Bitcoin Legal Dibeberapa Negara, Indonesia Kapan?

Copytrade.blog – Sebagai mata uang digital/virtual nomor satu diukur dari sisi market kapitalis pasar dunia saat ini, bitcoin bak primadona yang menyilaukan mata oleh oleh sebagian orang, mata uang digital ini semakin hari semakin moncer saja dalam dunia investasi.

Khususnya di Negara-negara maju nilai investasi mata uang virtual ini kian hari kian melonjak saja bahkan menurut McAfee, pembuat software anti-virus terkenal McAfee dalam akun twitternya menulis bahwa harga Bitcoin akan mencapai $500.000 pada tahun 2020. Jika prediksi itu benar bitcoin akan semakin menjadi primadona investasi dunia.

Dibeberapa Negara seperti Rusia dan Jepang mata uang digital ini sudah bisa digunakan untuk transaksi dipelbagai pusat pembelanjaan, bahkan di Amerika Bitcoin bisa digunakan untuk membayar perkuliaan.

Memang  selain investasi transaksi keuangan bitcoin dirasa sangat membantu di era digital seperti sekarang, era yang serba cepat dan praktis, didorong dengan perkembangan teknologi yang semakin melesat menciptkakan berbagai inovasi untuk mempermudah kehidupan manusia.

Perkembangan teknologi tidak hanya berlaku untuk Negara-negara maju, tak bisa terelakan Negara-negara berkembang pun ikut terkena dampaknya, masyarakat Negara berkembang seperti Indonesia sekarang lebih cenderung beralih ke sistem online dari pada offline.

Memang kita masih jauh tertinggal dari Negara-negara maju berkaitan dengan investasi uang digital namun data terbaru pada tahun 2018 dikutip dari katadata.co.id, lembaga riset asal Inggris, Merchant Machine, merilis daftar sepuluh negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia. Indonesia memimpin jajaran negara-negara tersebut dengan pertumbuhan 78% pada 2018.

Jumlah pengguna internet di Indonesia yang lebih dari 100 juta pengguna menjadi salah satu kekuatan yang mendorong pertumbuhan e-commerce. Rata-rata uang yang dibelanjakan masyarakat Indonesia di situs belanja daring mencapai US$ 228 per orang atau sekitar Rp 3,19 juta per orang.

Lalu apakah ada keterkaitan dengan bitcoin? Jelas ada! karena semakin banyak orang yang melek internet akan semakin banyak juga orang berpikir bisa mendapatkan uang dari internet dengan cara apapun. Nah salah satunya adalah berinvestasi di bitcoin.

Di Indonesia sendiri regulasi terkait dengan pemakaian bitcoin sendiri masih dibatasi, Meski di Indonesia sendiri status bitcoin adalah legal atau boleh dimiliki, Regulasi itu telah diperkuat dengan peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 99 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Aset Kripto dan Permendag No. 119 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Perdagangan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka.

Keputusan Mentri Perdagangan tersebut melahirkan turunan beberapa peraturan seperti Peraturan BAPPEBTI No. 9 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka, yang bertujuan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Tetapi sayangnya penggunaan mata uang digital di Indonesia ilegal sebagai alat pembayaran. Hal ini sesuai dengan keputusan Bank Indonesia yang diambil pada 7 desember 2017 yang melarang penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran dan berlaku pada 1 januari 2018.

Meskipun terbentur dengan regulasi namun bitcoin terbilang memiliki prospek yang menjanjikan dikemudian hari karena memiliki faktor pendukung terbesar yakni perkembangan teknologi internet yang akan berjalan semakin pesat.

Perkembangan teknologi juga memaksa manusia untuk lebih menggunakan transaksi virtual daripada transaksi konvensional.

Masyarakat kita hanya masih asing mengenal bitcoin, sama persis ketika dulu hadir sistem kartu kredit dan debit, masyarakat Indonesia perlu beberapa tahun untuk mengenal dan beradaptasi terhadapa uang virtual karena masyarakat kita notabennya lebih sering menggunakan uang secara tunai.

Perkembangan teknologi di era modern seperti ini yang akan mendorong berbagai kebiasaan manusia tidak terkecuali dalam penggunaan uang virtual seperti bitcoin yang mungkin akan menjadi lebih dikenal dimasa yang akan datang. 

Patut ditunggu kebijakan selanjutnya dari pemerintah Indonesia terkait dengan mata uang digital seperti bitcoin, namun yang jelas untuk saat ini mata uang digital sudah legal di Indonesia sebagai investasi tapi belum bisa digunakan sebagai alat pembayaran.

Baca juga: Rekomendasi 5 Broker Terbaik untuk Investasi