Inilah 10 Bisnis yang Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

Copytrade.blog – Sudah menjadi kodrat pagi perempuan setelah mereka menikah maka secara otomatis akan mempunyai tugas baru yaitu menjadi ibu rumah tangga. Entah mereka masih bekerja ataupun memilih fokus mengurus keluarga.

Mengurus rumah tangga bukan perkara yang mudah maka tak jarang perempuan rela berhenti bekerja demi keluarga, namun tak jarang juga yang tetep memilih bekerja demi untuk membantu meringankan beban suaminya.

Entah berkeja ataupun memilih menjadi ibu rumah tangga, sama-sama baiknya tergantung kondisi keluarga tersebut yang terpenting mereka harus bisa membagi waktu dengan baik dan tidak meninggalkan tugas pokoknya sebagai ibu rumah tangga.

Baik bekerja ataupun memilih menjadi ibu rumah tangga masih-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, kelebihan ibu bekerja salah-satunya bisa membantu perekonomian keluarga sedangkan kekuranganya tidak banyak waktu untuk mengurus keluarga. Sebaliknya jika Anda menjadi ibu rumah tangga akan banyak waktu dengan keluarga namun tidak bisa membantu perekonomian keluarga.

Bagi perempuan yang memilih tetap bekerja atau melanjutkan karir bisa dibanyangkan betapa capenya beban yang harus ditanggung oleh mereka, bekerja saja sudah cape dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi setelah pulang ke rumah bukannya bisa berististirahat malah masih harus bekerja di rumah seperti memasak dan lain sebagainya.

Apa lagi bagi yang sudah mempunyai anak, bisa dibayangkan betapa repotnya perempuan karir yang sekaligus menjadi ibu rumah tangga hampir dipastikan tidak banyak waktu untuk beristirahat.

Bagi perempuan yang mempunyai fisik yang prima mungkin tidak masalah namun bagi yang mempunyai fisik lemah bisa menjadi masalah yang fatal sehingga pilihan berhenti bekerja merupakan salah salah-satu opsi yang bisa diambil.

Anggapan ibu rumah tangga tidak bisa membantu perekonomian keluarga dizaman sekarang mulai pudar karena sekarang banyak ibu rumah tangga yang jusrtu sukses dari usaha rumahannya.

Bahkan yang dulu mungkin dianggap usaha sambilan dengan berkembangnya usaha tersebut malah kini menjadi usaha pokok yang menjanjikan dengan hanya berdiam diri di rumah, bagimana sangat mengasikan bukan?

Baca: Bingung Memilih Bisnis? Inilah Bisnis Masa Depan yang Menjanjikan

Nah pada kesempatan kali ini copytrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber tentang bisnis sampingan ibu rumah tangga yang bisa di coba dikala kesibukan mengurus keluarga. Berikut ulasannya:

1. Bisnis Online

Ditengah tengah kesibukan mengurus keluarga menjalankan bisnis online merupakan pilihan yang cocok bagi ibu rumah tangga, apalagi dengan kemajuan teknologi seperti sekarang menggeluti bisnis online akan dipermudah dalam menjalankan bisnisnya.

Tidak harus memiliki produk Anda hanya menjadi perantara saja, lalu dijual di media sosial atau toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak, Anda sudah bisa medapatkan uang dari sini dengan cara mengambil keuntungan dari selisih antara harga jual dan harga pembelian.

Atau Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berjualan, menawarkan produk dari teman yang terdekat terlebih dahulu.   

2. Membuka Toko Klontong

Membuka toko kelontong merupakan salah satu pilihan bisnis yang cocok bagi ibu rumah tangga, apalagi bagi Anda yang hidup di lingkungan perumahan, Anda bisa menjual barang kebutuhan pokok seperti beras dan minyak goreng.

Bisnis ini sangat potensial dijalankan oleh ibu rumah tangga, karena tidak perlu meninggalkan rumah untuk menghasilkan uang, justru dari rumah Anda bisa mendapatkan pundi-pundi uang.

Dan yang menarik dari bisnis ini adalah Anda tidak memerlukan banyak modal untuk memulai bisnis ini, sehingga memungkinkan bagi siapa saja untuk membuka toko klontong apalagi ketika Anda mempunyai lahan kosong di rumah akan semakin meminimilasir pengeluran modal Anda.  

3. Bisnis Berjualan Kue

Banyak perempuan yang jago membuat kue jika Anda salah satunya maka tidak ada salahnya mencoba bisnis ini, bisnis ini juga cocok bagi ibu rumah tangga yang sering berkreasi dalam hal mengolah makanan.

Namun untuk memulai bisnis perlu memikirkan konsumen yang akan membeli produk Anda, agar kue bisa terjual perlu kiranya untuk mengamati calon pembeli dan tren kue yang sedang laku dipasaran. Selain itu Anda juga bisa mengemas roti semenarik mungkin supaya ada orang yang tertarik untuk membeli kue Anda.

Anda dapat mulai menjual kue ke orang-orang yang terdekat semisal keluarga, tetangga dan teman-teman arisan untuk menarik konsumen.  

4. Menjadi freelancer

Jika Anda masih bingung untuk memulai bisnis rumahan yang cocok bagi ibu rumah tangga cobalah jalankan bisnis ini, menjadi freelancer memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan dengan mudah tak perlu keluar rumah.

Bisnis ini cocok sekali bagi ibu rumah tangga karena tidak memakan waktu yang banyak dari bisnis menjadi freelancer, misalnya kalau kalian bisa menulis dan artikelnya yang kalian buat bagus dari satu artikel saja kini bisa dihargai 200 rubu rupiah, wah sangat menjanjikan bukan?

Atau Anda juga bisa menjadi salah satu admin media sosial yang tawaran hasilnya pun takkalah menggirukan, hanya dengan bekerja memposting status media sosial Anda dapat mendapatkan bayaran yang menggiurkan.  

5. Membuat Blog

Nah bagi Anda yang bisa menulis membuat blog juga cocok menjadi pekerjaan tambahan bagi ibu rumah tangga. Anda bisa menghasilan uang dari google adsense selain itu yang tak kalah menjanjikan adalah mengikuti program afiliasi suatu instansi.

Apalagi jika Anda punya produk yang menarik Anda bisa menjual produk Anda sendiri di blog pribadi yang bisa dijadikan tambahan penghasilan yang takkalah menarik.

Namun sebelum itu memilih nice blog juga harus menjadi pertimbangan sebelum membuat blog. Pilih nice blog yang sesuai dengan keahlian Anda misalnya Anda memiliki keahlian menjahit, Anda bisa membuat tulisan cara menjahit biar memudahkan Anda untuk membuat tulisan karena memang itu keahlian Anda.  

Baca: Tidak ada Matinya! Berikut 5 Bisnis Potensial Bermodal Kecil Cocok Bagi Pemula

6. Membuka Agen PPOB

PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank, merupakan suatu loket adminstrasi bank yang dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan dalam satu tempat. PPOB adalah sistem pembayaran online yang menggunakan layanan perbankan seperti pembayaran tagihan PLN, TELKOM, PDAM, kredit untuk semua operator dan lainnya.

Menjadi agen PPOB merupakan pekerjaan yang sangat cocok bagi ibu rumah tangga, karena masyarakat kita suka dengan hal yang instan dan tidak mau ribed, ditambah lagi setiap bulan pasti setiap keluarga ditagih pembayaran listrik dan air sehingga menjadi agen PPOB memiliki pasar yang besar dan menjanjikan.  

Tidak hanya itu peluang besar lainnya jika Anda menjadi agen PPOB adalah bisa menjual pulsa dan kuota internet yang saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna ponsel, hampir semua orang kini memiliki ponsel yang membutuhkan kouta internet setiap hari guna menunjang aktivitas mereka.

7. Bisnis Menjual Pakan Hewan Peliharaan

Sekarang banyak kita jumpai masyarakat yang memelihara hewan peliharaan dari mulai burung, kucing dan lain sebagainya semakin hari orang yang memelihara hewan peliharaan kian meningkat saja menjual pakan hewan peliharaan menjadikan salah satu bisnis yang menjanjikan bagi para ibu rumah tangga.

Dengan semakin banyaknya orang memelihara hewan maka pasar pakan hewan pun kian terbuka lebar, bisnis ini merupakan bisnis yang semakin berkembang dari hari ke hari, sehingga bisnis menjual pakan hewan peliharaan sangat menjanjikan dan tidak ada salahnya untuk dicoba.

Kalau Anda tidak mau ribed pipilhnya jenis pakan hewan peliharaan yang tahan lama, karena kini banyak pakan dari pabrikan yang sudah membuat pakan macam-macam jenis hewan peliharaan.

8. Bisnis Tanaman Hias

Jika Anda suka dengan Tanaman Hias dan Anda suka untuk merawatnya pilihan bisnis sampingan yang takkalah menarik adalah bisnis tanaman hias, bisnis ini semakin berkembang ditengah masyarakat yang mulai suka dengan keberadaan tanaman disekeliling rumahnya.

Bisnis tanaman hias merupakan bisnis potensial yang menjanjikan ditengah masyarakat yang mulai gemar memelihara tanaman hias.

Bisnis tanaman hias juga mudah Anda tidak memerlukan lahan yang luas, apalagi dengan kemudahan media tanam yang efisien seperi pot dan media tanam yang lain, perawatannya pun relatif lebih mudah dari jenis tanaman yang lain.    

9. Menjadi Vlogger

Menjadi vlogger tidak melulu harus keluar rumah demi mendapatkan konten, kalau Anda hobi memasak proses memasak pun kita banyak orang yang menyukai, Anda bisa membuat konten cara dan resep makanan rumahan.

Apalagi jika Anda mempunyai hobi memasak, membuat masakan merupakan konten yang laris dan banyak dikunjungi oleh para orang.

Apalagi kecenderuangan orang sekarang yang lebih tertarik membuka youtube daripada membaca, menjadi vlogger merupakan bisnis yang menjanjkan disaat pergerseran masyarakat yang lebih tertarik melihat dan mendengar dari pada membaca.   

10. Ivestasi Saham Online

Dizaman Internet seperti sekarang yang sebagian besar ibu rumah tangga sudah mengenal Internet, tidak ada salahnya sebagai ibu rumah tangga untuk terjun ke dunia investasi online.

investasi saham online semakin kesini semakin banyak yang menggandrungi karena memang menjanjikan keuntungan yang besar. selain itu bisnis ini tidak banyak menguras waktu, sehingga cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga.

Namun selain menjanjikan keuntungan yang besar investasi saham juga mempunyai risiko yang besar juga, jadi sebelum Anda terjun ke bisnis ini, alangkah baiknya untuk mempelajari dan memilih jenis investasi saham yang cocok bagi Anda.

Itulah 9 ide bisnis yang cocok bagi  para ibu rumah tangga. Mau memilih bisnis apapun pada dasarnya tekun dan konsisten merupakan salah satu kunci bisnis Anda berhasil, ditambah lagi pengetahuan marketing yang baik akan menjadi penuncang kelangsungan bisnis Anda untuk terus berkembang dikemudian hari. Sekian semoga bisa menjadi inspirasi.

Baca juga: Ingin Sukses? Inilah Ciri-ciri Orang Sukses yang Harus Dimiliki