Bisnis yang Cocok Untuk Wanita, Ini Dia

Belakangan peminat bisnis di Indonesia kian meningkat, ini tentunya membuka angin segar bagi suatu negara karena dari pelbagai sektor bisnis merupakan salah satu penyumbang terbesar dalam pemasukan suatu bangsa.

Kabar menggembirakan lainnya adalah kini pelaku bisnis tidak hanya di dominasi oleh pria, di era sekarang banyak sudah kita jumpai pelaku bisnis wanita yang tak kalah progresif daripada seorang pria.

Data Bank Indonesia menyebutkan bahwa total Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tahun 2018 mencapai 57,83 juta dengan lebih dari 60% dikelola oleh wanita (Jumlah pelaku UMKM wanita di Indonesia mencapai 37 juta).

Dengan begitu, perempuan semakin memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian negara, salah satunya adalah melalui sektor UMKM.

Tidak hanya sector UMKM yang sudah didominasi oleh wanita, banyak sektor bisnis lain yang sekarang juga gawangi oleh wanita.

Nah kali ini copytrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber bisnis yang cocok dijalankan oleh wanita. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut:

1. Kosmetik

Industri bisnis kecantikan di Indonesia sedang mengalami masa jayanya. Karena sekarang baik wanita maupun pria di Indonesia sudah mulai sadar untuk merawat diri demi menunjang penampilan mereka.

Melihat kenyaataan itu kini banyak pelaku bisnis yang mengincar bisnis kosmetik sebagai salah satu cara untuk mendatangkan pundi pundi uang. Dan kini wanita tidak lagi sebagai objek namun mereka ikut berperan dalam kemajuan bisnis kosmetik di Indonesia.

Hal ini bisa kita lihat dari berbagai brand kosemetik yang ada di tanah air kebanyakan pemiliknya adalah wanita.

Pemasukan bagi negara dari bisnis ini tidaklah kecil dan wanita sudah bisa menyumbangkan kontrubusinya bagi Indonesia lewat bisnis kosmetik yang mereka jalani.

2. Dropship

Peran wanita dalam sector perdagangan tidak bisa dipandang remeh, karena kebanyaan mereka sekarang menguasai dalam bisnis dropship di tanah air. Bisnis ini cocok dijalankan bagi wanita karena memang wanita lebih luwes memperdagangan suatu produk daripada pria.

Yang menarik dari bisnis ini adalah binis ini nyaris tanpa modal karena kita hanya menjadi perantara saja dalam penjualan suatu produk. Kita tidak perlu membeli suatu barang dan mengantarkannya. Yang melakukan itu semua adalah tanggung jawab pemilik produk.

Sekilas dropship hampir mirip dengan reseller namun pada kenyataanya sangat jauh berbeda. Kalau reseller dituntut untuk membeli barang lalu menjualnya pada bisnis jenis ini tidaklah demikian.

Bisnis jenis ini membuka lapangan kerja hanya dengan mengandalkan kemampuan pemasaran kita dan hal yang takkalah penting adalah koneksi internet yang baik. Karena bisnis ini modal utamanya adalah jaringan internet.

3. Salon dan Rias Pengantin

Kesadaran untuk merawat diri agar tampil maksimal kini sudah merasuki hampir setiap orang di Indonesia. Dengan begitu membuka salon dan rias pengantin merupakan salah satu tawaran bisnis yang cocok dijalankan oleh wanita.

Karena pangsa yang semakin luas menjadikan bisnis ini memilik peluang yang jauh lebih besar untuk mendapatkan keuntungan.

Tidak hanya itu kini salon yang dulu identik dengan pangsa wanita kini juga merambah ke pria. Jadi yang merasa memerlukan perawatan tidak hanya wanita namun pria zaman sekarang jug memerlukan itu demi bisa tampil menawan.

Apalagi jika salon kita juga merambah pangs arias pengantin. Maka akan semakin besar juga kita dapat menikmati sukses pada bisnis ini. Karena banyak mempelai yang rela mengeluarkan banyak uang demi terlihat lebih menarik di hari pernikahan mereka.   

4. Spa

Banyak orang membutuhkan layanan untuk mengurangi tingkat stress yang sering melanda karena tuntunan pekerjaan dan beban hidup yang semakin berat. Salah satu tempat yang bisa membuat rileks adalah spa.

Spa dikenal sebagai pusat memanjakan diri dengan spa kita bisa menghilangkan sejenak beban kerja yang menumpuk dan aktivitas yang lain yang bisa menjadikan orang stress.

Bisnis ini cocok dijalankan oleh wanita. Karena wanita lebih paham dan mumpuni untuk merawat diri sehingga akan jauh lebih mengusai pangsa dan paham akan kebutuhan  para konsumennya.

Bila kita cermat dan tekun dalam menjalankan bisnis ini, peluang besar bagi kita untuk bisa mengeruk pundi pundi keuntungan dalam salah satu sektor industri yang sedang berkembang pada saat ini.

5. Kuliner

Wanita lebih terlatih untuk bisa memasak. Karena memang steriotip yang dilekatkan pada mereka sejak kecil bahwa wanita yang baik harus bisa memasak. Dengan kebiasaan tersebut maka wanita di Indonesia mau tidak mau harus belajar memasak.

Bisnis yang baik adalah paham akan lini bisnis yang sedang dijalani. Dan wanita di Indonesia sudah terlatih sedari kecil untuk bisa memasak. Dengan begitu membuka bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang layak dan cocok dicoba bagi wanita.

Ada pelbagai macam bisnis kuliner yang bisa kita pilih dari binis kuliner kecil hingga besar. Kesemuanya memiliki risiko masing masing jika kita akan menjalankannya. Namun risiko tersebut menjadi kecil dengan kemampuan memasak yang sudah kita miliki.

Ditambah dengan kemajuan internet yang sudah merajalela bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang sangat pontensial untuk dijalankan. Karena dengan internet kita bisa memasarkan segala macam jenis bisnis kuliner kita hanya dari rumah.

6. Les Privat

Wanita dikenal lebih telaten dan lebih sabar ketika mengajarkan sesuatu kepada anak anak. Dengan begitu membuka les privat merupakan salah satu bisnis yang dirasa lebih cocok bagi perempuan.

Apalagi kita banyak orang tua yang sudah mulai sadar akan pentingnya kualitas pendidikan bagi putra putinya. Mengelurakan banyak orang tidaklah menjadi masalah yang berarti jika sudah berbicara soal anak.

Salah satu hal yang menguntungkan ketika kita membuka bisnis jenis ini adalah kita bisa menjalankanya dari rumah. Sehingga akan tidak banyak memakan waktu yang berarti untuk tetap bersama keluarga.  

Bisnis ini merupakan bisnis yang pas dijalani jika kita mengingngakan bisnis disela sela mengurusi keluarga.  

7. Konsultan

Banyak orang yang lebih nyaman ketika berkomunikasi dengan wanita. Apalagi ketika wanita tersebut memilili skill yang baik dalam komunikasi. Sehingga membuat bisnis konsultan menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan dan cocok jika dijalankan oleh seorang wanita.

Banyak lini binis konsultan yang sekarang dibutuhkan baik oleh individu maupun perusahaan disesuaikan dengan kemampuan kita. Apalagi jika kita sudah memiliki pengalaman yang baik dalam bisnis ini. Maka mendapatkan uang dari bisnis ini relative lebih mudah.

Tuga utama dalam bisnis ini adalah memberikan nasehat dan arahan kepada seseorang atau perusahaan tentang hal baik yang harus dilakukan demi keberlangsungan kehidupan yang lebih baik.

Banyak manfaat yang diterima dari seorang konsultan entah itu untuk individu atau perusahaan diantaranya adalah: mengatasi masalah tanpa masalah, meningkatkan profit perusahaan dan masih banyak yang lainnya. 

8. Influencer

Kebanyakan para influenser di Indonesia didominasi oleh wanita. Bisnis ini memang salah satu bisnis yang cocok untuk dijalankan oleh wanita karena seorang wanita cenderung memiliki pengikut yang lebih banyak di media sosial daripada seorang pria.

Di zaman sekarang banyak produk yang justru lebih memilih influencer dalam strategi pemasarannya. Karena influencer bisa menjadi trend center dan lebih mudah mempengaruhi seseorang dalam segala aktivitasnya.

Sehingga mengandeng influencer dipandang lebih efektif dari pada beriklan di media media mainstream yang kini mulai ditinggalkan oleh generasi milenial.

Dengan begitu sebuah perusahaan akan rela mengeluarkan banyak uang demi bisa suatu produknya dipasarkan oleh seorang influencer karena dampaknya yang luar biasa.

9. Admin Media Sosial

Peran admin media sosial di masa sekarang tidak bisa dianggap remeh. Karena admin media sosial akan sangat menentukan dalam segi layanan dan pemasaran suatu produk.  

Dengan begitu banyak perusahaan yang sekarang menggarap serius media sosial yang mereka punya. Karena dampak media sosial sekarang sangatlah luas terlebih lagi di Indonesia pengguna media sosial merupakan salah satu pengguna terbesar di dunia.

Hal ini menjadikan banyak perusahaan atau instansi yang membutuhkan jasa admin media sosial yang baik demi bisa melayani konsumen dengan cepat.

Admin media sosial sangat cocok dijalankan oleh wanita. Karena wanita cenderung lebih telaten dan teliti ketika menghadapi suatu konsumen.

10. Freelancer

Salah satu bisnis yang cocok dijalankan oleh wanita khususnya yang tidak banyak waktu karena kesibukan mengurus keluarga adalah menjadi seorang freelancer.

Dimasa sekarang freelancer banyak dilirik oleh suatu perusahaan karena mempekarjakan freelancer dianggap lebih menguntungkan dan dapat lebih menekan biaya pengeluaran.

Jika kita serius menggarap bisni ini kita bisa membuat semacam agensi. Karena bisnis jenis ini merupakan bisnis yang sedang berkembang dimasa teknologi seperti sekarang.

Bayak individu atau perusahaan yang membutuhkan jasa dari para freelancer. Ada banyak lini bisnis yang bisa kita jalani untuk menjadi seorang freelancer tergantung dari kemampuan yang kita miliki.

Jika kita mempunyai kemampuan desan grafis yang baik misalnya kita bisa menawarkan jasa tersebut kepada perusahaan yang sekarang banyak membutuhkan jasa desain grafis yang fresh dan segar demi mengikuti perkembangan zaman.

Itulah bisnis yang cocok dijalankan oleh wanita, ingat wanita sekarang juga harus bisa berkarya tidak hanya mengandalkan pemasukan dari pria saja. Dengan memiliki pemasukan finansial seorang wanita juga bisa membantu perekonomian keluarga yang akan bisa membantu dalam segi finansial yang kian hari kian meningkat.     

Baca juga: Layak Dicoba! Inilah Ide Bisnis Modal Kecil Untung Melimpah