Anda Lulusan IT? Berikut Bisnis Menjanjikan Buat Kalian

Copytrade.blog – Ditengah kemanjuan teknologi yang semakin menjadi, banyak instansi atau perorangan yang sekarang membutuhkan jasa IT, oleh karenanya bagi lulusan IT ini merupakan kesempatan yang baik bagi kita yang akan memulai karir.

Dimasa sekarang lulusan IT bisa bekerja dimana saja dari perusahaan besar hingga UMKM kini membutuhkan jasa lulusan IT. Peluang besar ini mengikuti perkembangan teknologi karena perusahaan manapun akan berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen.

Denga kehadiran teknologi memudahkan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya, dari mulai mempromosikan hingga sampai ke tahap penjualan dan semuanya itu dapat dilakukan dengan mudah lewat kehadiran teknologi.

Hal ini menyebabkan lulusan IT kini banyak dicari karena memang tuntutan zaman yang serba canggih bila perusahaan ingin terus berkembang maka sudah selayaknya menyesuaikan perkembangan teknologi.

Namun sayangnya tidak semua orang ingin berkerja banyak dari kita yang justru lebih tertarik terjun ke dunia bisnis, ini juga berlaku bagi para lulusan IT, melihat peluang yang besar dan menjanjikan di bidang yang mereka geluti.

Baca: Jaga Nilai Aset Anda dengan Menabung Emas

Nah bagi Anda lulusan IT yang ingin memulai bisnis, kali ini copytrade akan memberikan peluang bisnis yang menjanjikan buat kalian, dikutip dari beberapa sumber. Berikut ulasannya;

1. Jasa Pembuatan Website

Hampir dipastikan di era milenial seperti sekarang semua instansi atau perorangan memerlukan website, nah jika kamu lulusan IT dan mampu mengusai website dengan baik maka membuka layanan jasa pembuatan website menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan.

Meski jasa pembuatan website merupakan jasa yang paling popular bagi para lulusan IT, namun masih banyak kesempatan terbuka luas karena masih banyak juga instansi atau perorangan yang ternyata belum mempunyai website atau belum bisa mengelolanya dengan maksimal.

Jika kamu pemula disarankan memilih pangsa instansi yang masih kecil atau pilih pangsa UMKM, karena pangsa ini merupakan pangsa yang besar namun masih jarang tersentuh dunia teknologi, kamu bisa menawarkan jasa kamu ke para pelaku UMKM dengan tawaran yang menarik.

2. Bisnis Startup

Kebangkitan Startup di Indonesai dengan hadirnya Tokopedia atau Gojek memancing individu maupun instasi untuk membuat bisnis serupaka. apalagi bila mendengarkan soal keuntungan yang didapat dari startup tersebut, maka akan mendorong individu maupun instansi semakin bersemangat untuk membuatnya.

Bisnis strartup memang sedang menjamur di Indonesia khususnya bagi anak-anak muda milenial, maka jika kalian lulusan IT tidak ada salahnya untuk memilih lini bisnis ini. Selain menjanjikan bisnis ini juga sedang tumbuh cepat di Indonesia.

Karena banyak instansi atau perorangan seolah latah membuat startup. Ini menjadikan peluang bisnis yang menarik bagi para lulusan IT karena semakin banyak yang membuat strartup maka akan semakin banyak juga jasa untuk membuatnya.

3. Membuat Aplikasi Mobile

Perkembangan teknologi sangat pesat dan internet semakin mudah untuk diakses ditambah lagi pengguna ponsel kian hari kian bertambah banyak maka tak jarang banyak perusahaan yang berlomba-lomba membuat aplikasi mobile.

Lihat saya ketika kita masuk ke play store akan banyak sekali aplikasi mobile yang bisa kita unduh secara gratis. Oleh karena itu bisnis jasa membuat aplikasi mobile merupakan pilihan bisnis yang patut dijalani pada masa sekarang.

Apalagi melihat pangsa sekarang pengguna aplikasi mobil semakin banyak, selain ringkas aplikasi mobile banyak dipilih masyarakat karena memudahkan untuk melakukan sesuatu hanya dengan genggaman.  

4. Membuat Software                                                                                          

Banyak orang awam yang masih mengangap aplikasi dan software adalah dua hal yang sama namun nyatanya keduanya merupakan hal yang berbeda dalam beberapa hal, untuk lebih jelasnya bisa Anda baca di atikel berikut perbedaan aplikasi dan software.

Pembuatan software bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Sasaran bisnis ini adalah perusahaan-perusahaan besar dan juga instansi pemerintah. Software ini dibutuhkan sebagai sarana untuk kelancaran proses kerja perusahaan atau instansi tersebut.

Bagi kalian lulusan IT ini menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk mendirikan jasa pembuatan software yang memang sudah sangat dibutuhkan oleh perusahaan maupun instansi dimasa teknologi seperti sekarang.

5. Menjual Produk IT

Selanjutnya bagi para lulusan IT bisnis yang sangat menjanjikan yang patut kalian jalankan adalah dengan menjual produk-produk IT seperti komputer, laptop dan lain sebagainya.

Ditambah lagi ketika kalian juga bisa menawarkan jasa instalasinya yang memang tidak semua orang bisa, ini menjadi nilai tambah bagi bisnis IT yang sedang kalian rintis.  

Apalagi sekarang baik komputer maupun laptop bukan menjadi barang asing lagi bagi kita, nyatanya barang tersebut memang sangat dibutuhkan bagi pekerja maupun pelaku bisnis karena bisa memudahkan suatu pekerjaan.

Baca: Mengenal Social Trading, Platform Trading yang Cocok untuk Investor Pemula

6. Konsultan Media Sosial  

Banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya sosial media, karena memang banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari platform tersebut. Kini banyak orang yang sukses hanya dengan bermodal sosial media.

Namun nyatanya masih banyak juga yang belum bisa mengoptimalkan sosial media kita dengan baik, dan ini menjadi salah satu peluang bisnis bagi kalian para lulusan IT untuk mengoptimalkan sosial media mereka.  

Target utamanya adalah para pelaku bisnis, Anda bisa menawarkan jasa untuk mengoptimalkan sosial media mereka, untuk sarana promosi, membangun brand, menambah jumlah follower dan lain sebagainya.

7. Jasa Maintenance IT

Dimasa sekarang baik perusahaan besar maupun kecil bahkan pelaku usaha rumahan sekalipun sudah membutuhkan jasa IT. Oleh karena itu membuka jasa bisnis maintenance IT merupakan salah-satu bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan.

Dengan IT akan membantu mereka dalam mengembangkan bisnisnya ke level yang lebih baik. Ini merupakan bisnis yang sangat membantu perusahaan dimasa teknologi seperti sekarang.  

Anda bisa menawarkan jasa maintenance seperti pemeliharaan server, komputer, peralatan WIFI, router, mesin absen dll. Kamu bisa menawarkan tarif bulanan untuk pemeliharaan rutin.

Itulah beberapa peluang bisnis yang bisa Anda coba bagi bagi kalian para lulusan IT semoga bisa menambah wawasan dan menginspirasi.  Selamat mencoba.  

Baca juga: Media Sosial, Aset Digital Namun Sering Dilupakan