Peluang Bisnis Kaki Lima, Modal Sedikit Untung Selangit

Copytrade.blog – Bisnis kaki lima masih dipandang sebelah mata oleh sebagian orang di Indonesia padahal bisnis kaki lima juga bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat, karena kita tidak perlu membayar sewa tempat dan pelbagai pengeluaran yang mesti ditanggung jika kita menyewa tempat.

Sayangnya kebanyakan menset orang Indonesia mengatakan bahwa bisnis kaki lima merupakan bisnis kecil yang tidak menarik untuk dijalankan, selain itu bisnis kaki lima dipandang sebagai bisnis rendahan yang tidak bisa menguntungkan.

Padahal banyak orang-orang sukses yang justru dulu memulai usahanya dari bisnis kaki lima, dari bisnis ini mereka bisa membeli rumah, kendaraan sampai dengan biaya untuk anak sekolah.

Dimasa sekarang bisnis kaki lima masih menjadi salah-satu bisnis yang mempunyai prospek baik untuk dijalankan, apalagi dengan kehadiran teknologi yang semakin memudahkan, bisnis kaki lima terus melaju pesat lewat kehadiran mitra jasa pesan antar makanan seperti gofood dan grabfood.

Satu hal yang menarik dari bisnis kaki lima adalah biaya modal yang sedikit, menjadikan setiap orang bisa menjalankan bisnis ini, yang terpenting sebagaimana bisnis yang lain pelayanan yang baik dan rasa yang enak akan menjadikan bisnis ini mampu bersaing.

Baca: Inilah 10 Bisnis yang Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

Kali ini copytrade.blog akan merangkum beberapa bisnis kaki lima dengan modal sedikit namun bisa menghasilkan untung selangit dikutip dari beberapa sumber. Berikut ulasannya:

1. Nasi goreng

Siapa yang tidak akrab dengan makanan yang satu ini, nasi goreng merupakan salah satu makanan favorit masyarakat di Indonesia. Nasi goreng justru banyak dijual dengan konsep kaki lima.

Makanan ini merupakan makanan yang murah meriah namun menawarkan rasa yang enak, bisnis kaki lima ini biasanya dijual pada malam hari tidak pernah sepi malah peminatnya semakin bertambah.

Karena sekarang nasi goreng dijual dengan beberapa varian rasa seperti nasi goreng seafood, nasi goreng kambing dan lain sebagainya menyebabkan konsumen semakin keranjingan untuk membeli makanan yang satu ini.

2. Angkringan

Dulu angkringan hanya marak dikota-kota besar seperti Jogjakarta atau Surabaya itu pun selalu dekat dengan kampus namun kini semakin banyak angkringan hadir dimana saja.

Makanan yang akrab dengan mahasiswa ini kini semakin banyak digemari oleh kalangan yang lain, sehingga bila kita terjun ke bisnis ini akan semakin banyak market/pangsa yang bisa kita bidik, dengan market yang lebih luas maka membuka bisnis angkringan menjanjikan banyak keuntungan yang bisa kita peroleh.  

Yang identik dari makanan kaki lima ini adalah tempatnya yang menggunakan gerobak dan tenda dengan lampu pijar yang tidak terlalu terang dan juga disediakan lesehan di pinggiran jalan untuk para pembeli.

3. Mie Ayam

Bisnis kaki lima yang selanjutnya adalah mie ayam, selain bakso makanan yang satu ini merupakan makanan favorit juga untuk masyarakat Indonesia, seperti nasi goreng makanan ini juga relatif mudah untuk membuatnya.

Cukup dengan berbekal gerobak dan dan mencari lokasi yang strategis atau bisa membangun tenda kaki lima di depan rumah, kita sudah bisa menjalankan bisnis ini

Dengan sentuhan kreatifitas bila kita menjual makanan yang satu ini maka menjual mie ayam juga bisa menghasilkan hasil yang banyak, selain market / pangsa yang sudah tersedia, makanan ini menjadi salah satu makanan alternatif yang banyak dicari ketika kita bosan dengan makan nasi.

4. Gorengan

Hampir disetiap kota-kota besar banyak yang menjual gorengan, karena gorengan merupakan salah satu cemilan favorit bagi masyarakat di Indonesia, dan hampir setiap hari kita memakannya.

Selain pangsa yang sudah tersedia dan tidak ada matinya menjual gorengan juga bisa menghasilkan untung selangit karena biaya untuk membuatnya relatif sedikit.

Gorengan merupakan cemilan yang sangat digemari hampir disetiap kalangan masyarakat biasa, pekerja kantoran dan sebagainya suka dengan makanan yang satu ini.

Baca: Bingung Memilih Bisnis? Inilah Bisnis Masa Depan yang Menjanjikan

5. Somay

Hayo siapa yang tidak suka jajan? Hampir semua dari kita suka untuk jajan, apalagi bagi kaum perempuan, mereka malah cenderung lebih suka jajan daripada makanan.

Salah satu jajanan kaki lima yang digemari adalah somay, makanan ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kita yang ingin makan siang yang tidak terlalu berat. Agar lebih nikmat biasanya somay disajikan bersama dalam bumbu kacang, kecap dan saus.

Selain itu somay biasanya disajikan dengan tambahan menu yang lain seperti kol, telur rebus dan kentang yang semakin menggugah rasa untuk melahapnya.

6. Martabak

Salah satu bisnis kaki lima yang tidak ada matinya dari dulu hingga sekarang adalah bisnis martabak. Makanan ini banyak yang menggemari oleh semua lintas generasi.

Apalagi kini martabak juga tidak hanya hadir dengan 2 varian saja yaitu goreng dan manis kini martabak hadir dalam bermacam rasa yang bisa kita pilih dengan hadirnya kedai martabak yang menawarkan rasa kekinian, dan topping yang makin beragam.

Makanan asal Bangka ini menawarkan rasa yang gurih dan lezat dengan berbagai pilihan rasa yang menarik hingga makanan yang satu ini tidak kehilangan pangsanya sehingga tak mengherankan dong kalau pada akhirnya martabak dipandang sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

7. Minuman kekinian

Banyaknya kisah sukses dari menjual minuman kaki lima mendorong para pelaku usaha untuk menirunya. Bahkan hasil riset balai penelitian dan pengembangan UKM di Indonesia menyatakan, rata-rata pendapatan para pedagang makanan dan minuman kaki lima berada di atas UMR (Upah Minimum Regional).

Namun tak bisa dipungkiri seiring dengan hasil yang menggiurkan maka muncul banyak pedagang yang menjual dengan konsep serupa artinya banyak pesaing yang menjalankan bisnis ini, namun tak perlu takut bersaing asal rasa minuman yang kita jual bisa bersaing pula.

Apalagi bisnis minuman kekinian sudah menjadi trend dimasa sekarang, karena pangsa yang banyak dan memang minuman kekinian kini semakin banyak peminatnya khususnya bagi anak muda milenial menjadikian menjual minuman kekinian menjadi lini bisnis kaki lima yang menjanjikan untuk dijalankan.

8. Nasi Rames

Sebagai makanan pokok nasi rames sangat banyak peminatnya, apalagi nasi rames terkenal dengan harga yang murah, dengan pangsa yang sudah jelas maka membuka nasi rames meruapakan salah satu bisnis yang menjanjikan.

Ditambah lagi dengan mobilitas masyartakat yang terbilang tinggi dengan tuntutan pekerjaan yang semakin banyak, kini banyak ibu rumah tangga yang tidak punya banyak waktu untuk memasak.

Namun untuk bisa mengembangkan bisnis nasi rames tentunya kita juga harus memperhatikan tempat yang strategis untuk berjualan. Nasi rames cocok dijual di wilayah perkantoran, kampus atau rumah sakit.   

Nah itulah beberapa bisnis kaki lima dengan modal yang kecil yang bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Jangan pernah memandang usaha kaki lima dengan sebelah mata karena terbukti dari bisnis ini bisa menjadikan kita sukses.

Jangan ragu untuk membuka usaha kaki lima dan jangan menuruti gengsi karena dari usaha kecil bila dijalani dengan tekun dan semangat yang besar dikemudian bila usaha kaki lima kita terus berkembang kita bisa meraup banyak keuntungan dengan hanya berjualan di kaki lima.

Semoga bisa menginspirasi.

Baca juga: Tidak ada Matinya! Berikut 5 Bisnis Potensial Bermodal Kecil Cocok Bagi Pemula