Berikut Tips Terhindar dari Penipuan Lowongan Kerja Abal Abal

COPYTRADE – Seiring rendahnya kasus covid 19, kehidupan mulai berangsur normal. Kegiatan ekonomi mulai bergerak baik sektor industri, jasa perdagangan maupun pariwisata dan pendidikan. Hal itu tentu membutuhkan tenaga kerja, namun para pencari kerja jangan sampai tertipu lowongan kerja abal abal.

Pertumbuhan tersebut tentu membutuhkan sumber daya manusia yang terampil, profesional dan ulet. Disinilah peluang lowongan pekerjaan bermunculan. Namun sayang, kadang situasi tersebut dimanfaatkan oleh para penipu yang memanfatkan para pencari kerja.

Bahkan demi melancarkan aksi jahatnya, para penipu membuat lowongan pekerjaan bodong atau abal abal.

Untuk itu, para pencari kerja harus benar benar cermat. Bukannya malah dapat kerja, bisa bisa berakhir buntung karena kena tipu sindikat loker bodong.

Lalu apa yang harus diketahui agar kita tidak terjebak lowongan kerja abal abal. Berikut tips agar kita terhindar dari penipu loker abal abal.

Diantara kita mungkin ada yang pernah menjadi korban. Awal mengetahui ada lowongan kerja sesuai harapan. namun bukannya disalurkan sesuai harapan, namun korban justru diminta untuk membayar berbagai hal yang tidak masuk akal.

Managing Director JobStreet Indonesia Varun Mehta mengatakan, Penipuan yang mengatasnamakan lowongan kerja masih saja terjadi. beberapa pelaku memanfaatkan nama perusahaan tertentu. Tujuannya agar korban percaya dan yakin.

Kasus paling banyak, biasanya korban akan dimintai sejumlah uang. Dengan dalih untuk biaya administrasi, biaya penempatan dan lainya. Bagi pencari kerja, kadang mereka akan melakukan apa saja, demi mendapatkan pekerjaan.

Untuk mendapatkan korbannya, sindikat penipu ini biasanya memanfaatkan informasi di internet. mereka akan memasang lowongan kerja palsu, maupun mengirimkan email secara acak.

Biasanya orang yang sedang butuh pekerjaan akan fokus pada peluang dan kesempatan. Sehingga ia kadang menjadi kurang teliti terhadap resiko resiko yang muncul.

Apalagi jika pencari kerja sudah menjadi korban, biasanya akan mempengaruhi psikologis hingga putus ana. Nah hal itu tentu tidak diharapkan.

Berikut Tips agar Terhindar dari Penipuan Lowongan Kerja Abal Abal

  1. Menjanjikan Pekerjaan Mudah

Para pencari kerja tentu menginginkan pekerjaan yang mudah. Apalagi jika di iming imingi gaji tinggi.

Namun bagi yang tidak waspada, ini adalah jebakan pertama. Apalagi jika pencari kerja tersebut belum memiliki pengalaman kerja sama sekali.

Selain itu fres graduated juga kadang menjadi sasaran penipuan oleh sindikat ini. Agar terhindar dari penipuan, carilah informasi lebih lanjut terkait perusahaan maupun lowongan yang ditawarkan.

Selain itu carilah informasi melalui web perusahaan pemberi pekerjaan, sehingga bisa mengumpulkan informasi lebih banyak.

Lakukan penelusuran secara menyeluruh. Jika ditemukan kejanggalan kejanggalan maka segera tinggalkan.

  1. Rekrutmen dilakukan Ekslusif

Rekruktmen tanaga kerja abal abal, biasanya melakukan rekrutmen secara ekslusif. Biasnya hanya sasaran atau target yang diberiinformasi. Disisi lain, informasi eksklusif seolah memberikan prioritas utama. namun justru itu adalah cara silent agar tidak banyak orang yang tahu penipuan tersebut.

Pihak yang menawarkan pekerjaan, biasnaya akan menggunakan sarana email, telepon , maupun aplikasi dan medsos.

Lakukan kroscek, dengan berbagai pihak untuk mencari kebenaran informasi lowongan tersebut.

  1. Email Mencurigakan

Pastikan bahwa email yang anda terima berasal dari sumber resmi atau perusahaan resmi. Jika ternyata bukan dari perusahaan, maka patut dicurigai bahwa info loker tersebut abal abal.

Apalagi jika informasi tersebut berasal dari email pribadi yang mengaku ngaku dari perusahaan yang menawarkan pekerjaan.

Perlu diingat, lowongan kerja tidak diberikan secara acak. Jika kemudian ditawarkan tanpa harus membuat surat lamaran, maka perlu ditelusuri.

kecuali jika kitasudah faham betul perusahaan tersebut.

4 Waspada jika Perekrut meminta Uang

Tidak jarang, orang yang sedang butuh kerja rela menjual barang berharga. Namun jika pemberi pekerjaan meminta sejumlah uang, maka segera tinggalkan. Jangan sampai anda menjadi korban penipuan loker abal abal.