Bitcoin Cash vs Bitcoin, Manakah Yang Terbaik dan Tentukan Pilihannya

bitcoin
source: Freepik

Berbicara mengenai bitcoin dan bitcoin cash, pasti tak bisa luput dari kejadian tahun 2017 silam. Kejadian yang dikenal sebagai hard fork ini menghasilkan sebuah aset kripto baru. Jadi, jangan salah jika terdapat persamaan antara keduanya.

Bitcoin adalah jenis aset kripto atau cryptocurrency yang pertama kali diciptakan. Sedangkan, Bitcoin cash bisa disebut sebagai saudara jauh. Hal ini disebabkan kemunculannya baru ditahun tahun 2017 karena adanya hard fork.

Namun, apa kalian mengetahui tentang apa itu hard fork?

Hard fork adalah suatu keadaan saat satuan cryptocurrency terbagi menjadi dua, yang menghasilkan kode baru yang tidak saling kompatibel dengan kode sebelumnya. Merujuk pada kejadian tahun 2017, saat itu popularitas bitcoin sangat melesat jauh sedangkan jaringan dalam bitcoin tidak mampu memenuhi kebutuhan pengguna.

Pengembang meyakini bitcoin akan terus tumbuh dan diminati, sehingga terjadilah hard fork. Hard fork ini sebagai jawaban dari bagaimana skalabilitas milik bitcoin saat jaringan didalamnya yang terbatas.

Setelah diluncurkan aset kripto baru ini memiliki jaringan dan spesifikasi tersendiri. Di dalam block-nya memiliki kapasitas besar untuk menampung setiap transaksi yang masuk. Saat awal mula kapasitas pada setiap block-nya sebesar 8 MB namun setelah adanya pengembangan, kapasitasnya menjadi 32 MB.

Artinya pengguna tak memerlukan waktu yang lama untuk menunggu proses transaksi selesai. Lalu, untuk biaya transaksi bitcoin cash jauh lebih murah dibandingkan dengan bitcoin.

Kemudian, apakah bitcoin cash dapat mengalahkan ketenaran dari bitcoin? Tidak ada yang tahu. Apakah nanti dimasa depan bitcoin akan surut ketenarannya dan beralih atau bitcoin akan tetap berjaya. Tapi, ada hal yang perlu diketahui, yaitu perbedaan mendasar dari bitcoin dan bitcoin cash.

Sebelumnya, jika kalian menebak perbedaan dari keduanya adalah kapasitas maka benar. Kapasitas yang bitcoin cash berikan jauh lebih besar dibandingkan bitcoin. Kapasitas bitcoin sendiri sekarang adalah 1 MB. Sudah terlihat perbedaan yang jauh di kapasitas.

Setelah itu, terjadilah perbedaan persepsi yang menjadi perbedaan antara bitcoin dan bitcoin cash yaitu mengenai visi dari Satoshi Nakamoto. Yang pada dasarnya memiliki cara kerja, algoritma penambangan, dan bonus bagi penambang yang sama.

bitcoin
source: freepik

Komunitas BTC bisa dikatakan memegang teguh prinsip awal dari BTC yang menjanjikan desentralisasi, tanpa ada pihak ketiga, dan tanpa kepercayaan. Sedangkan BCH menginginkan untuk mata uang digital ini dapat diterima oleh seluruh masyarakat dunia.

Sehingga komunitas tersebut lebih mementingkan adanya adopsi masal dibandingkan prinsip awal desentralisasi tanpa adanya pihak ketiga dan tanpa kepercayaan.

Sayangnya tidak semua pihak dapat menerima saudara jauh bitcoin ini. Beberapa pihak dengan terang-terangan menolak adanya aset kripto baru sebagai alat transaksi cryptocurrency.

Contohnya platform exchange yang memboikot kehadiran saudara jauh bitcoin. Salah satunya adalah Coinbase dan itBit yang resmi tidak memasukkan bitcoin cash dalam daftar aset kripto yang diperdagangkan.

Perbedaan usia pun menjadi salah satu hal celah perbedaan. Jika diukur dari nilainya, Bitcoin berada diangka 38.000 USD atau 550.630.636 rupiah. Sedangkan, bitcoin cash berada di 284,98 USD. Terlihat bitcoin masih menjadi raja yang sulit dikalahkan bagi pesaingnya.

Lalu, untuk saat ini Bitcoin bisa dijadikan sebagai alat pelindung kekayaan dan bitcoin cash berfokus pada nilai tukar. Dengan memanfaatkan biaya transaksi yang murah dibandingkan bitcoin.

Bagaimana? Sudah bisa menentukan pilihan diantara bitcoin dan bitcoin cash.nggak perlu buru-buru memilih, pastikan pilihan yang dipilih dapat memberikan dampak yang baik.