Bingung Memilih Bisnis? Inilah Bisnis Masa Depan yang Menjanjikan

Copytrade.blog – Geliat masyarakat Indonesia untuk berwirausaha / memilih berbisnis sendiri daripada bekerja kini semakin meningkat, nampaknya kita mulai sadar akan banyaknya manfaat jika kita bisa memulai bisnis sendiri.

Dikutip dari data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Jumlah pengusaha di Indonesia meningkat dari yang sebelumnya hanya sebesar 1,67 persen menjadi 3,10 persen dari total jumlah pendudukan Indonesia yang saat ini sebanyak 225 juta jiwa.

Masih dikutip dari sumber yang sama namun ternyata banyak juga pelaku bisnis yang tumbang karena minimnya pengetahuan mereka tentang bisnis.

Memang untuk bisa bertahan hidup dalam dunia bisnis perlu keuletan dan sentuhan inovasi baru supaya bisnis kita mampu bertahan dan berkembang. Tentunya dengan mengikuti perkembangan zaman.

Sebagai pelaku bisnis sudah selayaknya memikirkan perkembangan bisnis yang sedang dijalani dan selalu mengevaluasi guna jalannya bisnis yang lebih baik.

Oleh karena itu penting bagi pemula yang akan mulai terjun ke dunia bisnis untuk menganalisis bisnis masa depan yang menjanjikan dan memiliki potensi besar untuk bisa bertahan dan berkembang di masa yang akan datang.

Yang menjadi pertanyaan adalah jenis bisnis apa yang menjanjikan di masa depan? Dengan semakin pesatnya teknologi maka bisnis masa depan yang menjanjikan adalah gabungan dari produk dan digitalisasi.     

Baca: Tidak ada Matinya! Berikut 5 Bisnis Potensial Bermodal Kecil Cocok Bagi Pemula

Kali ini copytrade.blog akan merangkum bisnis masa depan yang mempunyai peluang besar untuk meraih kesuksesan. Dikutip dari beberapa sumber, berikut ulasannya:

1. Bisnis Kuliner

Bagi para pemula yang terjun ke dunia bisnis banyak dari mereka yang memilih jenis bisnis yang satu ini. Bisnis kuliner saat ini memang sangat marak dan meriah dijalankan oleh banyak orang, karena pasarnya yang besar, otomatis jumlah permintaannya pun bertambah, sehingga menarik banyak orang untuk terjun ke bisnis kuliner.

Disamping itu banyaknya pilihan mengenai bisnis makanan / kuliner juga menjadi kriteria tersendiri bagi banyak orang untuk terjun ke bisnis ini, tergantung dari kekuatan modal kita, bisnis yang bermodal kecil bisa memilih kuliner sederhana seperti gorengan atau jajanan pasar.

Yang mempunyai modal besar bisa memilih jenis bisnis kuliner seperi membuka kedai kopi atau yang lainnya dan yang menarik dari bisnis ini adalah kini ada banyak pelaku usaha bisnis kuliner yang menawarkan konsep waralaba.

2. Bisnis Peternakan

Banyak dari kita mengangap bisnis peternakan merupakan bisnis yang tidak menarik untuk ditekuni, padahal sebagai salah-satu kebutuhan komsumtif bisnis ini mempunyai prospek yang menarik.

Apalagi belum banyak para pengusaha yang melirik bisnis ini, menjadikan kesempatan kita menjadi lebih luas selain dari permintaan yang cukup tinggi terkait kebutuhan daging di dalam negeri.

Bila dikelola dengan baik bisnis peternakan bisa menghasilkan banyak keuntungan, ditambah lagi kalau jaminan suplai daging lancar kepada para penjual menjadikan bisnis peternakan selalu menarik dimasa depan.  

3. Bisnis Konsultan Psikologi

Memang masyarakat Indonesia masih memandang ambigu bisnis konsultan, namun ditengah mobilitas orang yang semakin tinggi dan semakin sedikitnya waktu dan tuntutan yang semakin banyak, kini bisnis konsultasi psikologi bisa menjadi alternatif pilihan bisnis yang potensial untuk dijalani dimasa depan.

Banyaknya beban kerja dan tekanan hidup sering kali membuat orang stress maka jasa konsultasi psikologi semakin dibutuhkan di era sekarang. Kini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa konseling untuk mengatasi masalah psikologi para karyawannya.

Bisnis konsultasi psikologi ini juga semakin dibutuhkan masyarakat biasa untuk sekedar konsultasi terkait masalah yang sedang dihadpai. Menjadikan bisnis konseling merupakan bisnis menjanjikan dimasa depan.   

4. Bisnis Busana

Hampir sama dengan bisnis yang lain bisnis busana memang masih menjadi bisnis masa depan yang paling berpotensi untuk tumbuh. Ya memang masyarakat kita sudah mulai paham akan pentingnya memperhatikan penampilan.

Nah busana merupakan salah-satu penunjang kita untuk berpenampilan menarik, selain itu bisnis busana juga menawarkan keuntungan nilai jual yang tinggi sehingga menjadikan bisnis ini banyak disukai para pelaku usaha.

Selain itu bisnis ini tahan lama, tidak seperti bisnis makanan yang bisa basi, yang perlu dilakukan yaitu inovasi produk sehingga produk busana kita disukai oleh generasi sekarang. Kita harus uptudate  mengikuti busana yang sedang tren pada saat ini bila bisnis busana kita mau terus tumbuh dan berkembang.

Baca: Bukan PNS, Anak Muda Milenial Lebih Tertarik Terjun ke Dunia Bisnis

5. Bisnis Jasa Laundy

Intensitas kesibukan orang untuk berkeja dan lain sebagainya kini semakin tinggi sehingga menyebabkan orang tidak mempunyai waktu banyak termasuk juga untuk mencuci pakaian.

Ditambah lagi dengan kencenderungan orang yang malas melakukan sesuatu, kini tidak banyak orang yang mau mencuci bajunya sendiri, dengan berbagai alesan yang diutarakan sehingga bisnis ini akan semakin tumbuh dimasa yang akan datang.

Namun sekarang bisnis jasa laundy sudah menjamur hampir setiap tempat, selain layanan yang baik guna bisa bersaing kita juga harus bisa memberikan service yang prima bila bisnis laundry kita mau terus berkembang.

6. Bisnis Cuci Sepatu

Selain jasa laundry kini bisnis cuci sepatu juga tak kalah menggiurkan untuk mendapatkan keuntungan, bila jasa laundry pakaian semakin menjamur berbeda dengan bisnis cuci sepatu yang terbilang masih sedikit.

Padahal tawaran keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar loh dari jasa laundry, selain belum banyak yang terjun di bisnis ini, market cuci sepatu kini semakin banyak.

Bila ditambah dengan sedikit sentuhan inovasi bisnis cuci sepatu sangat menjanjikan dijalani dimasa yang akan datang, apalagi bila kita melakukan service pelayanan yang baik semisal bisa antar jemput di rumah.   

7. Bisnis Kecantikan

Dizaman sekarang siapa yang tidak ingin tampil cantik dan menjadi pusat perhatian seseorang? Hampir semua orang menginginkan itu. Melihat kenyataan seperti itu bisnis kecantikan merupakan bisnis yang layak dicoba.

Ditambah lagi dengan kesadaran masyarakat kita yang mulai tumbuh tentang merawat diri, bisnis kecantikan merupakan salah-satu bisnis yang semakin berkembang dimasa yang akan datang.

Bisnis ini juga manwarkan keuntungan yang tak kalah besar, coba saja lihat sekeliling kita, mereka rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk biaya perawatan guna tampil cantik dan prima.

8. Bisnis Online

Ditengah era digitalisasi dan internet yang semakin mudah bisa kita akses, terjun ke dunia bisnis online merupakan pilihan yang pas, karena hampir setiap hari kita bersentuhan dengan internet. Entah itu hanya sekedar membuka media sosial kita atau mencari informasi lain lewat internet.

Para generasi milenial sekarang banyak yang terjun di bisnis online, mulai dari menjual produknya lewat online atau dengan jenis bisnis online yang lain seperti jasa membuat website atau bahkan menjadi konten kreator youtube.

Yang jelas bisnis online akan semakin melaju pesat, kita bisa mendapatkan banyak keuntungan dikemudian hari lewat bisnis online, disamping dengan ditunjangnya teknologi yang semakin maju bisnis online lebih bisa menawarkan kemudahan bagi para konsumen.  

9. Bisnis Pariwisata

Salah satu keuntungan tinggal di Indonesia karena Negara kita merupakan Negara tropis yang banyak menawarkan destinasi wisata yang menakjubkan. Oleh karena itu bisnis wisata menjadi salah-satu bisnis yang menjanjikan dimasa depan.

Apalagi dengan kecendrungan masyarat kita sekarang, banyak orang lebih suka menabung untuk berwisata dibandingkan untuk berinvestasi.

Kini bisnis pariwisata mulai banyak dilirik oleh para pelaku bisnis, disamping menjanjikan keuntungan yang banyak terjun ke bisnis ini merupakan sesuatu yang menyenangkan.  

10. Bisnis Trading

Bisnis Trading merupakan bisnis yang menjanjikan dimasa depan, apalagi dengan kehadiran internet yang begitu mudah bisa kita akses darimana saja, ini sakaligus menguntungkan bagi para pelaku trading karena salah satu syarat menjalankan bisnis ini adalah koneksi internet yang memadai.

Bisnis ini juga bisa dijalankan paruh waktu, jadi kita masih bisa menjalankan usaha yang lain, artinya kalau kita menginvestasikan uang kita untuk trading tidak akan menggangu usaha yang lain.

Investasi Trading saat ini juga tidak perlu biaya yang besar, bahkan ada beberapa platfrom trading di Indonesia yang memberi modal awal untuk memulai bisnis ini.

Nah itu tadi 10 ide bisnis menjanjikan dimasa depan yang kita bisa pilih, langkah selanjutnya kita harus selalu mengamati bidang bisnis kita dan selalu mengikuti perkembangan zaman dan tentunya sentuhan inovasi dan intropeksi  akan sangat membantu dalam kemajuan bisnis kita.

Baca juga: Iniloh Investasi yang Paling Cocok Bagi Anak Muda