plafon mulai Rp 100 juta hingga Rp 500 juta dengan tenor 4 tahun untuk KMK dan 5 tahun untuk KI
  5. KUR Khusus dengan plafon maksimal Rp 500 juta dengan tenor 4 tahun KMK dan 5 tahun untuk KI

Cara Ajukan KUR Mandiri Tanpa Agunan

Cara ajukan KUR Mandiri tanpa agunan bisa dilakukan melalui cara offline dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat dan menyampaikan ajuan pinjaman melalui Customer Service.

BACA JUGA: Copy Trade Berisiko? Yuk Pelajari kelebihan dan kekurangan Copy Trade

KUR BRI

Cara ajukan KUR tanpa agunan di Bank BRI

Selain Bank Mandiri, ada pula Bank BRI yang menyediakan program KUR dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi. KUR BRI bisa diajukan oleh pemilik usaha yang produktif dan layak atau calon TKI yang ingin mengajukan pinjaman.

Berikut adalah syarat agar Anda bisa mengajukan KUR BRI:

  • Perorangan atau Individu calon TKI yang akan berangkat atau individu yang sedang melakukan usaha dengan produktif
  • Menyiapkan dokumen seperti KTP dan Kartu Keluarga
  • Untuk TKI yang akan berangkat dan mengajukan KUR, siapkan perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, paspor, visa, dan lain-lain (menyesuaikan)
  • Untuk pelaku usaha produktif, siapkan surat izin usaha

Jenis KUR BRI tanpa agunan saat ini tersedia dalam dua macam, yaitu:

  1. KUR TKI dengan plafon maksimal Rp 25 juta dengan bunga 6% per tahun tanpa biaya administrasi dan provisi serta tenor maksimal 3 tahun atau menyesuaikan dengan kontrak kerja
  2. KUR Mikro dengan plafon maksimal Rp 50 juta dengan tenor 3 tahun untuk KMK dan 5 tahun untuk KI dengan suku bunga 6% per tahun tanpa biaya administrasi dan provisi

Cara Ajukan KUR BRI Tanpa Agunan

Untuk caranya, Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi kur.bri.co.id untuk pengajuan secara online atau kunjungi Kantor Cabang Bank BRI terdekat dari lokasi Anda.

Itulah cara ajukan KUR tanpa agunan melalui bank yang ada di Indonesia dan mungkin bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman di tahun ini.

BACA JUGA: Bank Indonesia Siapkan Lima Jurus Jitu Hadapi Gejolak Ekonomi 2023