Mau Bebas Finansial? Tiru Kebiasaan Ini

Copytrade.blog – Setiap orang akan memimpikan dalam mencapai kebebasan finansial atau financial freedom, karena dengan hal tersebut setidaknya kita bisa menata hidup menjadi lebih baik tidak terjerat dalam lembah kesulitan dalam hal ekonomi.

Namun untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah. Selain kerja keras kita juga harus cermat dalam menginvestasikan dan juga dalam membelanjaan uang kita dengan tepat.

Dimulai dari faktor kebiasaan. Orang yang sudah terbebas dari kebebasan finansil memiliki kebiasaan yang baik yang bisa kita tiru. Karena kebiasanya tadi akan membentuk kepribadian seseorang. 

Gambaran yang umum bagi kita dalam kebebasan finansial berarti memiliki cukup tabungan, investasi, dan uang tunai untuk membeli gaya hidup yang kita inginkan untuk diri kita sendiri dan keluarga kita.

Namun justru banyak orang yang terjerat kesulitan dengan segala beban hidup yang menumpuk dalam sector ekonomi. Banyak orang yang terbebani dengan utang, pengeluran yang tidak berimbang dan segala hal negatif yang justru akan menyulitkan bagi kehidupan kita. 

Dengan perlbagai masalah tersebut bukanya kita bisa terbebas dari masalah fiansial malah justru akan semakin menjauhkan kita dari tujuan kebebasan finansial.

Hal ini kerapa menimpa seseorang. Akan tetapi dengan kebiasaan yang baik maka kita akan terhindar dari masalah tersebut.

Baca: Tiru Kebiasaan Ini, dan Bersiaplah Menjadi Orang Sukses

Nah kali ini copytrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber kebiasaan yang baik demi tercipta tujuan kebesan finansial. Berikut kebiasannya:

1. Menjaga Kesehatan                                    

Seseorang akan lebih mudah mencapai kebebasan finansial kalau dirinya sehat. Karena kesehatan merupakan pondasi utama seseorang dalam melakukan segala hal.

Lagi pula segala sesuatu akan Nampak tak berati apa apa bila kita sakit. Maka hal dasar yang harus dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial adalah menjaga kesehatan tubuh.

Jadi kita harus rajin berolahraga demi menjaga kesehatan. Selain itu kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat contohnya tidak sering tidur larut malam.

Karena bila kita sakit sakitan kita akan banyak mengelurkan biaya untuk perawatan. Dan bisa juga membuat premi asuransi meroket.

2. Ubah Gaya Hidup  

Banyak orang yang terjebak pada masalah finansial karena terbawa arus oleh gaya hidup orang lain, mereka hanya sekedar menuruti gengsi tanpa memikirkan dampak fatal yang akan terjadi dikemudian hari.  

Boleh saja mengikuti gaya hidup namun kita harus pastikan gaya hidup kita masih terkontrol. Jangan seperti istilah besar pasang seperti daripada tiang, atau gaya hidup lebih besar dari pendapatan.

Bila itu dilakukan maka kita semakin jauh dari kebebasan finansial. Karena gaya hidup yang buruk akan menambah pengeluaran kita.

Toh kalau kita perhatikan justru orang yang benar benar kaya gaya hidupnya sederhana kok. Nah yang banyak gaya itu biasanya orang yang belum kaya kaya banget. So tidak usah mengikuti gaya hidup orang lain. Jika mau terbebas dari masalah fiansial hiduplah dengan menggunakan ukuran.  

3. Membuat Anggaran Bulanan

Kebiasaan selanjutnya yang harus kita terapakan dalam mencapai kebebasan finansial adalah membuat anggaran rumah tangga dengan baik. Buat rincian pos pos yang harus kita banyarkan setiap bulan seperti untuk membayar lisrik dan air dan jangan lupa catat tanggal pembayarannya.

Dengan membuat pos pos pengeluaran tersebut akan menjamin semua tagihan dibayarkan tepat waktu. Karena bila tagihan tidak dibayarkan tepat waktu bisa terkena denda yang justru akan semakin mengelurkan banyak uang.

Ketika kita akan berbelanja kebutuhan pokok bulanan juga harus memperkuat tujuan yang akan kita beli. Jangan sampai barang barang yang tidak masuk dalam pos pembelanjaan kita beli. Sebab bila itu dilakukan akan menyulitkan keuangan dikemudian hari.

Mengontrol godaan diri untuk tidak membeli barang yang tidak terlalu penting merupakan faktor penting jika menginginkan anggaran bulanan kita tetap sehat.

4. Biasakan Menabung Meski Sedikit

Tanamkan diri kita untuk mau menabung demi mencapai tujuan finansial dikemudian hari. Banyak orang yang sukar menabung dengan perbagai alasan. Nah langkah tersebut merupakan langkah yang keliru. Karena tabungan bisa menolong kita pada saat saat tertentu.

Menabung adalah sesuatu yang perlu dilakukan agar pengeluaran dapat terkendali serta menyiapkan cadangan dana keuangan di masa depan. Karena kita tidak tahu pasti apa yang terjadi dikemudian hari maka menabung adalah salah satu cara untuk antisipasi.

Dalam menabung kita perlu menarget hasil tabungan kita supaya lebih terarah, meski dalam kenyataanya kita tidak memenihi target. Namun memiliki target penting kita lakuan sebagai penyemangat kita dalam menabung.

Namun untuk dapat memenuhi target tabungan tersebut bukanlah hal yang mudah. Terdapat beberapa halangan seperti uang yang terus terpakai sehingga target menabung dalam satu bulan tidak kunjung terkumpul.

Tidak masalah asal uang tabungan yang kita pakai benar benar memang digunakan dalam hal yang penting dan mendesak.

5. Mulai Berinvestasi

Cara yang lazim digunakan oleh seseorang untuk meningkatkan uangnya adalah melakukan investasi. Pada masa sekarang banyak instrument investasi yang bisa kita pilih disesuiakan dengan kecenderungan kita dan tentunya modal yang kita punya.

Dunia investasi di Indonesia sendiri mulai merangkak naik, karena memang melakukan investasi bisa memuluskan kita pada jalan mencapai kebebasan fiansial.

Meski menjanjikan perlu dicatat segala bentuk investasi memiliki risiko yang besar. Jadi sebelum melakukan investasi maka kita wajib mempelajari seluk beluk jenis investasi yang kita pilih. Harapanya ketika paham dengan jenis investasi tersebut kita akan terhindar dari kerugian.

Pastikan bahwa jenis investasi yang kita pilih merupakan jenis investasi yang aman. Karena bila tidak aman bukan keuntungan yang kita dapat malah sebaiknya. Cita cita kita dalam mencapai kebebasan finansial akan terganggu jika kita salah dalam berinvestasi.

6. Hindari Hutang

Kita tidak tahu pasti kondisi apa yang akan terjadi pada masa masa sulit hal pertama yang kita pikirkan adalah meminjam uang atau berhutang. Kalau memang masih bisa dilakukan hindari hutang jika kita mau mulus mencapai kebebasan finansial.

Karena jika kita terjerat dengan hutang maka setiap saat kita akan terbebani untuk melunasinya. Kondisi seperti itu akan menjauhkan kita dalam kebebasan finansial. Mungkin kita banyak uang namun kita juga perlu banyak untuk melunasinya jadi sama saja kita tidak punya uang.

Boleh saja hutang namun hutang tersebut kita gunakan untuk menambah modal usaha kita, itu pun harus dengan perhitungan yang matang. Dan bila usahamu terus berkembang segeralah lunasi hutang tersebut sehingga tidak menjadikan beban finansial.

Jangan pernah hutang untuk kebutuhan konsumtif. Apalagi berhutang hanya demi menuruti gaya hidup. Bila itu kamu lakukan maka kamu akan semakin sulit lepas dari masalah finansial dan keinginan kebabasan finansial semakin berat untuk dicapai.

7. Jangan Berhenti Belajar

Untuk mencapai kebiasaan finansial selanjutnya adalah jangan pernah berhenti untuk belajar terutam masalah finansial. Masalah finansial tidaklah mudah dan cukup dipelajari satu dua hari saja namun pengetahuan finanisial harus selalu kita update demi bisa mencapai tujuan apa yang kita inginkan.

Apalagi masalah finansial adalah masalah yang selalu dinamis, yang harus selalu kita ikuti. Bisa saja setiap orang memiliki masalah yang berbeda dalam kondisi finansial dan setiap orang juga memiliki cara sendiri untuk mengatasi masalah tersebut.

Jadi selain diri sendiri belajar dari pengalam orang lain pun perlu dalam kasus ini. Tidak ada salahnya kita meniru dari orang lain yang memang sudah terbebas dari masalah finansial.

Teruslah belajar, sikap bodoh amat kalian akan menjadi masalah besar jika tidak cepat kalian rubah jika mau mencapai kebebasan finansial.

Itulah bebarapa kebiasaan yang bisa kita lakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Meski berat menerapakan diawal-awal namun jika kita bisa memaksa diri melakukan kebiasaan tersebut kita akan semakin dekat dengan kebebesan finansial.

Lebih baik susah diawal daripada susah selamanya. Prisip yang yang selalu dipegang benar benar oleh orang orang yang sekarang sudah mencapai kebebasan finansial. Sekian semoga bermanfaat.  

Baca juga: Mau Berinvestasi? Berikut Jenis Investasi yang Terus Tumbuh di Indonesia